09 January 2010

09 January 2010

4 Penyanyi Solo Pria Indonesia dengan Teknik Vokal Terbaik

Tidak banyak penyanyi solo pria Indonesia yang punya kemampuan olah vokal bagus/mumpuni. Rata-rata saya amati terkesan cuma menjual karakter suara mereka, yang (memang) bisa dibilang cukup khas. Betul sekali, teknik vokal yang bagus belum menjamin bahwa sang penyanyi tersebut akan sukses dan disukai para pendengar.

Banyak kasus membuktikan bahwa para penyanyi dengan kualitas olah vokal yang prima (punya teknik vokal bagus) ternyata sulit sekali untuk bisa menembus dunia industri musik rekaman. Alih-alih bisa survive di panggung hiburan Indonesia.

Penyanyi dengan kemampuan olah vokal yang baik pun biasanya belum tentu bisa dengan mudah dikenali dan diingat karakter suaranya. Para pendengar (penikmat musik) umumnya cenderung lebih mudah mengenali penyanyi yang dinilainya punya warna suara cukup unik. Alm.Chrisye, Iwan Fals, dan Ebiet G.Ade adalah contoh nyata deretan solois pria Indonesia yang tak lekang oleh zaman (berkat kekuatan dan keunikan suara mereka).

Namun bukan berarti bahwa karakter suara adalah segalanya dalam dunia musik komersil. Penyanyi dengan kemampuan olah vokal dan teknik vibrasi yang baik tetap punya peluang bagus untuk bisa menembus industri musik rekaman dan bahkan bisa survive dalam jangka panjang.


Lalu, siapa sajakah penyanyi solo pria Indonesia yang saya nilai punya teknik vokal terbaik?



yana-julio

1. YANA JULIO.


Coba simak penggalan komentar berikut ini pada artikel tentang 18 Penyanyi Pria Indonesia Bersuara Paling Khas.



klo saya probadi krn suka pop, lbh cenderung ke personil elfa`s singers, yana julio. yana julio terkenal dgn vokal yg soft, bervibrasi (sulit lho mengeluarkan vibra kyk yana julio) n sering berimprovisasi.

Yups. Saya sangat setuju dengan komentar di atas. Bagi saya, Yana Julio adalah salah satu penyanyi solo pria Indonesia yang punya kemampuan olah vokal terbaik. Teknik vibrasinya lembut dan enak didengar. Pengaturan dinamikanya pun pas (tidak berlebihan). Suaranya juga cukup khas. Pemberian feelnya pun bagus. Pokoknya lagu-lagu yang dinyanyikannya akan terasa enak deh.

Lagunya yang paling saya sukai yaitu Selamanya Cinta. Sudah pernah dengar? Pokoknya bagus banget deh.

Karakter suara Yana Julio memang sangat pas untuk lagu-lagu pop yang bernuansa romantis. Walau saat ini Yana Julio sudah jarang tampil, ia tetap layak dianggap sebagai yang terbaik untuk kategori solois pop pria Indonesia.

Grup Elfa Singer’s memang tidak keliru memilihnya menjadi salah satu vokalis. Saat bersolo karir pun, Yana Julio terbukti bisa sukses. Tahun 90-an bisa dibilang sebagai era kesuksesan karir Yana Julio sebagai penyanyi solo.

Profil lengkap Yana julio bisa dibaca di sini, di sini, atau di sini.


hedi-yunus

2. HEDI YUNUS.


Penyanyi bertampang ‘baby-face’ ini bisa dibilang sebagai salah satu ‘nyawa’ grup musik Kahitna (selain Yovie Widianto). Tanpa Hedi Yunus sebagai salah satu vokalis utama, mungkin Kahitna akan kehilangan daya pikatnya.

Sebagai penggemar (fans berat) Kahitna, saya melihat Hedi Yunus punya kemampuan olah vokal yang sangat bagus untuk jalur musik pop. Tak jauh beda dengan Yana Julio, Hedi punya teknik vibrasi yang lembut, pas dan tidak berlebihan mengumbarnya saat bernyanyi. Ia juga punya kemampuan mengatur dinamika emosi dan vibrasi suaranya. Ia pun selalu bernyanyi dengan feel yang baik, sehingga lagu-lagu Kahitna terasa punya ruh saat disimak secara seksama.

