15 December 2009

15 December 2009

Tukeran Link, Masih Efektifkah dalam Mendongkrak Pagerank?

link buildingPada masanya, link exchange (tukeran link) pernah menjadi metode utama strategi link building. Anda menempatkan link ke website orang lain, dia memasang link di websitenya ke website anda. Sama-sama untung, sama-sama mendapatkan manfaat, benar? Salah besar!

Google dan mesin pencari lainnya memberikan nilai negatif terhadap mekanisme ini ketika mereka menyadari keberadaan ratusan link-farm, fasilitas otomastis yang dipasang di website dan secara instan membangun ribuan link exchange ke website-website lain yang menjadi pesertanya.

Dua alinea di atas bukan pernyataan pribadi saya, melainkan kutipan dari artikel 7 Kesalahan Link Building. Masalah kebenaran pernyataan tersebut, saya kembalikan pada pengalaman rekan-rekan sekalian. Bagaimana menurut anda?

Apakah anda termasuk yang hobi melakukan tukeran link? Jika ya, seberapa efektifkah pengaruhnya bagi peningkatan pagerank blog/web anda? Terutama terhadap kecepatan kenaikannya?

Saya sendiri tidak pernah melakukan pertukaran link atau mengajak tukeran link dengan blogger lain. Toh, ternyata pagerank blog ini bisa naik secara teratur dari 1 sampai 3 hingga saat ini.

Kalau anda melihat banyak link yang saya simpan di menu blogroll, itu bukan hasil praktek tukeran link, melainkan kebutuhan pribadi saya (agar lebih mudah mengetahui postingan terbaru dari blog-blog/web yang saya simpan linknya).

Backlink yang diperoleh blog ini kebanyakan berasal dari hasil saya blogwalking, postingan blog lain, menu blogroll blog lain, menu top komentator, situs iklan baris gratis, situs social-bookmarking, dan situs forum.

Jadi sama sekali tidak ada yang berasal dari hasil pertukaran link.

Beberapa blog yang saya ketahui mempraktekkan pertukaran link, ternyata kenaikan pageranknya cukup lambat. Dalam sekian bulan cuma berkutat di PR 1 atau 2. Padahal jika dilihat, daftar blogrollnya cukup banyak.

Kesimpulan saya, tukeran link bukan satu-satuya cara ampuh untuk menaikkan pagerank dalam waktu singkat. Yang terbaik tetaplah yang diperoleh secara alami dan wajar.

Bagaimana menurut Anda?

Source image : text.co.uk

22 comments:

  • sebenarnya menurut saya masih efektif asal yang menaruh link tersebut benar2 menaruhnya dihalaman yang berPR juga atau di HOME blog, kebanyakan yang saya perhatikan mereka mnempatkan link2 blogger di halaman posting khusus yang PR-nya N/A, ya tidak terlalu meningkatkan PR.

    tapi lama2 justru halaman yang berPR N/A tersebut kok malah dapat PR cukup tinggi ya? padahal kan link keluar paling banyak. tapi ga' tahu lah. soalnya saya sendiri banyak ngomen he he he

    15 December, 2009 18:26

  • betul, link exchange atawa tukeran link sebenarnya tidak disukai google karena termasuk dlm link scheme. sy sendiri update link tujuan utamanya bukan tukeran link tapi lebih kepada memudahkan jika mau BW.
    Link yg efektif adalah natural link dari blog lain yg berada didlm artikel, dgn demikian blog kita akan dinilai positif oleh google, demikian juga dgn social bookmark ...

    sorry klo kepanjangan ...

    15 December, 2009 18:27

  • tepat sekali
    makanya fitur tukar link pada blog saya saya hapus

    dan saya sudah tidak menerima tukar2 link lagi
    :)

    15 December, 2009 19:14

  • Saya juga nggak pernah ngajak tukeran link. Jadi kalo link saya ada di sini, itu bukan paksaan saya kan Mas? :lol:

    Soal PR, saya punya blog untuk test aja, tanpa pernah dipake blogwalking, postingannya copas, PRnya naik. Karena seluruh pengunjung datang dari SE, mungkin Google suka. CMIIW.

