12 December 2009

12 December 2009

Apa yang Salah dengan Blog Saya? - Sebuah Refleksi

kesalahan ngeblogIni bukan membahas tentang blog saya, melainkan sebuah artikel menarik yang berjudul hampir sama. Mungkin selama ini anda bertanya-tanya, mengapa blog saya tak kunjung berkembang? Entah trafik yang tak kunjung meningkat, komentar yang masih saja sunyi sepi, atau penghasilan online yang seret.

Why? Apa sih yang salah dengan blogku?

Ada banyak faktor yang membuat perkembangan sebuah blog jadi lambat. Tentunya ada ‘something’ yang tidak beres jika dalam sekian bulan blog anda masih begitu-begitu saja kondisinya.

Nah, 10 di antaranya dikupas secara tuntas bin lugas oleh JokoSusilo dalam artikel Apa yang Salah dengan Blog Saya? Sangat bagus sebagai bahan renungan untuk semua blogger, terutama yang serius ingin mengembangkan blognya.

Saya beri bocoran 4 kesalahan dalam mengelola blog, yaitu :

  • Tidak punya cukup banyak artikel.
  • Topik blog tak punya banyak peminat.
  • Menggunakan template default.
  • Sering posting, tapi kualitas menurun.

Selebihnya, silakan anda langsung meluncur ke artikel aslinya. Saran saya, jangan cuma membaca poin-poin yang dicetak tebal. Simak juga pembahasannya jika anda ingin memperoleh pencerahan atau masukan berharga.

Oya, saya ingin menambahkan 1 poin lagi (versi saya), yaitu :
Tampilan area posting yang kurang eye-catching.

Ok deh. Silakan berkomentar di sini kalau sudah membaca postingan yang saya rekomendasikan di atas.

30 comments:

  • makasih informasinya boss

    12 December, 2009 14:24

  • Yupz benar bos

    blog seperti sebuah persinggahan bagi pengunjung, jika ada yang menarik pasti mereka terkesan dengan blog kita dan balik lagi :D

    12 December, 2009 16:48

  • wah bagus nih, makasih infonya. btw, gmn dgn blog ane bang. ane masih nyari-nyari template nih. udah eye kencing blom sih... :D

    12 December, 2009 18:54

  • apa ya mas, maksudnya sering sering posting tapi kualitas menurun ?

    12 December, 2009 20:51

  • hmm... pertanyaan ini sering muncul dibenak saya mas :(

    13 December, 2009 11:08

  • senang membaca blog mas Jing Hsu

    13 December, 2009 11:08

  • @ panca >> template ente saat loading diselimuti warna merah yang cukup mengganggu. Itu pengaruh dari warna latar belakang merahnya. Saran ane sih, ubah aja warna latarnya jadi putih. Kalo latarnya pake image, itu juga bikin loading agak berat. Sebaiknya latar tidak menggunakan background berupa imgae. Kalo tampilan area posting template ente sudah cukup eye-cathcing sih.

    @ sobatsehat >> kalo menurut saya, maksudnya bobot nilai manfaatnya bagi pembaca terasa berkurang. Tidak seperti posting-posting terdahulu. Mungkin karena terkesan dipaksakan untuk memenuhi jadwal update :)

    13 December, 2009 11:49

  • Kalo menurut saya, sepinya pengunjung pada sebuah blog juga bisa disebabkan oleh kurangnya promosi blog yang dilakukan oleh seorang blogger disamping penyebab-penyebab yang anda maupun pak joko sebutkan. Promosi penting dilakukan sebab kita akan mendapatkan pengunjung yang tertarget.

    Jika membandingkan dengan blog JokoSusilo.com, kita tidak ada apa2nya. selain artikel-artikel yang bermutu, Joko Susilo juga menumpangkan blognya pada setiap url member formulabisnis.com yang jumlahnya ribuan. Maka tidak heran jika blog JokoSusilo.com menjadi paling banyak dikunjungi.

    13 December, 2009 12:36

  • hmmm .... bagaimana dgn blog sy ya..? apa topik yang disajikan kurang menarik ?
    anyway ... terima kasih informasinya mas ..

    13 December, 2009 13:29

  • Nice info... truz gmn dgn blog saya? kl blog ini mah... fresh & infonya seger2

    13 December, 2009 16:21

  • Mas Is kalau blog saya apa ya yang kurang, mohon kritikannya. thanks

    13 December, 2009 22:11

  • @ Astaga.com lifestyle on the net >> kalo menurut saya, blog anda terlalu didominasi oleh iklan, tidak ada menu daftar posting terbaru, related post, atau menu recommended-post. Saran saya, utamakan dulu memberi sajian daftar posting kepada para pengunjung, sehingga mereka bisa dengan mudah mencari dan menemukan LINK ARTIKEL yang mereka butuhkan.

    Selain itu, tampilan font dan paragraf di area posting blog anda kurang nyaman di mata. Ukuran hurufnya kurang besar mas. Sebaiknya juga menggunakan perataan left agar lebih nyaman dibaca.

