13 November 2009

13 November 2009

4 Cara Membangun Kredibilitas Anda sebagai Blogger

kredibilitasMenurut Wikipedia, kredibilitas adalah kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Dalam kaitannya dengan dunia blogging, seberapa pentingkah kredibilitas yang baik untuk seorang blogger? Jawabannya mungkin relatif. Bagi yang sekadar iseng atau menjadikan blog sebatas sarana untuk curhat, kredibilitas mungkin tidak penting buatnya.

Namun untuk blogger yang ngeblog sebagai sarana aktualisasi diri, mengasah kemampuan menulis, mencari penghasilan online, atau bahkan sebatas sarana berbagi, maka kredibilitas yang baik cukup penting menurut saya. Selain demi membangun image atau citra yang positif di mata pengunjung, kredibilitas yang baik juga sangat penting sebagai pondasi untuk memonetisasi blog di kemudian hari.

4 Cara untuk Membangun Kredibilitas Anda sebagai Blogger



1. Mengungkap sumber postingan secara jujur.


Apakah itu berasal dari pengalaman sendiri, pendapat pribadi, hasil pengamatan anda, atau berdasarkan kutipan dari sumber lain. Kejujuran anda dalam hal ini akan memunculkan respek dari pengunjung. Dalam hal ini termasuk pula menyisipkan link halaman sumber kutipan (jika mengutip dari website/blog lain). Bukan sekadar link halaman utama atau bahkan cuma berupa teks. Hal ini selain sebagai wujud etika pengutipan, juga sebagai bentuk pertanggungjawaban anda terhadap isi postingan bersangkutan.

2. Fokus pada topik yang disukai.


Kedengarannya mungkin klise. Tapi jika benar-benar anda hayati dan praktekkan secara konsisten, lama-lama anda bisa membentuk karakter anda sendiri. Semakin anda FOKUS dan MENDALAMI topik yang anda sukai, biasanya karakter anda pun akan semakin kuat. Kredibilitas anda akan mulai terbangun dari situ.

Blog dengan beragam topik mungkin akan sangat menguntungkan dari sisi trafik. Namun perkembangan dunia online ke depannya nanti saya kira akan mengarah kepada spesialisasi. Dan blog-blog yang punya niche khusus lebih berpotensi untuk memikat pengunjung dalam jangka panjang.

3. Hindari memberikan tutorial tanpa didahului praktek.


Sebaiknya anda hanya fokus memberikan tutorial (tips praktis) yang telah benar-benar anda praktekkan sebelumnya. Jadi tidak sekedar mencomot dari sumber lain tanpa pengalaman pribadi. Dari situ, kredibilitas anda akan terbangun dengan baik dan kuat. Pengunjung akan merasakan bahwa anda benar-benar HADIR dan MENGUASAI tutorial yang anda berikan. Jadi tidak sekadar menyampaikan tanpa pengalaman.

4. Hindari memohon backlink atau pertukaran link dengan blogger lain.


Cobalah untuk menjalani dan menikmati proses secara alami. Insya Allah akan terasa jauh lebih indah dan menyenangkan. Backlink yang diperoleh dari ketulusan blogger lain akan lebih memberikan kepuasan batin ketimbang hasil memohon/mengemis (walau secara halus).

Jika memang blog anda dianggap bagus atau menarik untuk terus dikunjungi, yakin deh, backlink dari blogger lain pun pasti akan anda tuai. Pelan tapi pasti. Asalkan anda juga tidak pelit berbagi backlink dan mengutamakan memberi terlebih dahulu. Termasuk berusaha menjalin hubungan yang baik dulu dengan sesama rekan blogger. Itu sudah sangat baik sebagai modal untuk memperoleh backlink tanpa diminta.

Terlebih jika konten yang anda tulis dinilai sangat bermanfaat, unik, atau layak untuk disebarluaskan. Maka backlink pun akan anda peroleh tanpa anda minta. Seperti yang tertulis pada artikel Manfaat Menulis Konten yang Unik dan Orisinil.

