01 January 2010

01 January 2010

3 Bentuk Kekeliruan dalam Membidik Keyword Musiman dan Solusinya

keyword musimanMemanfaatkan momentum peristiwa hangat menjadi bahan postingan blog memang tidak ada salahnya. Terlebih jika niche (tema blog) yang kita miliki sejalan dengan tema peristiwa aktual tersebut. Atau topiknya memang kita sukai. Peluang mendulang trafik dari mesin pencari pun menjadi cukup terbuka.

Namun cukup banyak blogger yang saya amati ‘kurang keatif’ dalam memanfaatkan momentum ini. Contoh konkret ialah momen meninggalnya tokoh besar tertentu. Sebut saja kasus meninggalnya Michael Jackson, Mbah Surip, dan yang paling gres saat ini Gus Dur.

Apa saja bentuk ‘kekurang-kreatifan’ sebagian blogger dalam memanfaatkan momentum tersebut?


1. Menulis judul yang terlalu general (umum).


Contoh : Michael Jackson Meninggal Dunia, Mbah Surip Meninggal, dan Gus Dur Wafat. Kelemahan judul-judul model begini adalah sangat mudah ditebak isinya, kurang menarik, terlalu informatif, kurang unik, dan terlalu pasaran kalau menurut istilah saya. Termasuk pula judul seperti Selamat Jalan Gus Dur.

Judul yang terlalu umum seperti itu sudah hampir pasti banyak digunakan para penembak keyword. Jika anda masih ngotot menggunakan judul model begitu, sama saja anda harus bersaing dengan sekian banyak blogger/webmaster lainnya (yang menggunakan judul sama). Ini membuat kompetisi di mesin pencari menjadi sangat ketat. Peluang postingan anda tampil di halaman pertama akan sangat kecil. Pesaing utama tentu saja PORTAL BERITA!

Sisanya, anda harus bersaing ketat pula dengan sesama blogger, terutama yang sudah sangat berpengalaman dalam urusan tembak-menembak keyword.

Lagipula, judul-judul model begitu menurut saya sangat kecil kemungkinannya digunakan para pencari informasi via search-engine. Berkaitan dengan kasus kematian seorang tokoh, orang umumnya akan lebih cenderung mencari informasi mengenai penyebab kematian, biografi, kisah hidup, riwayat hidup, masa kecil, masa remaja, prestasi semasa hidup, dan segala tetek-bengek yang berkaitan dengan sang tokoh.

Jika ia sudah tahu sang tokoh meninggal dunia, buat apa ia menggunakan keyword berupa (misalnya) Michael Jackson meninggal dunia, Mbah Surip Meninggal, atau Gus Dur Wafat. Hayoo… bener nggak?

2. Isi posting yang terlalu seadanya.


Maksud seadanya di sini yaitu sekadar memberitakan bahwa ada peristiwa begini yang terjadi pada waktu ini, plus sedikit tambahan mengenai penyebabnya. Ingat, untuk hal-hal begini, situs PORTAL BERITA biasanya selalu lebih menguasai SERP pada hasil indeks search engine !

Isi posting yang terlalu seadanya semakin menambah kesan pasaran pada artikel yang anda posting. Daripada sekedar memberitakan ada peristiwa ini, terjadi pada saat ini, dan penyebabnya begini (plus ucapan turut berduka cita), lebih baik anda buat ulasan/opini mengenai objek yang sedang hangat tersebut.

Untuk poin ini, ada satu postingan yang patut diacungi jempol, yaitu Gus Dur, Sang Pluralis Itu Telah Tiada (ditulis oleh mas Alfred). Postingan itu berupa opini pribadi sang penulis tentang sosok seorang Abdurahman Wahid.

Contoh lain yaitu pandangan pribadi saya mengenai sosok MJ dalam artikel berjudul Seorang Michael Jackson di Mata Saya. Tak disangka, postingan ini ternyata banyak menuai klik/kunjungan dari mesin pencari google (selama beberapa minggu usai kematian MJ).

3. Isi posting yang ternyata cuma berupa hasil copas dari situs portal.


Ini mengesankan kurangnya kreativitas menulis dan kurangnya menghargai kemampuan diri sendiri dalam menulis.

Isi posting yang ternyata cuma hasil copas dari situs portal berita hampir bisa dipastikan akan kalah bersaing di search engine (dalam hal SERP). Terkecuali anda membuat judul yang berbeda (sedikit unik). Konten original umumnya akan lebih bagus posisinya dalam SERP, terlebih jika diposting oleh situs portal berita. Jadi, sia-sialah upaya anda menjiplak judul maupun konten portal berita demi memperoleh trafik dari mesin pencari.

Jika rekan-rekan pernah merasa mempraktekkan salah satu atau bahkan 3 hal di atas (demi mendulang trafik musiman dari mesin pencari), saya yakin banyak yang kecewa. Dalam arti, hasil yang diharapkan ternyata nihil (tidak banyak terjadi kunjungan dari search engine semenjak memposting konten hangat tersebut). Bahkan mungkin sama sekali tidak ada kunjungan! (tidak ada klik dari search engine pada postingan tsb).




