05 December 2009

05 December 2009

Pengaruh Musik Terhadap Mood dan Frekuensi Energi Manusia

Tadi malam, saya sempat dibuat dongkol bukan main oleh sikap seseorang. Namun ajaibnya, perasaan kesal tersebut akhirnya sirna (luntur) ketika saya mendengarkan beberapa lagu yang sedang diputar oleh sebuah radio swasta.

Pikiran dan emosi yang tadinya buruk akhirnya berubah drastis menjadi tenang dan damai. So, saya rasa memang tidak salah jika musik dianggap bisa mempengaruhi mood dan kondisi jiwa kita. Dalam kaitan dengan hal tersebut, saya ingin sedikit berbagi pendapat kepada anda.

Mengapa musik bisa memperbaiki mood yang sedang buruk?

Ketika mental dan emosi kita sedang dalam keadaan tidak seimbang (misalnya karena sedang kesal atau dongkol), dan kemudian kita mendengarkan musik yang tepat, maka yang terjadi adalah :

“energi atau frekuensi yang dihasilkan oleh musik tersebut masuk ke dalam medan energi diri kita sebagai pendengarnya. Lalu energi/frekuensi yang berasal dari musik tersebut berupaya menyelaraskan dan menyeimbangkan energi/frekuensi diri kita (yang sedang dalam kondisi tidak seimbang)”

Ketika keseimbangan atau keselarasan telah tercapai, maka kita pun cenderung akan merasa damai atau tenang kembali. Bahkan bisa berubah menjadi ceria.

Pernahkah anda mengalami hal tersebut?

Lalu, jenis musik apakah yang bisa memperbaiki mood yang sedang buruk?

Menurut saya bisa apa saja. Artinya tidak hanya satu jenis musik. Ketika sedang kesal dengan suatu keadaan, anda bisa menjadi tenang kembali usai menyimak hentakan musik rock/metal yang cadas atau keras. Apalagi jika sambil berteriak. Energi negatif yang berlebih pada diri anda bisa larut, keluar, atau diseimbangkan oleh energi musik keras tersebut.

Saya jadi teringat dengan pengalaman pribadi saya. Dulu ketika saya patah hati (cieee), wujud pelarian atas kekesalan saya ialah mendengarkan musik-musik keras. Dan anehnya, saya menjadi tenang kembali usai menyimak musik-musik cadas tersebut. Kekesalan saya sudah cukup terlampiaskan dengan mendengarkan musik rock/metal, tanpa saya harus merugikan orang lain.

jiwa musikKetika dalam kondisi kelelahan atau tegang, musik-musik ringan seperti klasik, pop, jazz, maupun slow rock bisa membuat pikiran dan tubuh saya menjadi rileks kembali.

Dalam kondisi tertentu, musik bahkan bisa membangkitkan semangat saya dalam mengarungi hidup ini. Saya yang sebelumnya terasa lemas atau kurang bergairah tiba-tiba bisa menjadi bersemangat kembali usai mendengarkan musik tertentu.

Kesimpulannya, musik memang bisa menyeimbangkan kondisi fisik, mental, dan psikis manusia.

Bagaimana menurut pengalaman anda? Senang sekali jika rekan-rekan sekalian mau berbagi soal pengaruh musik ini.


27 comments:

  • sayangnya saat ini saya kurang suka dengerin musik Mas, temanya pada sama semua soal percintaan...

    05 December, 2009 16:20

  • @ rudy azhar >> kan bisa dengerin musik-musik lawas atau musik manca yang nggak terlalu kita perhatiin liriknya? Toh, banyak juga kok lagu atau musik yang tidak menjual tema cinta. Kalo mau asyik, musik-musik instrumental mungkin sangat bagus untuk membantu memulihkan mood yang sedang buruk.

    05 December, 2009 16:33

  • Benar Mas Iskandar, music memang sangat bisa mempengaruhi mood, bukan hanya merubah dari mood yang buruk ke yang baik tetapi bisa juga sebalik.
    Kalau jenis music, mungkin ada kaitannya dengan usia, dulu senang House Music, Rock. Kalau sekarang senang mendengarkan lagu-lagu balada, keroncong atau rock balada.

    05 December, 2009 16:56

  • kadang musik juga bisa bikin semakin beringas bos

    05 December, 2009 17:11

  • @ aldy >> betul sekali mas. Musik juga bisa membuat mood menjadi jelek atau buruk. Itu juga sangat berkaitan dengan pengaruh energi/frekuensi yang dikandung oleh musik tersebut. Musik rock/cadas bisa saja membuat pendengarnya menjadi beringas. Namun di sisi lain, juga malah bisa membuat tenang atau lega. Tergantung kondisi sih.

    Saya pas awal kuliah dulunya sangat menyukai musik metal. Namun seiring pertambahan usia, sudah tidak segandrung dulu lagi mas.

    05 December, 2009 17:34

  • setuju mass
    kadang musik bikin aku malah tambah sedihhhh
    :(

    05 December, 2009 17:58

  • sepakat kang, dengan mendengarkan musik, saya juga merasa leboh fresh

    05 December, 2009 21:54

  • saya selalu berusaha menghindari musik cengeng, karena musik bekerja di bawah sadar. semakin doyan kita sama lagu cengeng, maka semakin cengenglah kita

    05 December, 2009 22:46

  • wah setuju tuh...
    apalagi kalo dengarin lagunya cela on cepen.
    wakakakaka....