***

Ok. Cukup 4 poin dulu deh yang bisa saya sharingkan kepada rekan-rekan sekalian. Mungkin hal-hal di atas terkesan sepele atau klise. Namun dari hal-hal yang sederhana tersebut, saya kira pengaruhnya akan sangat baik bagi kredibilitas kita sebagai blogger.

Saya pribadi tak menutup kemungkinan masih melalaikan salah satu dari 4 poin di atas. Semoga tulisan ini berfungsi sebagai pengingat bagi diri saya sendiri.


Mungkin ada tambahan tips lain dari rekan-rekan?

Sumber gambar : www.pdp.or.id

49 comments:

  • Untuk yang pertama, kadang saya lupa sumbernya, karena penyakit saya, ngeprint bacaan yang saya senengin tapi bukan langsung dari halaman web. Dikopas dulu. Hehehehe... Tapi bukan berarti saya tulis plek seperti asalnya, pake bahasa sendiri, tapi tetep aja merasa 'sedikit' dosa karena bukan murni hasil otak saya. Saya hanya memodifikasinya.

    Yang nomer dua sudah saya lakukan. Mudah-mudahan berhasil, terus konsisten.

    Yang nomer tiga, diusahakan. ;-)

    Yang nomer empat, saya nggak pernah meminta tukar link. Jika ada yang memasang link blog saya, saya harap secara sukarela, karena saya pun secara sukarela banyak berbagi link melalui tulisan saya.

    13 November, 2009 10:32

  • Yg No. 2 itu susah buat saya.
    Saya nggak fokus !
    Yang saya suka terlalu banyak, hingga topiknya kesana kemari...

    13 November, 2009 12:03

  • Bnr tuh no.2 susah kadang ga fokus mau posting apa. jadi ngalor ngidul nulisnya, mksh bro artikel yg bagus

    13 November, 2009 15:37

  • bener sekali mas, point no.2 susah diterapin...saya lebih suka ngalor ngidul gak jelas...kekekeke

    13 November, 2009 16:50

  • Dalam setiap bahasa, pemikiran, mindset kita, terdapat jasa orang lain. nomer satu jelas sulit di lakukan. khusunya untuk gaya kita menulis, gaya berpendapat. gaya berpikir, dll. kecuali Kopas, saya setuju dengan harus menyertakan sumbernya.
    salam.

    13 November, 2009 18:40

  • saya sering gak ngasih link balik soalnya mau ngasih link balik. linknya udah ilang. kan dapatnya dari newsletter taun kemarin :D

    13 November, 2009 20:21

  • yup
    bener banget
    saya ingin sekali fokus pada topik yg disukai

    dan sekarang lagi berjuang
    bagai mana membangun image dari postingan ke postingan

    13 November, 2009 20:27

  • Sepertinya kita telah menemukan kredibilitas yang teruji dan terpercaya dalam blognya Mas Iskadar ini. Postingan kali ini sangat membuka wawasan kita untuk menjadi lebih berfokus, syukur bisa2 berkualitas dan komitement penuh etika dalam dunia ngeblog. Semoga kita bisa meneladaninya.
    Terimakasih telah berkenan berbagi cerita bersama

    13 November, 2009 21:49

  • @ isnuansa >>> jika demikian kondisinya, bisa dimaklumi sih mbak. Toh, ada perasaan 'berdosa' itu aja udah bagus banget. Saya kadang juga merasa 'mencuri' ide dari sumber lain, tapi malah nggak saya ungkapkan. KOndisinya mungkin karena udah kehilangan sumbernya.

    Kalo nomer dua bisa disiasati dengan topik yang bervariasi, walaupun temanya mungkin sama (tentang blogging). Toh, konten mbak isnu selama ini udah cukup variatif kok topik bahasannya.