Lalu, apa solusinya biar bisa menguasai search engine dan bahkan mengalahkan portal berita? Gimana biar bisa mengalahkan sesama blogger dalam membidik keyword musiman?


Akan cukup panjang jadinya kalau saya paparkan di sini. Lebih baik rekan-rekan segera meluncur ke 4 postingan berikut ini :


Empat postingan di atas saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi ketika sukses memanfaatkan momentum peristiwa hangat musiman. Jadi anda tidak perlu khawatir akan efektivitasnya.

Selamat mencoba.

38 comments:

  • saya memang tidak jago dalam urusan menembak keyword apalagi yang musiman Mas, dan lagi masih ada beberapa artikel saya yang masih copas.
    tujuannya sih memang tidak untuk meningkatkan trafik tetapi lebih karena tulisan tersebut sangat bermanfaat bagi saya dan saya ingin membagi keteman-teman dengan apa adanya, saya juga dengan legowo membarikan linkback ke artikel aslinya.
    Sampai saat ini PR blog saya aja masih 0 tapi tidak mengapa ngeblok hanya mengungkapkan apa yang ingin saya bagikan aja kok...

    01 January, 2010 18:17

  • @ rudy azhar :
    Semoga bukan karena frustrasi ya Bang..hehehe. Saya juga ada yang ngopas kok, tapi cuma sebagian. Selebihnya saya rekomendasikan untuk mengunjungi artikel aslinya lewat link yang saya sertakan. Itu lebih baik menurut saya ketimbang mengopas secara utuh.

    01 January, 2010 18:43

  • Terima kasih Mas Iskandaria sudah berkunjung ke blog saya dan meninggalkan komentar... Salam kenal kembali...

    Untuk sekarang ini saya belum bisa bikin artikel musiman yg lagi hangat dibicarakan oleh blogger lain, blog saya hanya seputar personal diri saya aja... Mungkin kedepannya tips ini bisa diterapkan...

    Selamat tahun baru 2010 buat Mas Iskandaria dan keluarga, semoga saja semuanya akan lebih baik dari tahun2 sebelumnya...

    01 January, 2010 19:36

  • Terima kasih artikel ini sudah mengingatkan Mas. Saya sendiri kadang terlalu seadanya karena mungkin terlalu terbawa dunia offline yang tidak mempertimbangkan SE.
    Salam hangat selalu :)

    01 January, 2010 21:09

  • welhah! saya merasa agak tersindir karena mbikin tulisan dengan judul selamat jalan gus dur. tapi saya memang ndak berniat memanfaatkan momen, tulisan itu murni karena saya termasuk pengagum beliau dan kebetulan di masa lalu saya punya pengalaman yang berkaitan dengan salah satu statement beliau. tapi tetep, untuk urusan SEO sampeyan jago! :D

    01 January, 2010 21:28

  • saya masih belum familiar dengan urusan nembak menembak keyword, apalagi yg bersifat musiman, lebih sering kalah sebelum berperang karena melihat persaingan, jadi tidak pernah berusaha ikutan masuk kedalamnya ..
    masalah copas, masih sy lakukan hanya terbatas pada kutipan-kutipan dengan menyebutkan sumbernya tentu saja, sebagai bahan referensi pembaca yg ingin mendapatkan informasi lebih lanjut lagi ..

    01 January, 2010 22:28

  • wah mangtafff.
    sekali lagi dapat pencerahan dari panjenengan kang

    01 January, 2010 22:58

  • iyah,saya juga selalu kejebak :) thanks infonya sangat bermanfaat.oh ya mau nambahin kalo judul harus sesuai dengan isi :) max 10 persen dan minimal 1 % dari keyword :) met ahun baru
    let's make a friendship :)

    from :putra site

    02 January, 2010 00:55

  • nembak keywords joko lebih afdol kayaknya hehehe... apalagi harga ibuk nya tambah mahal

    02 January, 2010 06:32

  • Terus terang Mas IS..artikel postingan terbaru tentang tokoh alm. GusDur, didapat juga dari ide tulisan mas Iskandaria ini. Bagaimana menurut penilaian Mas..apakah sudah memenuhi kriteria SEO. Silakan dicek. Mohon kritik dan koreksinya.
    TERIMAKASIH telah berkenan Berbagi kata Bersama...

    02 January, 2010 11:33

  • Sebagai seorang pemula tentunya hal inilah yang sangat sulit tapi dengan adanya artikel ini bisa dijadikan sebuah rujukan untuk lebih baik dalam membidik keyword.

    02 January, 2010 12:27

  • makasih infonya mas... dapat rujukan unt nembak keyword. Btw mhn dukungannya di sesi terakhir kontes seo kartu-pulsaku.com solusi bisnis online Anda. txs

    02 January, 2010 13:07

  • kadang saya harus memilih, milih SEO atau idealisme seorang penulis.

    jelas saya milih yg ke 2

    02 January, 2010 18:04

  • @ Rusa Bawean :
    Kalo buat saya, idealisme emang penting banget. Tapi saya ambil jalan tengah saja. bagaimana agar tulisan saya tetap bisa mengundang trafik dari mesin pencari dan dikemas sealami mungkin demi kenyamanan dan kepuasan pembaca.

