28 November 2009

28 November 2009

Pengaruh Atribut Title dalam Kaitannya dengan SEO

seo and titleApakah anda seringkali menggunakan atribut title pada link yang anda sisipkan dalam postingan? Jika ya, mungkin anda harus benar-benar mempertimbangkan isi teks yang akan anda isikan pada atribut tersebut. Bahkan dalam kondisi tertentu, mungkin anda tidak perlu menggunakan atribut ini.

Dulu, saya sangat berkeyakinan bahwa penggunaan atribut title pada anchor teks sebuah link akan sangat mendukung optimasinya di mesin pencari. Termasuk pada gambar/image. Namun kini keyakinan tersebut mulai menipis usai saya menyimak artikel berjudul Atribut TITLE yang Berlebihan (oleh Dani Iswara – seorang blogger spesialis masalah Web-Accessibility).

>> Saya kutip salah satu pernyataan di alinea kedua:

jika teks pranala/tautan/’anchor text’ sudah cukup jelas dan deskriptif, pemakaian title="..." tidak perlu dipaksakan.

>> Gambaran umum isi artikel :

  • penggunaan atribut title yang efektif.
  • contoh pemakaian elemen title yang berlebihan.
  • menghilangkan atribut title pada Wordpress
  • kapan sebaiknya atribut title dipakai?

Penasaran dengan isi artikel utuhnya seperti apa? Langsung saja deh meluncur ke TKP (lewat link yang saya sisipkan pada alinea kedua di atas).

Sebagai pelengkap, simak juga artikel terkait lainnya tentang Atribut TITLE Terkait Aksesibilitas dan SEO (oleh penulis yang sama).

NB : (Ini adalah seri perdana dari rangkaian rubrik “artikel menarik blogwalking minggu ini”. Dua artikel di atas berisikan sesuatu yang menurut pengamatan saya masih sangat jarang diangkat/dikupas oleh blogger Indonesia, sehingga layak untuk saya rekomendasikan kepada pembaca sekalian). Semoga bermanfaat.


27 comments:

  • sudah menuju TKP om tapi tambah jadi bingung saya om...........tak copy dulu nanti dipahami lagi.

    28 November, 2009 21:19

  • jadi bingung nih mana yang bener??? tapi ga ada salahnya kita coba2 sendiri biar tau efeknya

    29 November, 2009 02:22

  • ayayay.. ditunggu seri berikutnya :)

    29 November, 2009 11:25

  • Sepertinya saya juga [hampir] selalu menambahkan atribut title.

    Trus, kalo sengaja dibikin broken link, tapi nulis atribut title, gimana ya Mas? Saya pernah melakukannya juga...

    29 November, 2009 13:07

  • @ mengembalikan jati diri bangsa >>> maksudnya bingung saat baca 2 postingan yang saya rekomendasikan yach? Kan keduanya sama intinya (tidak bertentangan).

    @ isnuansa >>> kalo link-nya broken, ya nggak ngaruh sama sekali buat optimasinya menurut saya. Gimana mau berpengaruh kalo linknya broken, walaupun dikasih title :D Itu dulu deh pendapat saya mbak.

    29 November, 2009 18:11

  • Wakh... saya belum 'ngeh' nich....

    29 November, 2009 19:11

  • Setelah dicek ke artikel yang dimaksud, ada beberapa istilah spesialis web tersebut yang perlu mendapatkan penjelasan lebih rinci lagi, khusus bagi para pemula. Karena secara pribadi saya belum terlalu paham bahasa program blog, dimana letaknya title, subtitle, css, dll, itu, sehingga mudah diterapkan.
    Terimakasih telah berkenan berbagi cerita bersama

    29 November, 2009 21:16

  • intifff dulu ah, sapa tau lagi seru-serunya

    29 November, 2009 21:27

  • Haiyah..ditulis lagi di sini. :) Makasi apresiasinya. Beberapa istilah memang saya pakai apa adanya. Yang tertarik, silakan menelusuri tautan-tautan yang ada. Atau diskusi di tulisan tersebut dan tulisan sejenis seperti di posting ini. :)

    30 November, 2009 08:13

  • @ Tusuda >>> memang banyak istilah yang mungkin belum kita ketahui. Pelan-pelan saja mas. Yang penting mau belajar. Mengenai pengertian berbagai istilah tersebut, silakan cari pada berbagai blog yang membahas masalah koding html, CSS, dan manajemen web. Makasih buat apresiasinya.