    @ marsudiyanto >>> perlu disiplin kayaknya Pak. Tapi kalo ngeblognya sekedar buat mencurahkan ide apa saja yang keluar, saya kira nggak masalah kalo beragam topiknya.

    @ badruz >>> memang agak sulit sih kalau mau dimanifestasikan secara tersurat, terutama jika ide postingan tidak 100 persen berasal dari hasil copas. Intinya memang harus jeli dalam mengungkapkan sumber ide lewat gaya bahasa dan pilihan kata yang pas. Setidaknya mengakui bahwa sebagian isi posting terinspirasi dari anu misalnya. mas badruz pasti mengerti maksud saya. Makasih buat kunjungan dan komentar pertamanya di sini.

    @ TuSuda >>> saya mungkin belum terlalu layak untuk dianggap punya kredibilitas yang baik. Soalnya kadang masih ceroboh atau lalai. Makasih aja buat apresiasinya mas. Salam kenal dan thx buat kunjungan baliknya ke sini.

    13 November, 2009 22:55

  • saya sama halnya dengan Pak Mars, tidak bisa fokus. :(

    13 November, 2009 23:16

  • meskipun hanya empat, namun keempat-empatnya sepertinya tidak mudah untuk dilakukan jika tidak ada keungguhan dan keinginan membangun integritas diri...
    semeoga learning by doing di dunia blog yang sedang saya lakukan bisa melakukan keempat hal tersebut..
    dan yang tak kalah penting, semoga pihak lain bisa memaklumi blogger seperti saya (yang belajar ngeblog) tanpa mentor khusus... hanya dari surfing, bw, baca, yang dilakukan secara mandiri....

    Salam Hangat Selalu,

    14 November, 2009 00:52

  • Trims mas,dari keempat diatas saya rasa sudah cukup untuk membangun kredibilitas kita sebagai blogger.Ini membantu saya untuk lebih fokus lagi dalam mengembangkan blog

    14 November, 2009 04:42

  • Hindari memohon atau mengajak tukaran link dengan blogger lain

    Susah dihindari yang ini Is.. Kl ga orang yang minta tukaran link, gw yg minta
    hihihi...

    14 November, 2009 12:34

  • hmmm ...
    sepertinya "fokus" itu yang cukup berat, walaupun bisa diusahakan, tapi saat sepi ide, apapun yg mampir dikepala ya .. langsung dituangkan ...
    backlink? Setuju, usahakan tdk perlu minta-minta, semakin banyak memberi semakin byk juga yg kita dapat khan ...

    14 November, 2009 13:03

  • Cocok sekali dengan tulisan yg akan saya publish juga menitik beratkan etika dan poin 1 pastinya akan di bahas nanti

    14 November, 2009 18:56

  • cuma 4 point tapi semuanya mengena Mas, nggak semua bisa diterapkanpun kita udah bisa menuju kearah membangun kredibilitas.

    14 November, 2009 19:47

  • yang penting tetap fokus dengan tulisan yang kreatif dan originil tidak copas :D

    14 November, 2009 22:00

  • hmm, setuju mas.. tapi untuk tukar link masih saya lakukan,, tapi akhir2 ini udah jarang. Sekarang lebih suka nyepam di blog dofollow luar negeri :D

    14 November, 2009 23:06

  • yang nomer satu setuju sekali tu...
    jangan sampai di cap plagiat...
    saya musti banyak belajar lagi ne...
    salamkenal...

    14 November, 2009 23:31

  • Yang poin pertama (pernah saya tulis), terkait etika blogging (kejujuran+objektif+niat baik+menghargai hak cipta)+clickable links+descriptive anchor texts= aksesibilitas+usability+trust. :)

    Untuk kredibilitas, perlukah menampilkan profil riil beserta bukti, bukan sekadar anonim atau pseudonym?

    15 November, 2009 06:49

  • @ dani >>> sudah saya baca mas. Soal profil, saya kira cukup penting untuk ditampilkan mas. Jujur itu membawa keberkahan menurut saya. Kalo memang serius menekuni dunia online yang difokuskan demi membangun kredibilitas, data profile yang objektif merupakan salah satu syarat.