    02 January, 2010 18:16

  • Senada dengan mas cas, belum berminat untuk bikin content musiman atau up to date. Prefer ke personality ajah n mancing view dengan rajin2 blogwalking. tapi jujur, terkadang perlu banget lho tips2 ini ...

    02 January, 2010 19:21

  • minta ijin mas, link postingan ini saya taruh di group facebook, kommunitas blogger indonesia
    supaya bisa jadi inspirasi bagi para pemula termasuk saya

    13 January, 2010 20:43

  • @ dwi :
    Wah, silakan mas. Makasih banyak ya kalo gitu. Semoga bisa sedikit bermanfaat deh.

    13 January, 2010 20:46

  • Terimakasih atas tips nya mas. Berguna bagi saya yang newbie dng blog

    05 February, 2010 09:14

  • wah jd tambah ilmu nih mampir di tempat sobat yang master..semoga sukses sllu..ditunggu komen baliknya..salam dari aljazair..

    17 June, 2010 04:39

  • Point Nomor tiga Copas juga bisa berada di puncak lho... tergantung bagaimana dia menganalisis :)

    13 November, 2010 10:49

  • bagus sekali tipsnya kawan.... ntar wat praktek kalo ada berita yang hot banget kek peterporn kemaren... hehe.. sangat menambah wawasan bagi saya yang belom pernah nembak kiwod musiman.. masih asal ngeblog sekarang.... :D

    18 November, 2010 12:14

  • Keyword musiman yang momennya sekali saja seperti peristiwa kematian seseorang memang tak akan terulang lagi. Kalau saya samasekali tak tertarik untuk menulis artikel yang seperti itu karena betul seperti kata Mas Is, persaingannya terlalu ketat. Saya kalau disuruh memilih masih mending nulis yang musiman tapi tetap berulang terus setiap tahun. Contoh, misal posting tentang tema perlunya berqurban akan tetap berulang setiap tahun dan punya peluang mendatangkan pengunjung dari SE saat-saat akan menjelang Idhul Qurban. Dan saya sudah membuktikannya itu di blog saya.

    28 November, 2010 09:44

  • @Joko Sutarto,

    Wah, makasih sudah menyempatkan membaca tulisan lawas saya di atas. Saya tidak mengira akan dikomentari. Padahal maksud saya cuma sebagai referensi pelengkap tulisan PAk Joko saja.

    Tambahan Pak Joko menarik juga untuk diterapkan. Saya setuju. Intinya memang harus jeli dalam menentukan topik tulisan yang sekiranya akan lebih lama masa berlakunya. Makasih PAk.

    29 November, 2010 02:29

  • Wah..nice post mas, coba langsung meluncur ke 4 point.

    23 January, 2011 12:23

  • Makasih banyak dengan postingan ini,saya jadi lebih mengerti langkah-langkah untuk menembak keywords musiman...terus terang saja selama ini belum pernah saya memanfaatkan suatu momentum kejadian dengan keywords...kedepannya akan saya coba..sekali lagi terima kasih

    16 May, 2011 22:11

  • WAW ternyata selama ini saya banyak salah dalam membuat postingan :) makasih gan tipsnya

    09 June, 2011 11:30

  • hmmm, jadi susah0susah gampang ya kalau milih kata kunci, nice info.

    13 June, 2011 09:20

  • bagi yang tercurangi/ copas janganlah bersedih.
    jika ada dari diri anda di sukai orang lain apakah bukan dari tujuan anda, untuk di ketahui publik.
    jika tidak berkenan di copas. jangan di publikasikan dong...

    selamat berkarya, sukses menantimu.
    sang pemberi ilmu harapan kita semua.

    03 September, 2011 01:26

  • I m happy to visit your blog. I got lots of information the which i search. Thanks a lot.

    12 September, 2011 22:57

  • misal kita udah bikin judul...GUS DUR DI MATA SAYA....misal udah ketemu judul yg top markotop dah...lalu utk KW yg ditembak apa kalo mw di SEO in////

    GUS DUR AJA KAH//

    09 January, 2012 22:39

  • Tambahan Pak Joko menarik juga untuk diterapkan. Saya setuju. Intinya memang harus jeli dalam menentukan topik tulisan yang sekiranya akan lebih lama masa berlakunya.

    08 March, 2012 13:02

  • makasih gan utk tipsnya, saya akan memperbaiki posting saya sesuai tutorial in..he.heee..

    12 March, 2012 19:33

  • terima kasih banyak mas atas ilmunya yang telah dibagikan. ini sangat bermanfaat untuk newbie seperti saya...

    10 April, 2012 18:46

  • klo menurut saya, copas itu wajar-wajar saja. asal mentautkan link artikel aslinya. kan sama ajah mempromosikan artikelnya

    24 November, 2012 00:29

  • share yang sangat bermanfaat..
    thx

    24 November, 2012 00:30

  • I am not really know how useful the keywords on our blog but here i useful information about it, please dot forget visit my blog here Online Travel Agencies

    08 November, 2013 17:24

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top