02 December 2009

02 December 2009

Lagu Slow Rock Terbaik Sepanjang Masa | November Rain Layak Jadi Nominasi

november rainSebagai pencinta musik, saya cukup menyukai genre slow rock. Ada citarasa tersendiri rasanya saat menyimak aliran musik ini. Khusus untuk slow rock manca, ada salah satu lagu yang menurut saya sangat layak dinobatkan sebagai salah satu lagu slow rock terbaik sepanjang zaman. Apalagi kalau bukan November Rain miliknya Guns N’ Roses.

Lagu ini masih tetap enak untuk dinikmati sampai saat ini. Yang paling istimewa dari lagu ini ialah komposisi musiknya (aransemen). Mulai dari bagian intro, kita sudah dibuat hanyut oleh alunan lembut suara piano dan iringan biola yang menyihir. Lalu disusul oleh ketukan drum pembuka yang cukup mantap.

Selanjutnya, beat demi beat mengalir dengan enak, dengan grafik yang meningkat secara perlahan. Proses peralihan antar satu part ke part berikutnya terasa sangat lembut nan indah. Itulah yang paling saya salutkan pada aransemen musiknya.

Coba saja anda simak bagian lagu sesaat sebelum beat-nya dibuat ngerock. Bagaimana proses peralihan musiknya? Sangat lembut dan pas bukan?

Durasi yang cukup panjang dari komposisinya pun tidak terasa menjemukan. Kita sulit sekali menemukan pengulangan model aransemen yang sama di setiap part komposisinya. Setiap part terasa sangat unik. Setiap fase dalam komposisinya seakan punya ‘ruh’ atau 'aura' tersendiri yang bisa dirasakan oleh orang-orang yang memahami musik dengan baik.

November Rain adalah sebuah komposisi yang sangat indah dan harmonis.

slash-gnrMendengarkan lagu ini, kita seperti dibawa ke nuansa tersendiri. Terlebih jika sambil menyimak viseo klipnya. Anda sudah pernah melihat video klip lagu November Rain ini? Jika belum, silakan KLIK DI SINI. Atau di sini.

Lagu-lagu seperti inilah yang tidak mudah lekang oleh zaman. Tidak mudah redup pesonanya. Plus tidak mudah membuat pendengarnya merasa jenuh atau bosan. Tak heran jika Guns N’ Roses (band yang membawakan lagu ini) begitu melegenda di dunia musik rock.

Semoga para musisi Indonesia bisa terpacu untuk membuat sebuah karya musik Master Piece seperti layaknya November Rain. Bagaimana menurut anda sendiri? Punya lagu favorit slow rock manca yang menurut anda tidak akan lekang oleh zaman?


45 comments:

  • November rain milik gun n rose..........wuih memang keren kang......

    02 December, 2009 18:52

  • Saya juga suka lagu itu..apalagi klipnya sangat menyentuh..top..keren abis..apalagi bulan November menjelang Desember, sudah mulai musim hujan disini..wuihh..tambah deh nostalgianya..

    02 December, 2009 22:50

  • Kecendungan saya soal musik agak lebih general gitu, Mas. Saya suka hampir semua jenis musik, asalkan lagunya bagus. Btw, November Rain asyik juga kayanya kalo dibawakan dengan latar orkestra :)

    02 December, 2009 22:54

  • yup ... november rain adalah lagu dari G&R yang sangat saya sukai ..
    tapi, yg paling mendalam buat sy adalah lagu Fire House - When I Look in to Your Eyes karena ada memory tersendiri, ( surat cinta pertama buat mantan pacar sy terjemahin dari lagu ini ... ;) )

    02 December, 2009 23:00

  • November Rain emang kagak ada matinye...

    02 December, 2009 23:06

  • yup, mantep lagunya.

    Salam kenal ya.

    02 December, 2009 23:34

  • @ Tusuda >> klipnya bener-bener keren abiz deh. Setuju banget mas!

    @ Sudeska >> itulah yang bikin lagu ini jadi asyik dan punya uh tersendiri buat saya. Iringan Oskestra membuat lagu ini bisa bikin merinding loh. Oya, saya sebenarnya juga hampir menyukai semua jenis musik. Hampir semua jenis musik sudah bisa saya nikmatin feelnya.

    @ hpnugroho >> wah, When I Look in to Your Eyes juga salah satu lagu slow rock terfavorit saya mas. Lagu itu buat saya juga sangat layak jadi lagu terbaik slow rock sepanjang zaman. Musiknya enak banget. Romantis abiz deh pokoknya.