    15 November, 2009 13:54

  • manteb artikelnya sobat, saya sangat merasakan menjadi blogger adalah sebuah karunia yang harus kita syukuri, karena blogger adalah profesi yang menjunjung tinggi nilai kreatifitas dan kebersamaan di dalam blogosphere.......

    16 November, 2009 09:45

  • Pertama : Jika sumbernya blog pribadi akan saya tujukan langsung kealamatnya, tetapi sebuah lembaga maka hanya saya sebutkan nama lembaga/organisasinya saja.
    Kedua : Amphibi mas, kadang ya kadang juga tidak.
    Ketiga : Ini wajib, karena bersifat tutorial.
    Keempat : Memohon saya kira beda dengan mengajak ?

    17 November, 2009 23:59

  • saya sangat setuju dengan point 3. sebab jika kita sudah mencobanya, maka kita akan memahami dan lebih enak untuk menyampaikannya.

    18 November, 2009 00:05

  • saya sangat suka dengan point ke 4 mas... tapi terkadang... sebagai pemula belum sadar akan hal tersebut.... :D (jadi ingat waktu awal ngeblog mas.... merengek minta tukaran link saya mas... :D )

    19 November, 2009 16:05

  • @ aldy >>> kalo mengajak mungkin didorong oleh motivasi saling menguntungkan (simbiosis mutualisme). Sedangkan kalo memohon lebih ke konotasi negatif (seperti mengemis atau meminta).

    @ afdil >>> setuju banget mas dengan kesimpulan anda. Thx berat.

    @ T.Wahyudi >>> hehehe. Namanya juga berproses mas. Yang penting sekarang lebih baik dan lebih matang dari kemarin kan? Sukses deh buat mas Wahyudi. Makasih banyak ya.

    20 November, 2009 15:59

  • boleh nambah lagi satu mas???
    5.Konsistensi dalam mengupdate blog juga penting menurut saya^_^ paling ga 1 minggu satu kali update....
    dengan posting yang konssten dan kontinu, secara ga langsung juga menunjukkan keseriusan kita ngeblog...

    masalah meminta tuker link?? kebetulan saya orangya sungkan-an...agak malu minta tuker link hehe..maklum baru 2 bulan ngeblog..masih ijo mas..jadi jalan dapat backlink ya dengan blogwalking...

    mantab mas...makasi udah berbagi^_^

    20 November, 2009 16:33

  • Kredibilitasku sendri gimana yach di dunia blogg saat ini ? :D ga pernah ngurusin sich soal kredibilitas, yg penting Ngeblog :D

    Salam :)

    21 November, 2009 01:03

  • @ alfred >>> yups! Setuju mas. Konsistensi dalam mengupdate blog juga penting menurut saya. Itu bisa menunjang tingkat kepercayaan pengunjung setia, bahwa si pemilik blog benar-benar berkomitmen untuk terus berbagi tanpa henti.
    Kalo masih baru ngeblognya, jalani aja dengan mengalir tanpa harus dipaksakan bertukar link. Yang penting terus berusaha menjalin silaturahmi aja. Thx berat mas buat tambahannya yang mantaps.

    @ Aribicara >>> wah, kredibilitas mas Ari udah cukup terbangun dengan kuat. Buktinya blog mas Ari selalu rame pengunjung dan pengomentar. Topiknya juga fokus atau terfokus pada masalah sosial dan etika. Teruskan aja deh.

    21 November, 2009 16:36

  • Yang no 2 susah banget saya jalankan. Mudah2an ke depannya saya bisa lebih fokus lagi.

    21 November, 2009 17:47

  • Untuk nomor 1 batesannya kurang jelas ya mas? Krn saya yakin tdk ada satupun tulisan yg original... semua ide pasti terinspirasi dari orang lain. Kecuali kl itu puisi, lagu, pengalaman pribadi dll. Tp secara keseluruhan Nice posting mas..