    @ dani >>> sekedar berbagi topik yang masih jarang dikupas mas, khususnya buat pembaca blog saya. Mengenai istilah, memang agak sulit ya kalau harus diganti dengan makna lain. Yang penting istilah tersebut memang sudah umum dalam kaitan dengan web atau coding. Makasih ya mas Dani buat postingan2nya yang eksklusive.

    30 November, 2009 12:48

  • mantap infonya mas... terimakasih atas sharingnya... saya juga udah ke TKP mas... :)

    30 November, 2009 13:00

  • Mohon ijin ya mas..

    Dengan ini saya mengundang pemilik blog dan semua teman yang sedang baca komen ini utk ikut berpartisipasi di kontes SEO Astaga!com dengan total hadiah 30 Jt lebih..

    Info Selengkapnya silahkan kunjungi astaga.com/kontes-seo-astagacom

    30 November, 2009 17:01

  • saya lebih mudah memahami tulisan seperti ini disini timbang di sumber aslinya, disana tambah pusing..

    sepertinya Mas Iskandaria mau jadi spesialis web nich...

    30 November, 2009 17:25

  • Mau coba ke TKP dulu deh,pingin tahu saja penjelasannya,trims mas

    01 December, 2009 11:25

  • Terima kasih dan terimakasih (itu yang bisa Yanti ucapkan saat ini…). Untuk itu, selamat, Anda termasuk Blogger terbaik dan mampu memotivasi saya untuk menulis. YOU ARE NICE BLOGGER award ini Yanti persembahkan buat anda mas... Salam Hangat. Yanti

    01 December, 2009 14:47

  • Kadang pakai, kadang enggak, tergantung kebutuhan:-)

    01 December, 2009 16:57

  • @ Rudy Azhar >> mungkin karena belum terbiasa aja mas dengan gaya bahasa tulisan mas Dani. Saya awalnya juga sempet rada bengong, tapi lama-lama terbiasa juga akhirnya..hehehe

    @ yanti tukang kerupuk >> wah, dapet kejutan nih dari mbak, padahal saya jarang banget ngunjungin blog mbak. Jadi malu..

    01 December, 2009 23:19

  • Mas Dani Iswara memang layak dijadikan tempat referansi mengenai aksesibilitas web. Saya selalu kesana, walau jarang komen.

    01 December, 2009 23:20

  • @ aldy >> wah, saya juga jarang banget komen di sana mas. Abisnya juga bingung mau komen apa. Cukup saya baca dulu deh. Tapi kalo ada topik yang saya punya pengalaman/pendapat tersendiri, saya usahakan untuk berkomentar. Ternyata pendapat kita sama ya mas tentang Mas Dani Iswara :)

    01 December, 2009 23:34

  • wah, tambah puyeng setelah baca aslinya, tapi sangat berguna buat tambahan ilmu ...

    02 December, 2009 22:35

  • @ mel dan hpnugroho >> lama-lama pasti ngerti kok. Memang agak berbau teknis yach kayaknya.

    02 December, 2009 22:40

  • wah tambah ilmu nih, tak pelajari dulu ya om....!

    03 December, 2009 08:07

  • iya bener mas... saya pernah ngalamin. Akhirnya saya ubah kebiasaan buruk saya dengan nemabhakan atribute title.

    03 December, 2009 08:30

  • Kalo untuk urusan Tittle sih biasanya saya ngintip punyanya Blog-blog beken, Biasalah nyolong-nyolong ilmu. Heheheh

    10 December, 2009 01:05

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top