    @ Rudy Azhar >> emang kagak ada mati-matinya nih lagu. Mau didengerin sampai kapan pun tetep aja asyik ya Bang..

    02 December, 2009 23:36

  • November Rain memang layak masuk nominasi, selain G&R, saya juga menyukai I Live My Life For You ( Fire House ). Beds of Roses -> Bon Jovi. beberapa ari sekian banyak yang saya gadrungi, bahkan waktu nulis comment ini saya lagi dengerin Fire House.

    03 December, 2009 00:45

  • wah ketemu sama pecinta musik nih, sama mas.

    saya baru menjumpai tema blog anda yang masih gratisan, kok menarik sekali mas, sejuk dan enak di pandang mata.

    salam.

    03 December, 2009 05:36

  • Wah beneran enak lagunya :D

    03 December, 2009 10:54

  • pertama salam kenal dulu ya dari yos
    ---------------------------------------------------------------
    by the way, on the way, busway, angkot, becak, hahahaha...
    blog kita sealiran cuuy mirip temanya/topiknya, review musik, dan personal blog... jadi kita sodara nih, hehehe
    --------------------------------------------------------------
    GNR gue akui dahsyat bener lagunya,..
    tapi ya tetep dimata gue MR BIG yang terbaik, hehehe...
    klo bandingin 2 band ini seru juga ya...
    pertama
    axl rose VS eric martin
    kedua
    slash VS paul gilbert
    ketiga
    welcome to the jungle VS Daddy, Brother, Lover, Little Boy
    atau
    november rain VS To be with you
    seru ya.. hehe....

    03 December, 2009 13:20

  • @ aldy >> wah, FIRE HOUSE saya juga suka banget mas, terutama Love of the Life Time, When I Look Into Your Eyes, dan I Live My Life for You. Itu lagu nggak ada matinya deh.

    @ badruz >> makasih buat penilaiannya mas. Saya memang selalu berusaha mendesain tampilan blog saya seteduh mungkin, sesuai dengan karakter saya yang kalem :D

    @ yos >>> wah, ketemu nih ama sodara yang sama-sama suka ngulas musik dan entertainment. MR BIG? Keren-keren juga tuh lagunya. Tapi saya nggak terlalu ngefans sih. Kalo dibandingin antara vokalisnya ama gitarisnya seru juga tuh. Tapi saya suka banget ngeliat gaya Slash di video klip November rain ini. Keren banget euy!

    Salam kenal balik nih. Jadi tambah semangat rasanya kalo nanti saya pengen ngulas musik lagi. Makasih ya bro.

    04 December, 2009 14:10

  • @mas Iskandaria....ga hanya musik, syair lagu November Rain juga menyentuh...

    lagu slowrock???hem
    1. Carrie - Europe
    2. Always - Bon Jovi
    3. When I Look Into Ur Eyes - Firehouse
    4. When You Loves a Woman - Journey
    ^_^
    salam mas

    04 December, 2009 14:51

  • itu lagu kebangsaanku bro.... jadi inget jaman dulu aja neh...

    04 December, 2009 15:10

  • @ alfred >> wah, tambahannya mantap tuh bro. Yang paling saya sukai yaitu When I Look Into Your Eyes-nya FIRE HOUSE. Musik dan suara vokalisnya pas banget (nyatu abis). Masalah syair november rain, emang menyentuh sih. Thx buat tambahannya mas.

    @imam >> weh, nostalgia nih ceritanya..hehehe

    04 December, 2009 15:20

  • setuju mas... tp kl mau dirinci mah gak cukup barisnya nich, hehehe...

    04 December, 2009 16:32

  • saya juga seneng november rain mas :)
    tapi sepertinya saya lebih suka "dont you cry dan Welcome to the jungle deh" :)

    05 December, 2009 01:44

  • betul sekali om....memang "November Rain" maknyus tenan....pokoknya nggak akan pernah bosan ngedengerinnya....ternyata kita punya selera sama ya...he..he...btw thanks telah berkunjung mas...ke gubug saya...

    07 December, 2009 07:17

  • ijin pasang link..om...di gubugku..

    07 December, 2009 07:40

  • Mantap..saya juga paling suka dengan lagu ini.

    07 December, 2009 13:16

  • suatu lagu memang jika memiliki "jiwa" yang bisa kita liat dari "penyatuan lirik dan aransemen" akan tetap enak didengar dari kalangan manapun juga.. dan tidak akan tenggelam oleh waktu.

    08 December, 2009 03:13

  • November rain, salah satu lagu wajib yang harus diputer oleh orang radio, apalagi pas bulan november ;)
    salam

    08 December, 2009 20:09

  • ga pernah bosen ndengerin november rain... forever life song gue dah pokoknya..

