19 November 2009

19 November 2009

VIERRA | Band Baru dengan Musik Minimalis dan Lagu-Lagu Catchy

vierra
Bagi anda para pencinta musik pop Indonesia, nama Vierra mungkin sudah cukup familiar di telinga anda. Hits perdana mereka yang bertitel Dengarkan Curhatku bisa dibilang cukup sukses di pasaran.

Usai melejit lewat single hits yang cukup catchy tersebut, Vierra kembali naik daun lewat rangkaian hits andalan berikutnya. Sebut saja lagu Perih, Bersamamu, dan Rasa Ini.

Di televisi, radio, dan bahkan di warnet-warnet yang biasa saya singgahi untuk online, lagu-lagu Vierra cukup sering diputar. Sebagai pendatang baru, band ini terbilang sangat sukses memperkenalkan diri dan musik mereka.

Apa saja sih kelebihan band Vierra sehingga bisa dengan mudah dan cepat diterima oleh kalangan penikmat musik Indonesia?

1. Musik mereka sederhana.


Kalau ada yang menilai poin ini sebagai kekurangan, sah-sah saja. Toh buat saya, kesederhanaan musik bisa menjadi kelebihan sebuah band. Buat apa jika komposisi/aransemen musik terlalu ribet, namun efeknya malah membuat musik yang dihasilkan menjadi kurang enak didengar.

Sementara pada Vierra, saya lihat mereka cukup mahir membuat aransemen musik yang harmonis dan cukup menyatu dengan lagu (walau belum bisa dikatakan sangat bagus). Dengan jumlah personel yang sangat sedikit (cuma 3 orang yang memainkan alat musik), tentu saja sangat berpengaruh terhadap kesederhanaan musik mereka.

2. Penggunaan keyboard yang sangat dominan sebagai pengganti gitar.


Ini merupakan ciri khas Vierra sebagai band pendatang baru. Mayoritas lagu mereka banyak diiringi oleh suara lantunan tuts keyboard/piano, yang sebagian besar berfungsi layaknya gitar pengiring (rythm). Bahkan menggantikan fungsi melodi gitar yang ditiadakan. Sebuah terobosan yang cukup kreatif sebagai upaya untuk menguatkan karakter dan ciri khas musik mereka.

3. Lirik-lirik lagu mereka mudah dicerna.


Bisa dibuktikan pada mayoritas hits mereka yang rata-rata masih menjual tema cinta (klise yach). Walau klise, Vierra cukup mampu menjual lirik cinta mereka lewat kemasan yang punya nilai komersil dan sangat remaja. Pasar atau target utama mereka ialah kalangan remaja, yang notabene merupakan pasar musik terbesar untuk lagu-lagu pop bertema cinta.

4. Vokalis mereka punya karakter suara yang cukup khas.


Apa bukti/dasarnya? Pembaca sekalian, saya pernah menyimak beberapa lagu baru Vierra yang sebelumnya belum pernah saya dengar. Namun begitu mendengar pertama kali, saya langsung bisa menebak siapa penyanyinya. Ternyata benar tebakan/feeling saya, bahwa lagu-lagu tersebut dinyanyikan oleh Widi (vokalis Vierra). Itu bukti bahwa Widi punya karakter suara atau cara bernyanyi yang khas.

Selain khas, suara Widi juga sangat mencerminkan tipikal karakter vokal remaja masa kini. Itulah sebabnya lagu-lagu Vierra dengan sangat mudah diterima dan disukai oleh kalangan remaja.

***

Nah, menurut anda sendiri bagaimana? Apakah anda termasuk yang menyukai atau cukup menikmati lagu-lagu Vierra?

Namun ada kabar miring tentang band ini (isu plagiat). Selengkapnya bisa dibaca di artikel 6 lagu plagiat Vierra Band yang diposting oleh dinda watson.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

25 comments:

  • padahal saya cukup suka dengan lagu2nya...

    19 November, 2009 15:27

  • denger2 mereka sering lipsync klu tampil LIVE

    19 November, 2009 15:28

  • Saya kok belum pernah tau ya...

    19 November, 2009 18:45

  • kesederhanannya itu yg membuat aku tak jatuh hati

    plagiat abis lagi
    hmmmm
    pikir deh suka band kek gini

    20 November, 2009 00:35

  • isu plagiat kayaknya sekarang jadi trend ya mas. Bener plagiat atau sekedar menciptakan buzz supaya makin dikenal?. oiya mas, tipsnya udah saya coba, bisa dijenguk mas? sekalian saya ada info mengenai Promo Paypal Wishlist yang memberi reward anggotanya hingga $ 100. :)

    20 November, 2009 13:21

  • memang penggunaan keyboard sangat dominan di vierra... menunjukkan kemahiran kevin (putra adie M.S dan Memes) sang keyboardis/pianis...dan sebagian besar aransemen lagu-lagu vierra memang dikerjakan oleh kevin...