Saat bersolo karir pun, Hedi tergolong sangat sukses. Tak heran, sebab ia sudah punya basic olah vokal yang bagus. Cewek-cewek yang sedang kasmaran pasti merasa sangat nyambung ketika mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Hedi Yunus. Tak menutup kemungkinan pula bagi cowok


tompi

3. TOMPI.


Spesialisasinya mungkin di jalur musik jazz. Namun ternyata ia juga jago dalam menyanyikan lagu pop. Bahkan lagu-lagu yang agak ngerock. Yang jelas, Tompi adalah salah satu solois pria terbaik Indonesia yang punya kemampuan olah vokal LUAR BIASA. Teknik vibrasinya oke banget. Improvisasi jago. Pengaturan dinamika feel saat bernyanyi juga mantap.

Basicnya yang berasal dari musik jazz memang mau tak mau menuntut kemampuan/teknik vokal yang prima. Tak hanya mengandalkan teknik vibrasi yang yahud, Tompi juga punya cara bernyanyi dan karakter suara yang sangat khas. Tak heran jika ia masih bisa survive hingga saat ini.


vidi-aldiano

4. VIDI ALDIANO.


Muncul paling buncit (belakangan) dari 3 penyanyi di atas, Vidi langsung menggebrak lewat hits lawas Nuansa Bening. Di saat sulitnya menemukan penyanyi solo pop Indonesia yang punya teknik vokal bagus, Vidi pun hadir mengisi kekosongan.

Di usianya yang masih belia (belum genap 20), Vidi sudah punya kemampuan olah vokal yang lumayan. Yang menonjol dari cara bernyanyinya ialah TEKNIK VIBRASI yang dominan. Selengkapnya pendapat saya mengenai Vidi bisa anda simak lebih lanjut di artikel Afgan vs Vidi Aldiano vs Derby Romero.




Oke. Empat nama penyanyi solo di atas murni saya dasarkan atas pertimbangan kemampuan olah vokal. Dalam hal ini yaitu teknik vibrasi. Unsur lain seperti keunikan karakter suara tidak begitu saya jadikan tolok ukur. Empat solois di atas ialah mereka yang benar-benar mengutamakan kemampuan olah vokal.

Nah, menurut anda sendiri bagaimana? Siapa yang anda anggap sebagai solois pria terbaik Indonesia, khususnya dari sisi olah vokal?

65 comments:

  • satang yaa
    Ari Lasso gak masukkk


    :)

    09 January, 2010 18:43

  • Kalau saya lebih tertarik dengan Tompi
    suaranya mempunyai ciri khas tersendiri...

    09 January, 2010 20:30

  • saya suka Kang Hedi, tapi nggak begitu ngerti tentang vokal. Saya suka lagu-lagunya saja..

    09 January, 2010 20:43

  • entah kenapa saya suka Tompi, walaupun kurang suka dengan irama Jazz, tapi suaranya khas ...

    09 January, 2010 21:24

  • lah, aku malah lebih suka Ari Lasso

    09 January, 2010 23:14

  • Yang familiar cuman sama Tompi dan Vidi Aldiano... :D

    10 January, 2010 08:32

  • kalo penyanyi bandnya siapa aja menurut mas ?

    si giring termasuk gak ?

    11 January, 2010 01:58

  • @ Khalid Abdullah :
    Kalo penyanyi band sih banyak banget yang punya teknik vokal bagus. Tapi kebanyakan sih lebih mengandalkan KARAKTER SUARA ketimbang teknik vokal. Kalo Giring Nidji masuk sih. Teknik vokalnya tergolong bagus buat saya.

    11 January, 2010 12:50

  • Afghan saya kira saat ini adalah yang terbaik.