    15 December, 2009 20:00

  • mangtafff. saya setuju dengan pendapat njenengan kang

    15 December, 2009 21:20

  • Sy pernah mungkin bercerita bahwa saya mempunyai sebuah blog yang setelah saya install wp lalu saya 'tinggal pergi'. Isinya hanya Hello World dowang IS..
    Tapi selalu saya kasih 'asupan gizi' dengan komen2 diblog luar (meski kadang2) dengan PR tinggi. Begitu Major Google Update kemaren, dia dapat PR 3.
    Sejauh ini diblog utama hanya saya isi dengan link teman2 yang ikut kontese seo, sm spt yang IS lakukan.. Thank you for your support during this.
    Your rock man :D

    16 December, 2009 02:56

  • Betul mas is,tukaran link bukan satu2nya untuk meningkatkan pege rank.Masih banyak cara yaitu,update blog, konten, dan pengelolahan link blog

    16 December, 2009 04:43

  • Secara prinsip saya memiliki pandangan yang sama dengan Mas Iskandar, link yan saya pasang di blog awalnya memang bertujuan agar saya bisa mengunjungi blog-blog yang lain.
    Dampak pasti dari pertukaran link malah bisa menurunkan Page Rank, contohnya blog Mas Fatihsyuhud.
    Out Of Topic :
    Boleh sharing mas, saya tertarik dengan blogroll-nya mas Is, karena disertai dengan update konten. Bisa di implementasikan pada Wordpress juga ? pake plugins. Thanks.

    16 December, 2009 07:04

  • saya pribadi mengajak "tukeran link" sebagai sarana pengingat saja kok... selain beberapa orang yang saya favorit dan saya taruh di "feed reader" mungkin beberapa orang ada yang terlewatkan... jadi saya ajak aja tukeran link..
    kalo tukeran link untuk naekin PR sih ngga ada pengaruhnya emang... mending cari yang one way link... pake review ato apa ajalah... two way udah ngga masuk itungan naekin PR :)
    jadi intinya kalo saya pribadi tukeran link cuman sebagai "sarana pengingat aja" + "berkenalan dengan orang2 baru" dan selalu saya ingat... kadang soalnya orang yang blogwalking ketempat kita ngga dateng lagi sie... maw buka comment2 yang lama juga males.. palingan comment terbaru.. nah itu baru de liat link2 yang dituker2 itu deh :) Thats my opinion :D

    16 December, 2009 07:46

  • Ya memang bukan satu-satunya cara tetapi salah satu cara. Jd sah-sah saja melakukan tukeran Link lepas dari apakah menaikkan Page Rank atau tidak sebab banyak cara lain juga yang bisa mempengaruhi page rank.

    16 December, 2009 13:40

  • @ aldy >> saya kurang tahu juga ya mas mengenai apakah bisa diimplementasikan di WP dengan self-hosting. Setahu saya, setiap layanan blog punya menu update RSS feed. Tapi kalo di WP, mungkin letaknya cuma di menu dashboard saat login yach. Nggak tau juga sih mas.

    @ yang lain >> makasih banyak buat tambahan pendapatnya. Semuanya sangat berarti dalam menambah wawasan kita semua mengenai pengaruh tukeran link terhadap PR. Ada yang mau nambahin lagi?

    16 December, 2009 16:16

  • kalau saya niatan tukeran link biar blog saya populer aja dimana-mana Mas, tidak bermaksud untuk meningkatkan PR. Saya udah cukup pusing mikirin PR dan SEO Mas, seng penting kredibilitas kita untuk meningkatkan konversi tentunya.
    Ngapain lagi PR tinggi tapi tidak menghasilkan konversi seperti yang kita harapkan..

    Dan saya juga tidak asal dalam tukeran link, saya menekankan pada topik yang sama dan blog yang selalu ter-update, jadi tidak semuanya diterima gitu lo...

    17 December, 2009 00:07

  • jadi apa ya mas yg jadi indikiasi bisa naikkan PR?