    21 November, 2009 18:38

  • Inspirasi punya blog anak bingung mao nulis apaan, pikir2 bikin blog gallery aja dah mas. Gallery foto anak sendiri aja, 100% ori picture. Hehe..

    23 November, 2009 17:39

  • @ Tongkonan >>> mengalir saja mas, yang penting diniatkan sih. Thx buat kunjungannya.

    @ Eri Ricaldo >>> bener juga sih. Tapi tips nomer 1 di atas lebih saya khususkan jika kita mengutip tulisan dari sumber lain secara utuh. Makasih buat atensinya.

    @ Rakha >>> hehehe. Boleh juga tuh idenya :D

    23 November, 2009 18:33

  • Salam kenal, Mas Iskandar.
    saya sering berkunjung kesini , namun hanya berani membaca saja dan memanfaatkan ilmu yg saya baca disini,tdk berani utk berikan komentar.
    jadi kurang elok rasanya kalau saya tdk memperkenalkan diri.
    semoga Mas Iskandar tdk berkeberatan.
    utk postingan di blog saya masih gado2, campur sari Mas. utk yg no.1 setuju sekali, jangan jadi plagiat, nanti jadi nggak kreatif, rugi sendiri.
    ukt yg no.3 saya sendiri masih gaptek dan masih hrs banyak belajar.
    dan, yg no.4 Alahmadulillah, utk saya terjadi begitu saja secara alami.
    maaf kalau komennya terlalu panjang.
    semoga silaturrahim kita tetap tejaga, amin.
    salam.

    06 December, 2009 14:19

  • @ bundadontworry >> nggak papa Bun kalo cuma baca dan tidak kasih komentar. Dirasa bermanfaat saja sudah menjadi kepuasan batin bagi saya. Makasih banyak ya sudah menyimak beberapa tulisan saya di blog ini. Syukurlah jika terkandung sedikit ilmu yang bermanfaat.

    06 December, 2009 15:58

  • Yeah... Inilah senjata paling kuat yang dimiliki blogger masa depan... :D

    17 January, 2010 04:53

  • Saya setuju dengan poin nomor satu yaitu Mengungkap sumber postingan secara jujur. Karena kebanyakan orang enggan mengungkapnya biar di kira ia tahu segalanya

    22 March, 2010 14:50

  • @ JamalHacker :
    Benar sekali mas. Mungkin biar dianggap hebat ya, padahal cuma nyopi atau nyadur :)

    23 March, 2010 13:00

  • sepakat!biar ga keliatan orangnya,blogger tetep kudu py kredibilitas....

    01 May, 2010 03:39

  • saya lebih suka dengan yang no 3, praktek dulu baru di posting.. dan ini untuk memudahkan kita, ketika ada pembaca yang tidak mengerti...

    klo untuk no 1 ini sering kita lupakan, atau memang lupa..heheh

    06 January, 2011 15:30

  • mantap dach,
    hal ini yang harus benar-benar di perhatikan para blogger tuch..

    11 March, 2011 13:31

  • Memang untuk mendapatkan kredibilitas itu tidak mudah, harus konsisten :D

    makasih buat infonya, sangat bermamfaat untuk saya.. :D

    26 May, 2011 10:45

  • Ke-empat komponen sangat diperlukan untuk kredibilitas dan menjadi blogger handal, makasih mas.

    18 July, 2011 18:02

  • wah, thanks mas infonya..
    tapi agaknya yg nomer 2 masi agak susah mas, maklum ni masi nwbie.
    masi mencari jati diri.. hohohoho

    Musti junjung kredibilitas ni,, slam kenal ya mas

    24 July, 2011 21:33

  • Sangat setuju, yang point nomer 4 itu sering banget di lakukan para blogger indonesia

    07 November, 2012 15:58

  • jangan pernah copas konten makan anda akan membangun kredibilitas anda

    18 November, 2012 11:08

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top