23 November 2009

23 November 2009

Belajar dari Pengalaman Sukses Nembak Keyword Musiman

Terinspirasi oleh artikel Kang Yudiono tentang pentingnya merayakan pencapaian blog, maka saya memberanikan diri untuk menulis postingan yang sedikit bernada narsis ini

Harapan saya, ada secuil pelajaran yang bisa dipetik oleh pembaca sekalian, terutama teman-teman blogger yang ingin sukses nembak keyword musiman. Sebelum lebih lanjut, mari kita simak dulu screenshoot berikut ini :



Screenshoot posisi 4 besar dengan keyword WAWANCARA MANOHARA.

>>> KLIK DI SINI untuk melihat hasil real sekarang. (posisi saat ini bisa saja berubah ya)




Screenshoot posisi 5 besar dengan keyword KISAH PEMBEBASAN MANOHARA.

>>> KLIK DI SINI untuk melihat hasil real sekarang.


STUDI KASUS dan ANALISIS

Dari 2 screenshoot di atas, keyword utama yang dipakai adalah WAWANCARA MANOHARA dan KISAH PEMBEBASAN MANOHARA. Kedua keyword tersebut ternyata sangat banyak digunakan oleh para pencari semenjak kasus tersebut mulai hangat (beberapa bulan lalu) dan ternyata merupakan sumber trafik terbesar bagi blog ini pada waktu itu.

Postingan saya yang menempati urutan pertama di google tersebut saya tulis sesaat usai saya menyimak wawancara eksklusive tim Global Tv terhadap Manohara dan Ibunya. Modal utama saya dalam menulis postingan tersebut murni cuma berasal dari hasil menonton tv. Tentunya dengan mengandalkan ingatan saya selama menyimak proses wawancara + liputan eksklusivenya.

Jadi, kreativitas dan kemampuan saya dalam menulis posting berjenis news (ala wartawan) benar-benar diuji saat itu.

Namun hasilnya ternyata setimpal dan sangat memuaskan saya. Terhitung semenjak beberapa menit usai postingan tersebut saya publish di blog ini, pengunjung pun mulai mengalir. Itu berlangsung berhari-hari dan bahkan sampai berminggu-minggu. Maklum lah, kasus tersebut agak lama surutnya sehingga trafik musiman yang terjadi pun tidak begitu singkat.

Lalu, apa yang menyebabkan postingan saya di atas mampu menempati posisi yang sangat bagus di google?

1. Faktor waktu pemostingan.

Saya sengaja mempublish sedini mungkin di saat kasusnya baru mulai bergulir. Bahkan di saat baru satu stasiun tv yang berhasil mewawancarai Manohara (yaitu Global Tv). Saya pun secepat mungkin menulis hasil wawancara dan liputan eksklusive-nya, lalu saya publish di blog ini (selang 1 jam-an usai tayangan di Global Tv).

Hasilnya, dengan mudah dan cepat postingan saya tersebut naik ke posisi atas search engine.

>>> Pelajaran berharga :

upayakan untuk menjadi yang pertama dalam mempublish konten hangat yang bersifat musiman. Dengan mencuri start lebih awal, postingan anda akan lebih berpeluang besar untuk tampil di urutan teratas dan memperoleh klik lebih banyak dari para pencari. Dan hasil indeks google biasanya lebih memprioritaskan postingan yang paling banyak diklik untuk tampil di posisi atas.

2. Faktor judul yang menarik dan informatif.

Ada 2 keyword utama yang saya gunakan pada judul posting yang saya buat, yaitu KISAH PEMBEBASAN MANOHARA dan HASIL WAWANCARA EKSKLUSIVE. Anda bisa menilai sendiri, judul tersebut sangat padat, informatif, dan sekaligus mengundang rasa penasaran untuk diklik.

Kebetulan saat itu fokus kasus Manohara memang lebih banyak ke arah kisah bebasnya Mano dan seputar wawancara eksklusivenya dengan stasiun tv.

Dua poin utama yang tengah hangat tersebut langsung saya bidik dan kupas menjadi inti artikel yang saya publish. Dan saya sama sekali tidak berniat menipu calon pengunjung lewat judul. Anda bisa buktikan dengan menyimak isi postingan yang telah saya publish tersebut. Isinya benar-benar 100 % sesuai judul yang saya buat.

Terlebih lagi, judul yang saya buat tersebut cukup unik. Dalam arti, sangat sedikit pesaingnya yang memiliki judul sama.

>>> Pelajaran berharga :

buatlah judul yang informatif, padat berisi, unik, dan berpeluang banyak digunakan para pencari informasi lewat search engine. Percuma saja jika anda menjadi yang pertama dalam mencuri start, namun judul yang anda buat kurang informatif, kurang padat berisi, atau tidak banyak digunakan pencari lewat SE.

Judul yang menarik/unik juga sangat membantu menaikkan posisi rangking di hasil indeks jika anda kalah start. Sebab kemungkinan postingan anda akan memperoleh banyak klik, sehingga posisinya berpeluang besar untuk naik.

>>> Tambahan tips :

JANGAN MENIPU PENGUNJUNG! Judul yang anda buat harus benar-benar relevan dengan isi posting anda. Hal ini sangat penting demi memperoleh returning visitors (kunjungan berulangkali dari pengunjung yang sama). Hal ini juga akan sangat membantu menaikkan postingan anda nantinya di hasil indeks pencarian.

-----

Ok. Sementara cukup 2 poin dulu deh. Mungkin ada tambahan mengenai tips SEO lainnya?


22 comments:

  • Mantap Mas Is, berapa pengunjung waktu itu yang datang?