    17 December, 2009 08:57

  • @ rudy azhar >> hmm, ternyata niat tukeran link tidak selalu demi menaikkan pagerank ya Bang. Betul kata Bang Rudy. Buat apa PR tinggi tapi tidak menghasilkan konversi atau tidak mampu menarik returning-visitors. Makasih buat pendapatnya Bang.

    Tony >> kalo pengalaman saya, PR bisa naik jika kita banyak memposting sesuatu yang unik (sehingga banyak dibacklink), rutin update (walau tidak harus tiap hari), banyak memperoleh backlink satu arah, sering memperoleh kunjungan dari mesin pencari (walau ini tidak menjamin), memperoleh backlink dari situs social-bookmarking, dan yang terpenting dari semuanya ialah selalu berusaha untuk memposting konten yang berkualitas. Itu dulu mas.

    17 December, 2009 14:51

  • Bagaimana menilai suatu link berkualitas atau tidak? Cara jitu dan mudah dalam membangun link building yg betul2 berguna, seperti apa ya sob?

    17 December, 2009 19:53

  • kalau ditanya, maka jujur jawaban saya adalah nggak tahu.
    karena pernah baru 1 bulan saya ngeblog, PR saya sudah 4, nggak tahu kenapa.
    lalu tiba2 bulan ke-3 menjadi 0 tembem, dan setelahnya sampai sekarang jadi 4 lagi.
    apa dan kenapanya, saya nggak ngerti dan nggak tahu.
    salam.

    17 December, 2009 20:22

  • kayaknya komentar di blog2 dofollow ber-pr tinggi lebih efektif

    17 December, 2009 21:11

  • @ Kaos Anak >> suatu link berkualitas jika terletak di dalam postingan dan menggunakan anchor teks yang relevan. Makin bagus jika link tsb. terletak dalam postingan yang pagerank halamannya cukup bagus/tinggi.

    Kalo cara mudah dan jitu dalam membangun link sebenarnya nggak ada mas. Semua butuh proses dan waktu. Cara terbaik menurut hemat saya ialah dengan berusaha memberi suntikan backlink pada postingan yang hendak dioptimasi lewat postingan2 lawas atau terbaru kita (dengan variasi anchor teks). Cara lain bisa dengan blogwalking (berkomentar) di blog2 do follow dengan link berupa postingan yang hendak dioptimasi dan anchor teksnya juga harus sesuai judul postingan tsb. Tapi cara ini beresiko dianggap SPAM..hehehe

    Cara terbaik ialah lewat natural backlink. So, tidak ada jalan lain kecuali terus berupaya menulis konten yang unik dan berkualitas, sehingga berpotensi untuk memperoleh banyak backlink dari blog/web lain.

    @ bundadontworry >> wah, saya juga bingung kalo gitu Bun. Anggap saja hadiah dari paman google berkat ketekunan dan ketulusan Bunda dalam mengupdate blog :-)

    @ bule >> ada benarnya Sob. Itu juga sangat efektif.

    18 December, 2009 10:28

  • hmm tuker link a,, dulu sering banget
    sekarang kalau ada yang mau ngajak tuker link aja
    sekarang lebih seneng mencari backlink diluaran sana

    19 December, 2009 08:22

  • saya setuju sekali dengan artikel anda. Tapi kadang tukeran link membantu dalam hal moril juga lho.

    come to Blog Bisnis

    23 December, 2009 15:05

  • wah berarti percuma ya mas kalo tukeran link dengan blog yang pageranknya rendah? mungkinharus rajin update blog dengan keyword yang pas jika pengen punya pagerank tinggi kali ya...tentunya rajin blog walking juga biar tambah temen... salut mas artikelnya...Tks...

    andriy's last blog post..Catatan Dahlan Iskan, CEO PT. PLN (Persero)

    19 September, 2010 07:59

  • That is quite a perfect way to spread information about link exchange.You have picked up the good way..Link exchanging is one of the important activity.Anyway keep posting such useful material so that we all could get better information..Keep it up
    sticker printing

    15 November, 2010 12:36

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top