14 November 2009

14 November 2009

Perataan Left vs Justify, Mana yang Lebih Baik?

perataan teksBagi rekan-rekan yang sudah familiar dengan blog ini, mungkin merasakan ada sesuatu yang berubah pada tampilan paragraf di area posting. Khususnya semenjak posting tentang cara membangun kredibilitas blogger (yang saya publish pada tanggal 13 November kemarin).

Beberapa hari sebelumnya saya secara tidak sengaja menemukan sebuah artikel berjudul Konten Web Sebaiknya Tidak Menggunakan Justified Text. Dari hasil menyimak paparan singkat dan berbagai komentar yang masuk pada artikel tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan perataan justify (rata kiri-kanan) di area posting blog ini.

Resmi semenjak posting kemarin, saya memilih menggunakan perataan left (rata kiri) untuk tampilan paragraf. Mungkin anda bertanya-tanya, apakah gerangan penyebabnya?

Alasan saya menggunakan align-left :

  1. Jarak antar kata dalam sebuah paragraf menjadi sama semua. Efeknya akan terlihat lebih rapi dan teratur.
  2. Tampilan keseluruhan paragraf di area posting jadi terlihat lebih dinamis (tidak monoton).
  3. Paragraf menjadi lebih nyaman di mata dan lebih enak untuk dibaca.

Bagi yang sudah terbiasa dan menyukai perataan justify, mungkin anda merasa kurang setuju dengan 3 hal dia atas. Secara visual, tampilan align-justify memang terkesan membuat paragraf menjadi lebih rapi.

Sejujurnya, saya sebenarnya juga lebih menyukai perataan justify. Namun saya pikir, saya tidak boleh egois dengan hanya mementingkan selera pribadi, tetapi di sisi lain mengabaikan kenyamanan pembaca.

Dalam hal ini ada sedikit catatan.

Jika lebar kolom postingan kita tidak terlalu luas (seperti blog ini misalnya), penggunaan align-justify berpotensi memunculkan banyak rongga (jarak yang renggang) antar beberapa kata dalam satu paragraf.

Nah, dari sisi estetika, kondisi tersebut mungkin kurang baik.

Namun jika boleh menyimpulkan, tampilan paragraf yang nyaman di mata sebenarnya ditentukan oleh 6 faktor berikut ini:

  • Ukuran font.
  • Jenis font.
  • Jenis perataan (align).
  • Jarak spasi antar baris (line-height).
  • Lebar paragraf (lebar area posting).
  • Warna font dan warna latar/background.

Jadi tidak semata-mata dipengaruhi oleh perataan yang digunakan.

Anda mungkin punya pendapat tersendiri mengenai perataan kiri serta justify? Silakan berbagi opini lewat kolom komentar di bawah ini.


30 comments:

  • "penggunaan align-justify berpotensi memunculkan banyak rongga (jarak yang renggang) antar beberapa kata dalam satu paragraf."

    setuju, saya pernah coba, hasilnya malah kelihatan kurang enak dipandang, walaupun rapi kiri-kanan.
    lebih enak align left, lebih bervariasi.
    kalau align right, lucu kali ya ....

    15 November, 2009 00:29

  • Yang align right mungkin lebih pas untuk dokumen Web yang berpola right-to-left (rtl) seperti tulisan Arab. Atau halaman Web yang menampilkan karya sastra seperti puisi dan sajak. :)

    Sejujurnya, seperti saat membaca tulisan rekan choen, saya berkunjung ke sini insidental. Tidak/belum melihat backlink di panel dasbor. :)

    Makasi apresiasinya.

    15 November, 2009 06:52

  • @ hpnugroho >>> ternyata pengalaman kita sama ya mas. Itulah salah satu alasan mengapa saya tidak lagi menggunakan perataan justify. Thx buat sharingnya.

    @ dani >>> soal backlink yang belum kelihatan, saya juga bingung mas. Mungkinkah karena terjadinya error pada feed blog ini? Atau ada kode CSS yang kurang sempurna. Entahlah. Yang jelas bukan karena saya menofollowkan backlinknya loh mas dani. Thx.

    15 November, 2009 09:59

  • tipsnya bagus gan! thanks ya.

    15 November, 2009 13:43

  • Wah kalo saya lebih suka justify mas. Soalnya keliatan lebih rapi aja jadinya. Tapi semua orang toh punys elera sendiri ya kan... hehehe....

    15 November, 2009 13:46

  • dapet ilmu baru nich, emang dalam postingan saya berupaya supaya tulisan enak dibaca bukan hanya sekedar komentar tanpa dibaca dengan tuntas. maka dari itu saya menggunakan tag h2 dan paragraf supaya ada sela gitu.. akan saya terapkan Mas.

    15 November, 2009 17:02

  • bener mas kaya blog saya juga menggunakan align-justify, sehingga sering renggang. thank tipsnya

    15 November, 2009 17:27

  • trims sudah berkenan mampir...
    untuk postingan, sejak awal saya pakai yang left...
    kelihatan lebih enak dipandang mata...