    31 December, 2009 15:48

  • coba dengerin juga deh dream theater the spirit carries on.. itu keren abis kalau menurut gw,,

    16 January, 2010 19:48

  • http://www.youtube.com/watch?v=hlZNWI5FdOQ nih alamat urlnya di you tube

    16 January, 2010 19:49

  • ga da duanya,,november rain number one deht

    20 June, 2010 08:34

  • musik Rock merupakan musik komposisi, dari lirik, vokal, aransemen, semau harus bagus, lain dengan lagu sejenis group singer yang hanya mementingkan vokal, cenderung lagu semacam itu paling banter bertahan 3 bulan. kalau lagu rock... FOREVER.

    ga rugi membuat group rock, soalnya akan dikenang sepanjang masa (klo lagunya bagus).

    konon "party Doll" - mike jagger, merupakan lagu yang paling banyak peminatnya diseluruh dunia.

    Rock and Roll - bergema diseluruh dunia

    01 October, 2010 08:31

  • saya kadang takut mendengar lagu slow rock, sebab akan mengenangkan saya kemasa saya dahulu.

    klo lagu "November Rain", mengingatkan saya tour sewaktu SMA dulu. merupakan salah satu kenangan indah saya.

    sayang... kita tidak bisa kembali kemasa lalu.

    01 October, 2010 08:35

  • klo ane sich demen lagunya bon jovi-always sama lagunya europe-carrie.. meski ane juga suka sama GNR

    13 October, 2010 14:27

  • November Rain emang lagu paling saya suka.. yaitu gg ngebosanin walaupun durasinya lama... mantap pokonya musiknya ....
    Guns N roses BEST OF THE BEST

    25 December, 2010 21:20

  • oke jg lah...
    tp saya lebih suka white lion yg when the childern cry

    27 March, 2011 11:02

  • Waduh, udah hampir 2 tahun lalu.. Tapi blog ini emang variatif.. Seru pokoknya..

    Khusus buat artikel ini, saya mau kasih sedikit komentar..

    Guns n' Roses emang keren dan saya suka mereka, tapi BAGI SAYA lagu slow rock terbaik sepanjang masa tetap dan selalu lagu Always dari Bon Jovi..

    Grazie..

    10 May, 2011 03:01

  • Stairway to heaven dari Led Zepplin terbaik sepanjang masa. Coba tanya sm om goggle..jang masa. Coba tanya sm om goggle..

    11 July, 2011 14:23

  • ah.... ngak juga masih banyak yg lain kok

    27 October, 2011 09:47

  • hanya orang yg selera musiknya rendah yg berkata ada yg lebih baik dari november rain nya guns n roses, saya baru 17th, saya anak jaman sekarang, tp bagi saya yg terbaik adalah guns n roses era 80-90an .

    08 December, 2011 21:59

  • Semua pilihan teman2 mmg mantap semua. tapi kalo menurut saya aja nih, semoga ada yg sesuai dengan kalian:
    1. Bon Jovi- Always
    2. White Lion - Till Death do us Part
    3. Loverboy - Heaven In Your Eyes (ost. Top Gun/ sy harap teman2 dengar lagu ini deh, Sangat amat terlalu KEREN, ehehe)
    4. Bon Jovi - Bed of Roses
    5. Deff Leppard - When love and hate collide
    6. Aerosmith - Dont Want to Miss a Thing

    09 January, 2012 09:38

  • waahhhh ... mantap pokoke GNR... tp sayang axl sma slash.y gk akur,, jd kya gini deh jadinya... tapi bwat ane.mah queen ttp numero uno... apalagi bohemian rhapsody+love of my life.nya... sip dehh...

    18 October, 2012 16:52

  • goooog Amsing ni lagu,..
    +
    Bon Jovi - Bed Of Roses
    Queen - Bohemian Rhapsody
    Bon Jovi - Always.

    21 December, 2012 13:58

  • November Rain, lagu terbaik bagiku. klo dihitung2 hampir setiaku hari ap gak lepas dgn lagu ini. terkadang lagu penghantar tidurku, sampean aku aransemen lagu ini versi akoustik dan upload ke youtube. November Rain = the best song.

    28 March, 2013 22:32

  • Nie lagu mmng top markotop gan.:D
    Bg sy ni lgu jd pembuktian bgi personel band GNR kalo mrk mmng hbat dlm brmusik
    Apalgi om bang AXL N brother SLASH
    Merka brdua adlah ygg trhbat
    I miss GNR the most dangerous band in the world

    20 September, 2013 09:31

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top