    12 January, 2010 12:39

  • @ Surya :
    Kalo Afgan menurut saya lebih mengandalkan karakter suara dan pemberian feel. Kalo teknik vokalnya biasa aja sih menurut saya.

    13 January, 2010 11:16

  • @ Rusa Bawean :
    Ari Lasso lebih mengandalkan karakter suaranya Mas. Jadi bukan teknik vokal :) Ulasan saya di atas khusus buat penyanyi yang murni mengandalkan teknik vokal aja.

    13 January, 2010 11:17

  • bunda suka suara Heidi Yunus nya Kahitna juga chrisye,
    krn punya ciri khas, tanpa melihatpun, sudah tahu kalau mereka yg bernyanyi.
    salam.

    13 January, 2010 15:58

  • dua dari urutan paling atas adalah penyanyi favorit aq mas, terutama mas yana yulio.

    16 January, 2010 09:01

  • Tompiiii...suaranya keren bgt ^_^

    16 April, 2010 18:47

  • aril petepan aj khas,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,mntapzz..............

    21 April, 2010 02:02

  • Ari Lasso patut diperhitungkan juga gan. Once juga. banyak penyanyi keren ya di Indonesia

    14 May, 2010 20:14

  • NGARANG BGT.. MASA VIDI??
    YA JAUHLAH KALO VIDI DIBANDINGIN AMA AFGAN,, KEBANTING BGT,, AFGAN TEKNIK VOCAL NYA UDH STD. INTERNASIONAL,, KALO VIDI MASH KEBANJIRAN VIBRA, JD SERING FALSE, KADANG2 NGAMBANG APALAGI KALO LIVE, TP KALO AFGAN LIVE NYA POWERFULL, PITCH CONTROL BAGUS, FALSETTO BERSIH, range vocal nya lebar, gw prnh bawain lagu afgan yg bkn cinta bysa wktu festival gw turunin dr nada dsr afgan D ke C msh ttp aj ribet, tp dya nyanyiin live dgn nda D nyante2 aj, kalo dgr suara vidi kaya denger baling2 diatas bukit..
    aneh2 aja,,
    seharusnya yg msk kriteria tu, AFGAN,ARI LASSO, ONCE, GLEN F, AMA TOMPI,,

    (AFGAN VS. VIDI VS. DERBY ????) juri nya hrsnya bersihin kuping dlu,, hahahahaha

    23 May, 2010 01:24

  • @ Anonim : kalo penyanyi yang kamu sebutin itu kayaknya lebih ngandalin karakter vokal. Tolong dibedain antara KARAKTER dengan TEKNIK.

    Nah, penyanyi yang saya ulas di atas lebih mengandalkan teknik ketimbang karakter. Jelas kan bedanya?

    Once kok dibilang punya teknik vokal bagus sih. Apa nggak salah tuh? Once itu cuma ngandalin karakter suaranya aja. Sama halnya dengan Ari Lasso.

    23 May, 2010 02:19

  • haha...mas ini gimana sih???
    Semua pnyanyi punya karakter suara msing2.
    mungkin ada yg niru atau sebagainya, ga tau lah saya.
    tapi yg pasti kalo penilaian teknik vokal menurut saya, memang Afgan lah yg pantas mendapat gelar master solo di indonesia. ga ada yg bisa nyamain teknik vokalnya afgan. gue ja nyanyi lagu afgan ampe kelepekan. sulit bisa nyanyi lagu afgan, klo ga pake teknik vokal yg handal.
    klo karakter suara mah bnyak. temen gue karakter vokalnya mirip afgan banget, tapi wktu disuruh nyanyi lgu afgan, kelepekan ga kuat..., nah berarti si afgan ini punya teknik tersendiri dalam pengolahan vokalnya. so penilaian anda ini tidak objektif, atau mungkin anda iri sama afgan yah??? hehe pis lah...