    Saran lain, sebaiknya anda gunakan template 3 kolom. Ada kolom khusus untuk iklan, ada khusus untuk posting, dan sisanya untuk kolom daftar posting.

    13 December, 2009 23:01

  • @ eric >> blog mas eric template-nya udah elegan banget. Saya suka, sebab dulu saya juga pernah menggunakan Passion Template (warna biru). Tampilan area postingnya juga nyaman banget di mata. No problem. Kalo kekurangan, menurut saya daftar menu RECENT POST-nya agak sulit atau agak lama untuk ditemukan pengunjung. Saran saya, coba pindahkan menu RECENT POST ke kolom sebelumnya dan tempatkan agak ke atas, biar pengunjung mudah menemukannya.

    KOnsekuensinya, banner kontes SEO dan menu share this blog sebaiknya dipindahkan ke kolom sebelahnya (kanan). Itu saja mas. Yang lain no problem.

    13 December, 2009 23:08

  • @ hpnugroho >> kalo blog mas Nugroho topiknya cukup menarik sih. Silakan diteruskan saja mas. Makin banyak postingan makin bagus. Yang penting berusaha memberikan nilai dalam setiap postingan kita, sekecil apa pun itu.

    13 December, 2009 23:12

  • @ luacis >> setuju mas dengan pendapatnya. Cuma, kita tidak perlu merasa rendah diri jika harus dibandingkan dengan blog Pak JS. Toh kalau kita tetap fokus dengan komitmen untuk mengembangkan blog kita, bukan tidak mungkin suatu saat nanti blog kita bakalan bisa sebesar blog Pak JS.

    13 December, 2009 23:15

  • kebetulan saya berlangganan via e-mail utk tulisan2 dr Mas Djoko Susilo, kalau utk introspeksi diri, kekurangan blog saya masih banyak sekali, Mas.
    salam.

    14 December, 2009 16:37

  • bisa jadi bahan acuan neh...sep dah

    15 December, 2009 01:50

  • mungkin blog saya terkena penyakit ke empat itu;
    sering posting tapi kualitas menurun

    memang kualitas pun kadang disupport dengan "soul of blogging", jiwa ngeblognya itu seperti apa? Ini psikologis sifatnya sehingga sulit diukur dengan yang kasatmata

    15 December, 2009 07:07

  • @ munawar am >> memang agak sulit diukur Kang. Kualitas itu mungkin rada subyektif sifatnya, sebab tergantung pada apa yang dirasakan masing-masing pembaca tulisan/posting kita. Namun saya kira ada suatu parameter yang lebih universal untuk menilai degradasi kualitas sebuah tulisan/postingan.

    Salah satu parameternya : cuma mengulang-ulang yang sudah pernah dibahas (dengan sedikit modifikasi, tapi intinya sama persis). Mungkin karena sudah kehabisan ide yach.

    15 December, 2009 10:20

  • yang penting tetep konsisten bagaimanapun kemampuan kita

    15 December, 2009 10:32

  • Kalau aku saran...yang penting tetep enjoy Mas ;)

    15 December, 2009 12:09

  • @ rip dan Yep >> setuju banget deh. Yang penting konsisten mengupdate blog (tapi harus tetap berusaha lebih baik lagi ya) dan juga tetap enjoy. Sebab merasa enjoy itu juga kunci penting untuk menghasilkan posting yang menarik.

    15 December, 2009 12:25

  • Thanks ya mas.. btw, aku lg mau rubah themes, cuma gak pe-de aja. Ada kenalan (WP) yg bisa bantu2 gak?

    15 December, 2009 14:18

  • Salam persahabatan bagai kepompong (guyon dulu gapapa mas ya?)
    Blog dasir gmn mas, berat ndak sih? Aye kancing tdk? Kalo isinya puisi gmn? Cukup nanyanya keknya..blognya adem, tp agak berat dibuka pk hp mas..[eh maaf mas malah kritik ya..]

    15 December, 2009 15:08

  • Tampilan yang kurang eye cheating,
    kalau tanpilan jadul walaupun artikelnya baik, kadang juga mempengatuhinya Mas.
    Selainnya itu, saya masih menemukan rekan-rekan blogger (maaf) yang dilbogspot masih menggunakan template model lama, mau komentar harus buka halamna baru, malas jadinya.

    16 December, 2009 07:15

  • @ aldy >> betul mas. Tampilan jadul identik dengan template default. Saya juga masih sering menemukan rekan-rekan yang menggunakan blogspot yang belum tahu cara mensetting kotak komentar di bawah posting. Saya dulu juga begitu mas. Mungkin karena ketidaktahuan saja. Padahal sudah banyak artikel tutorial yang membahas hal tersebut.

    Mungkin karena masih baru ngeblognya :)

    16 December, 2009 16:21

  • betul kt bp.iskandar mas lanjutkaaaaaan.......

    03 March, 2010 09:53

  • your post is so good.thanks for taking time to discus this topic.
    Listings

    14 November, 2010 20:37

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top