    05 December, 2009 22:56

  • hmmm... semua apa yg di utarakan di atas adalah benar. Sayapun demikian, ketika sedang bekerja lalu dngr lagu dangdut, rasanya pengin cpt2 pulang aja. Tapi ketika ednger lagu2 west, semangat langsung meningkat, kerja jadi gak krasa

    05 December, 2009 23:04

  • kalo legi marah dengerin musik Punk atao Rock...
    makin beringas eeeuuuuyyy

    06 December, 2009 07:29

  • @ arifin >> setuju mas Arifin. Musik cengeng bisa mempengaruhi alam bawah sadar kita. Namun musik cengeng tidak selalu identik dengan tema percintaan saya kira.

    @ kangsugeng >> weleh-weleh, pengalamannya boleh juga tuh Kang..hehehe

    @ alvienrizki >> makin beringas saat dengerin aja kali. Belum tentu bisa berpengaruh pada tingkah laku kita sat bersosialisasi. Pengalaman saya, mendengarkan musik cadas malah bikin perasaan saya plong karena energi ngatif saya telah tersalurkan atau terserap oleh energi musik tsb.

    06 December, 2009 15:44

  • tapi saya lebih suka musik2 tertentu yang easy listening aja tapi bukan rock

    biar tenang bukan tambah kacau he he he

    06 December, 2009 15:55

  • @ IHSAN >> nggak selamanya musik rock itu bikin mood tambah kacau kalo menurut saya. Musik-musik cadas seperti underground malah asyik banget loh buat disimak. Kalo udah dapet feelnya, kita bisa masuk di alam kasunyatan yang hening. Nah, aneh ngak..:D

    06 December, 2009 16:05

  • setuju sekali, MAs .
    dulu waktu kita masih bayi, ketika menangis lalu digendong sambil ibu bersenandung, maka kita jadi tenang kembali.
    salam.

    07 December, 2009 07:58

  • salam mas is...ALfred catatanAlfred.com di sini^_^ hem...memang musik obat mujarab^_^
    kalah deh tuh obat-obatan....
    kalo lagi suntuk..saya biasanya denger instrumental classic...seperti Mozart....efeknya: hem relaxing

    truz kalo lagi 5L (letih loyo lesu lemah lemas), saya denger Bon Jovi ato europe ato Journey ato Soundtrack anime Jepang favorit saya whoa...Jreeng lagi dah biz itu

    salam mas^_^

    07 December, 2009 10:44

  • @ Belajar Bisnis Online >> tul banget tuh. Musik mozart atau klasik emang pas banget buat relaksasi. Kalo buat nambah semangat, musik rock, metal, underground, dan musik dugem kayaknya cocok banget deh. Musik Safri Duo juga bagus buat membangkitkan semangat.

    Thx berat nih bat sharingnya. Makin menguatkan argumen saya di atas ^_^

    07 December, 2009 13:18

  • setuju mas, sy juga suka mendengarkan musik saat suntuk, bisa mengembalikan kembali gairah dalam aktifitas .. paling sering sih musik hip hop yg energik ..

    07 December, 2009 14:39

  • wakh.. mas Is harus dateng nich di acara yg saya dkk buat nich. Cek infonya disini mas http://www.facebook.com/event.php?eid=178026718939&index=1 dan disini http://www.facebook.com/event.php?eid=209310756413&index=1

    07 December, 2009 19:30

  • @ hpnugroho >> wah, kita satu selera dong kalo gitu. Saya juga suka banget musik hiphop. Asyiknya banget tuh.

    @ eric >> wah, saya nggak punya akun facebook mas, jadi nggak bisa liat postingnya tuh.

    07 December, 2009 22:12

  • mas mau nanya... apakah seseorang yang suka mendengarkan music (bukan cuman dengar dan suka tapi mengerti makna dalam lagu) bisa kita bisa menilai wawasannya??

    08 December, 2009 03:21

  • @ suranegara >> pertanyaannya kurang jelas mas. Tapi orang yang mengerti makna lagu belum tentu wawasannya luas soal pengetahuan/pemahaman musik. Mengerti makna dalam lagu bisa diartikan sebatas mengerti makna lirik-liriknya. Belum tentu ia punya pengetahuan musik yang mendalam atau luas.

    08 December, 2009 12:17

  • buat saya, musik yang indah salah satu nya yaitu musik Klasik dan Hymn. musik yang dibuat dari zaman barok adalah musik yang mulia dan Agung tentang kebesaran Allah oleh J.S Bach dan Frederic Handel.
    Saya mo sharing dikit ttg lagu Messiah oleh G.F Handel dan lagu Matthew passion, musik yang indah menceritakan bagaimana Tuhan datang untuk menebus dosa.. (yg kupikir tema musik nya adalah kasih/cinta sejati, pengorbanan, bukan hanya cinta-cintaan sesama org). :)

    smoga saudara2 bisa mencoba mendengarkan lagu ini... bkn hanya buat mood-moodan aja lho. tetapi di ingatkan kembali (buat wawasan juga lho) ttg Penyaliban Tuhan dalam sejarah manusia 2000 tahun yg lalu dan keberdosaan manusia yg parah.

    thx.

    28 April, 2010 16:49

  • Betul gan, musik bisa buat mood kita ternetralisir.. prinsip saya gan "Rock Never Die", maju terus music rock Indonesia...

    01 March, 2011 10:51

  • sering-seringlah mendengar lagu yang bersemangat.
    blogger

    22 March, 2011 21:15

  • Menjual branded shoes secara online dengan harga lebih murah dari toko
    sepatu on line

    22 March, 2011 21:16

  • sama kaya aku kalo lagi kesel trus dengerin musik jadi ngerasa damai lagi deh hati aku, rasanya enak banget apalagi kalo dengerin lagu favorit

    02 February, 2013 10:07

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top