    04 June, 2010 23:57

  • @ rizky : hehehe. Makasih banyak buat tambahan dan koreksinya. Saya masih harus teliti lagi nih dalam mereview. Saya nggak iri dengan afgan kok. Tapi saya setuju dengan pendapat kamu di atas. Piss lah kalau begitu ^_^

    05 June, 2010 06:39

  • masaaa vidi masuukkk
    mendingan gw lah,,,,

    19 October, 2010 22:04

  • hedi yunus???? tau vocal gak seh loe???
    kenal ama hengki supit?ari lasso? itu br vocalis.

    07 November, 2010 21:56

  • dasarnya ndak jelas..jelas2 yang menyabet penghargaan afghan kok ndak masuk..wah ngawur..

    29 November, 2010 23:11

  • Permasalahan dasarnya salah, karena hampir semua penyanyi papan atas Indonesia pasti punya teknik vokal yang bagus. Kalau tidak pasti sudah tersungkur jauh hari sebelum manggung atau menuai lemparan sandal dari penonton. Tentang siapa yang paling bagus, tentu saja sangat subyektif. Bagi kita yang suka keindahan suara, sebagian besar menyukai lagu bagus tanpa peduli siapa penyanyinya. Asal bagus, mengena di hati, kita suka. ya nggak?

    30 November, 2010 17:23

  • ia bener banget kita emang biasanya lebih ngutamain lagu yang bagus dan enak didenger.,.,karena lagu yang enak itu senjata utama sang musisi buat eksis di blantika musik buat masalah tehnik vokal itu kalo buat pendengar yg sekedar nikmatin musik mungkin asal nada nya ga fals aja.,jga uda cukup..tpi kalo bwat pendengar yang emang ngerti musik mungkin ia ada selera yang lebih subjektif lagi.,,
    tapi ia yang penting ma sih kita bisa nikmatin musik yang bener bener enak didenger dan bikin nyaman buat hati kita..,

    10 December, 2010 18:29

  • wah bisa2 mariah carey, celine dion and whitney.H. gak masuk kategori teknik vocal yang baik. karena mengandalkan karakter.... bisa jadi andin yang menang dalam kategori ini......

    25 December, 2010 22:40

  • tolong jelasin dong antara teknik dan karakter menurut mas?

    25 December, 2010 22:42

  • menurut saya....penyanyi indonesia solois pria yang bagus ya itu harvey malaiholo....kalau lainnya memang mengandalkan ciri khas tapi nyanyinya pakai suara tenggorokan....coba mereka disuruh nyanyi 2 jam pasti serak dan tenggorokan sakit ...apalagi dengar mereka nyanyi nada tinggi aduhhhhhh kita yang dengar ikut ngeri......

    01 March, 2011 00:07

  • para penyanyi yang berasal dari pendidikan...
    pastilah tehniknya diatas normal para penyanyi yang aji mumpung

    10 March, 2011 20:24

  • Mnrut sya harvei malaiholo,afgan,tompi

    19 April, 2011 23:24

  • ya vidi aldiano donk...

    keren suara nya,,

    trus suara nya sangat OK...

    tpai kok AFGAn gk ada ?

    16 June, 2011 09:06

  • saya lebih suka sama tompi dan vidi

    23 June, 2011 09:48

  • yg lebih bagus adalah tompi donk,,
    suara nya itu lho,,
    haha

    23 June, 2011 09:49

  • setuju banget vidi penyanyi yang berkualitas. vidi memiliki vibra dan teknik vokal yang sangat bagus. nyanyi lagu apapun enak bnget di dnger. that's my opinion.

    26 June, 2011 21:35

  • penyanyi didikan elfa secioria : kang hedi yunus, yana julio, vidi aldiano memang top top banget dan mereka memiliki suara yang luar biasa. sangat sangat sependapat dengan artikel di atas.

    26 June, 2011 21:46

  • Glenn sama Tompi koq...?
    the best sing....?

    16 August, 2011 19:19

  • Kalau menurut gue sih yang paling bagus adalah Glenn Fredly sama Tompi koq....?
    Karena suara yang khas banget koq,badingkan penyanyi yang lain..apalagi Afgan ama Vidi yang suaranya cuman pas-pasan koq....?
    Mungkin juri yang salah masukan penyanyi yang kurang berkualitas...apalagi kalau saingan ama penyanyi luar negeri,mungkin indonesia kalah karena nga ada glenn ama tompi dan sandy sandoro....?