    16 November, 2009 01:58

  • Mas Is, saya juga pernah diingatkan salah seorang teman yang sangat mudheng SEO, penggunaan justify tidak ramah seo dibandingkan dengan align-left, kalau mas is lihat, aldymy.name masih menggunakan justify, karena saya sama dengan selera mas is, lebih suka justify, pertimbangan saya, karena blog saya untuk artikelnya memiliki ruang yang luas dan konyolnya saya tidak berigitu perduli dengan SEO, yang penting enak dilihat. O-OM.com juga menggunakan Justify, tetapi tetap saja memiliki rangking yang baik SERP yang bagus.

    16 November, 2009 06:27

  • tentunya justify bang, lebih rapi dilihatnya.
    sukses terus yah kang, kirain udah ada postingan baru buat Pancadeglang,heheh

    16 November, 2009 11:51

  • Buat blog saya, justify kelihatan membantu tulisan terlihat lebih rapi. Tapi itu dari sisi saya. Mungkin mas is bisa kasih input ttg blog saya ? untuk blog ini, dengan rata kiri memang jadi lebih nyaman dibaca :)

    16 November, 2009 21:14

  • @ aldy >>> soal apakah berpengaruh terhadap SEO atau tidak, saya kira tidak ada pengaruhnya mas. Buktinya, yang langganan masuk 5 besar di kontes SEO (yaitu blog ateonsoft.com) pakai perataan justify. Bahkan blog tersebut cukup lama bertengger di nomer 1 dlm kontes SEO SDSA beberapa bulan lalu.

    Blog mas punya kolom posting yang cukup lebar, sehingga penggunaan justify tidak terlalu berpengaruh terhadap jarak antar kata dlm satu alinea. Tetapi menurut saya tidak ada salahnya mencoba perataan left. Siapa tau hasilnya lebih rapi dan lebih nyaman dibaca.

    Oya mas aldy, saya lihat di beberapa posting blog mas masih ada yang luput dalam pemberian spasi antar paragraf. Coba dicek pada artikel review blog. Ada beberapa paragraf yang tidak dipisahkan dengan spasi yang jelas tuh. Thx buat sharingnya.

    @ ravatar >>> nanti coba saya cek ya mas. Makasih.

    16 November, 2009 22:05

  • wah, perlu dicuba nich, tuk melihat perbedaannya

    17 November, 2009 09:18

  • kadang penggunaan justify membuat design web berantakan mas :)

    17 November, 2009 12:01

  • kalo saya pake justify yang ada di WLW, lebih rapi

    17 November, 2009 13:24

  • kalo buat WP, justify kurang optimal...masi enakan pake live writer

    17 November, 2009 13:24

  • Saya memilih menggunakan left hanya karena "lebih suka" aja, bukan karena alasan teknis.

    Soal jenis font, ukuran dan lain sebagainya, juga egoisme saya yang memutuskan. Saya suka, ya saya pake, gitu Mas...


    Setelah saya bandingkan, ternyata blog saya juga sama: lebar kolomnya sempit. Jadi, sudah pas tho kalo saya pake perataan left?

    17 November, 2009 15:26

  • Iya nih, menjadi terlihat lebih elegan penampilannya:-)

    17 November, 2009 17:43

  • Lama nih mas Iskandar tidak berkunjung ke The Fachia. Saya seneng ada di sini, postingannya selalu fresh. Apalagi dengan tampilan posting yang makin mantap. :)

    18 November, 2009 06:16

  • lebih suka pake yang left...
    pernah pake justify malah acak2an bentuknya...
    spasinya ngga teratur -_-a

    18 November, 2009 08:03

  • iya..ya menarik juga kalau hanya rata kanan, lebih rapi dan setiap kata tidak ada space yang jauh.Trims mas infonya

    19 November, 2009 13:19

  • @ isnuansa >>> blog mbak udah pas banget pake align-left. Tapi sayang, warna font-nya kurang hitam mbak :D

    @ blogpopuler >>> bukan rata kanan mas, tapi rata kiri..hehehe

    20 November, 2009 14:45

  • saya sich milih "rata kiri" aja, lebih enak dilihat krn tdk menimbulkan spasi yg "Lebar" spt kl pake justify

    22 November, 2009 11:51

  • Rata kiri aja, biar nyaman dibaca oleh semua pengunjung. Tapi tergantung selera juga sih.

    26 November, 2009 10:39

  • trus kalo misalnya mau ngrubah posting blog justify selamanya gimana caranya?...hanya biar tau aja...saya juga setuju rata kiri aja...

    04 December, 2009 16:10

  • @ adyasa12 >> caranya harus mengubah settingan pada kode CSS atau kode template blog kita. Coba cari pada bagian post-body. Di situ biasanya ada settingan align. Kalo mau mengubah jadi justify atau left selamanya, ubah aja menjadi jenis perataan yang kita kehendaki.

    05 December, 2009 15:44

  • saya malah lebih suka rata kiri kanan mas.. krn mnrt saya nich, lbh rapi dibanding rata kiri..

    13 October, 2010 14:43

  • oh begitu toh.. hehe saya juga penggemar justify.

    22 March, 2011 20:57

  • makasih buat infonya.. saya menyediakan berbagai merek sepatu premium dengan harga lebih murah dari toko.

    22 March, 2011 20:58

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top