    mengenai vokalis...memang khas suaranya...tapi sayang saya pernah menyaksikan 1 x live performancenya di T.V, si widy sering fals nyanyinya dan powernya kurang gitu....T.T

    masalah jipalak menjipalak hem...sekali lagi menjadi kontroversi sendiri...hehe Menurut saya pribadi, mereka tidak jiplak, meski memang ada bagian2 lagu mereka yang mirip dengan lagu lain...suatu kemiripan bukan berarti menjiplak-kan rekan2???^_^

    20 November, 2009 16:23

  • Aku juga pendapatnya sama Marsudiyanto :D

    Baru tahu band Ini :) *Hampir ga pernah ntn info tainment gue kali yach :D

    Salam :)

    21 November, 2009 00:44

  • band baru nih, sepertinya terus meroket

    21 November, 2009 01:48

  • @ Rusa Bawean >>> tapi yang saya salutkan pada band ini yaitu karena mereka benar-benar menampilkan sisi remaja. Tidak kedewasa-dewasaan. Lagu-lagu mereka terdengar sangat remaja loh buat saya.

    @ alfred >>> wah, saya baru tau kalo Kevin itu putranya Addie MS dan Memes. Thx banget buat informasinya mas. Soal suara Widi, menurut saya bukan fals atau kurang power mas, tapi itulah karakternya :D
    Soal jiplak ato bukan, saya juga masih belum terlalu yakin sih.

    @ Aribicara >>> kayaknya loe emang nggak doyan nonton infotainment ya Ri..kekekeeeek

    21 November, 2009 16:18

  • yang sederhana2 memang lagi laku ya sekarang.. udah pada pengen enjoy kali ya para penikmat musiknya :)

    22 November, 2009 00:14

  • saya pernah liat waktu mereka tampil akustikan di tipi, saya pikri untuk ukuran band baru mereka lumayan punya sesuatu untuk dijual, sklill pun ndak malu-maluin.

    yang jelas vokalisnya manis. hehe

    23 November, 2009 16:50

  • @ DeNi >>> penikmat musik zaman sekarang mayoritas lebih suka lagu-lagu yang simpel dan mudah dicerna mas. Makanya grup-grup band sekarang lebih banyak yang nampilin musik 'seadanya', walau nggak semua :D

    @ mas stein >>> emang manis mas, tapi sayangnya suka pake celana pendek gitu deh.

    23 November, 2009 19:58

  • -- musiknya ringan---- tapi berat kreativitasnya....:)

    27 November, 2009 17:08

  • uenak lagunya mas iskandar

    02 December, 2009 14:26

  • dibilang sederhana ngga juga kali sob...
    arangernya aja si kevin, darah bapaknya(adie ms)
    pasti mengalir kuat di dirinya...
    jadi klo didengerin memang sederhana tapi klo dipraktekin,,,
    wahhh... gue jamin ngga mudah.... hehehe...

    03 December, 2009 13:45

  • @ yos >> hehehe. Setuju banget sih sob. Kevin mainnya cukup bagus. Kalo dibilang mraktekinnya nggak mudah, bener juga sih. Jadi malu bilang sederhana :-D

    04 December, 2009 15:17

  • mas, pernah denger atau tau ga band (LostProphets)??? saya ngerasa antara lagu (saya lupa judulnya) lostprophets dan viera (dilihat dari aransemen) adalah sama. mungkinkah viera menjiplak lagu dari band amrik ini? saya tidah tahu apakah liriknya juga sama.. aklum bhs inggris saya kurang... tpi cba deh mas denger...

    08 December, 2009 03:32

  • Menurut ggu Widy tuh suaranya gagg fals..
    doi top abieezzz.
    sbagai s'orang cewek, dia juga bisa scream n growl loh...
    Jangan ngremehin orang hanya dari sisi penampilan luarnya aja..

    OK Guys..

    07 March, 2010 16:21

  • menurut saya lagu lagu vierra tidak terlalu puitis ,, lalu diiringi permainan piano kevin yg bgs . . .

    di umur mereka yg msh remaja ,,, mereka bisa menciptakan lagu sendiri . . ..

    30 March, 2010 20:26

  • haduh enggak deh klo dengerin lagunya band ini, denger suara vokalisnya aja udah minta ampun....

    13 October, 2010 14:16

  • Vierra memang bagus apalagi didukung oleh permainan keyboard kevin yang sangat lihai. Tapi saya masih tidak suka dengan beberapa lagunya yang cenderung masih plagiatis.

    01 March, 2011 12:27

  • viera , adalah musik favorit ku,salam untuk smua pemainnya.trutama widi dn kevin. pengemarmu viera mania.TITI NAYUGIANI

    15 December, 2011 14:03

  • Lagu lagu Vierra cukup diterima penikmat musik Indonesia.

    16 December, 2011 10:52

  • viera keren banget suka juga sama lagunya

    02 February, 2013 10:13

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top