    Btw, biasa menggunakan Lintas Berita gak? Saya lagi mengoptimalkan cara agar tulisan Blogodolar bisa HOT di sana.Soalnya, kalo HOT bisa banyak pengunjung yang datang :D

    23 November, 2009 22:49

  • terimakasih mas... atas ilmunya.....

    24 November, 2009 09:38

  • emang, nembak keyword musiman bisa lebih banyak menarik traffic ..
    tapi ya, namanya juga musiman, ramenya hanya saat itu, begitu musim ganti ya harus ganti keyword juga ...

    24 November, 2009 09:40

  • kalo saya paling setuju dengan tambahan tipsnya, jangan menipu pengunjung. SEO yang kebablasan malah menyebalkan :D

    24 November, 2009 11:10

  • @ Kang Yudiono >>> saya jarang banget memanfaatkan Lintas Berita Kang. Mungkin sampai saat ini cuma 2 kali aja. Tapi kalo dibantu oleh orang nggak dikenal sih udah bebebrapa kali. Makasih banyak yang sudah sudi mensubmite beberapa artikel blog ini ke InfoGue dan LIntasBerita, siapa pun anda orangnya.
    Oya, pengunjung waktu itu berkisar ratusan sih. Sudah lumayan banyak lah buat ukuran saya :)

    Selamat berLintasBerita ria kang :D

    @ h.nugroho >>> begitulah mas. Tapi lumayanlah buat meningkatkan alexa rank dan semangat ngeblognya.

    @ mas stein >>> makasih buat pengertiannya mas. Kita memang harus memberi contoh yang baik mengenai penerapan SEO. Insya Allah saya tidak akan pernah menipu pengunjung lewat manipulasi judul.

    24 November, 2009 15:12

  • kalo ditanya siapa blogger yg spesialis menulis masalah trafik???? kafe28 jawabannya.

    kalo tutorial2 ngeblog kek o-om kang rohman, udah banyak yg serupa. tapi kalo spesialis trafik....

    di sini aja!

    24 November, 2009 18:02

  • benar bos

    saya juga lagi main2 nembak keyword nih

    lumayan dari blog percobaan yang sering Q gunakan tuk blog dummy dah dapat pengunjung ratusan perhari, padahal itu blog dummy malah mengalahkan blog utama

    he he he

    24 November, 2009 18:30

  • mangtafff kang
    langsung dicuba

    24 November, 2009 23:27

  • Kayaknya loe udah bisa ikutan kontes seo Is.. jurus2nya mantabs :D

    25 November, 2009 02:11

  • @ Rusa Bawean >>> ah, kayaknya belum pantes banget, soalnya trafik harian blog ini masih kecil banget. Jadi sementara ini sekedar sharing pengalaman aja dulu. Belum kredibel kalo mau jadi spesialis membahas trafik yang notabene berkaitan dengan SEO :D

    @ IHSAN >>> mungkin karena blog dummy-nya punya topik yang beragam kayak gado-gado ya mas. Nggak heran kalo akhirnya punya trafik gede.

    @ khai >>> belum pantes mas. Saya masih mau fokus di SEO postingan biasa aja. Bukan buat kontes. Kalo kontes SEO saya masih belum layak ikutan. Nyadar diri juga sih.

    25 November, 2009 09:30

  • Saya juga pernah memanfaatkan teknik SEO musiman, dan hasilnya memang memuaskan. Tapi sekarang-sekarang ini saya jarang mosting artikel nembak lagi. Soalnya lagi fokus sama kontes SEO. Hihi..

    26 November, 2009 10:25

  • Nembak keyword memang maknyus Mas, sayang blog saya agak susah dimanfaatkan untuk itu, karena saya berkomitmen untuk menulis tentang blog, walopun kadang-kadang saya melakukannya juga hanya untuk iseng...

    Keinginan untuk melakukannya besar, tetapi mungkin harus direm, karena takutnya justru pembaca loyal kabur...

    26 November, 2009 11:38

  • @ isnuansa >>> sekali-sekali aja sih nggak papa kalo menurut saya. Itung-itung buat variasi. Toh, topik nembak keyword kan belum tentu kurang menarik bagi pembaca loyal :D Untungnya, blog saya topiknya cukup terbuka untuk artikel nembak keyword (terutama topik entertainment).

    26 November, 2009 11:46

  • Kalo mau diterapkan di blog saya kayaknya kurang bisa, soalnya saya tetap stick di fotografi sebagai menu utama dan topik turunannya.

    26 November, 2009 19:34

  • idenya ada aja ya. mantap lah

    28 November, 2009 09:02

  • @ tukangpoto >>> nggak papa mas. Fokus aja di topik blog mas. Kan peminatnya juga banyak tuh, sehingga potensi untuk memperoleh pengunjung melimpah tetap terbuka lebar.

    28 November, 2009 19:09

  • iya mantap mas, saya juga udah coba... dan sukses

    02 December, 2009 14:30

  • Yang Pasti , SEO mas Iskandar juga udah bagus ya

    02 December, 2009 14:33

  • saya malah tidak tau sama sekali metode off page dan on page dalam SEO, apalagi nembak keyword, saya hanya tahu cara menulis dan cara promosi blog, tapi melihat alexa rank blog nya mas yang sudah 200 ribuan kebawah, saya jadi termotivasi untuk mendulang traffic.

    13 January, 2010 13:05

  • Oke gan dengan mencuri start posting blog,,,, mungkin google akan lebih memberikan nilai lebih ke blog kita, tentunya itu akan mempengaruhi ranking blog kita di search engine. Pelajaran baru buat ane...

    01 March, 2011 11:37

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top