    16 August, 2011 19:27

  • haha...hmmm, ane jd makin bertanya2... dan smakin bingung akan komen2 agan skalian..
    seru dah

    07 September, 2011 12:49

  • FAHMI: MENURUT SAYA VOKAL ONCE DAN ARI LASSO JUGA TERMASUK YANG TERBAIK DARI BANYAK NYA PENYANYI DI INDONESI.

    12 September, 2011 18:47

  • aku juga stuju
    dengan komentar kalau afgan emang salah satu vocalist terbaik DI indonesia, bahkan dunia mungkin
    bawain lagu dgn karakter dia PUYENGG DEH
    imPROVISASI nya, teknik vokal nya "WOW"
    kontrol : FITCH, TIMBRE, CRESCENDO, Tenor, Bas
    kren beneeeeeeeeeerrrrr

    16 October, 2011 07:10

  • Keindahan suara tidak bisa diukur, tergantung selera masing-masing. teknik vokal yg berlebihan jg malah lagu yg dinyanyikan ga enak didengar. yg sesuai ajalah sama lagu dan karakter suaranya.
    saya ga ngerti teknik2an gitu. Kalo penyanyi cowok saya paling suka Vidi, tapi kalau suaranya saya ngefans sama Tompi. Hehe.... Suaranya itu loh, mantaaap!

    04 November, 2011 01:05

  • wah bagus banget nih situsnya :D
    artikelnya juga bagus loh :D

    14 November, 2011 15:53

  • hampir sebagaian besar ku suka suaranya,..

    23 November, 2011 19:19

  • apa yang di maksud dengan vocal solo tsb...???

    25 November, 2011 20:56

  • entah mengapa saya sangat senang dengan teknik vokal k will dari korea
    kayaknya gak sama dengan musisi indo
    untuk data yang di atas
    saya setuju
    tapi lebih baik ditambahkan judikan dan afgan

    -vitri-
    maaf saya gak punya akun2 untuk komen sebagai seseorang

    06 January, 2012 17:42

  • Selamanya Cinta,,
    Pengen deh punya suara kayak mereka...
    Nih bru namanya penyanyi,, gak asall...

    09 January, 2012 01:09

  • Ngarang banget ne yg buat...masa Vidi Masuk peringkat suara sampah gtu..
    apa lagi Afgan klo masuk lebih sampah lagi..

    Ni yg Bener
    -> Glenn Fredly
    -> Once
    -> Ari lasoo
    -> Tompi

    15 February, 2012 02:11

  • menurut saya yg terbaik semy simorangkir

    27 May, 2012 22:49

  • aku suka sama tompi dengan lagu, gaya dan cara dia menyanyi itu asyik banget

    29 September, 2012 16:20

  • Menurut saya sih Rio Febrian.

    02 November, 2012 05:03

  • Judika dan Sammy juga termasuk ya kayanya.. hehehehe..

    27 November, 2012 09:16

  • hedi yunuuss masuuukk? homo gitu, teknik dan karakter pas pasan bangett...

    13 December, 2012 19:09

  • ARI LASSO, ONCE, JUDIKA, FIRMAN BAGUS N KHAS SUARANYA... KOK GAK MASUK

    14 January, 2013 08:49

  • aku suka sama tompi, suka juga sama lagunya.. :D

    02 February, 2013 09:49

  • daripada bedebat... i vote 4 DIDI KEMPOT

    14 March, 2013 11:32

  • Yang bilang Afgan jelek...ck ck ck..

    15 March, 2013 01:23

  • @iskandaria ga setuju klo once dibilang ga pake teknik.. Vidi? Yg bener aja? Menurut ane head voice nya masih kelas pemula...

    26 December, 2013 10:15






  • Saya SAHRANI dr mataram ingin berbagi cerita but teman2 baik cewek atau cowok,bahwa dulunya sy
    jatuh cinta sm seorang ccowok ganteng.tapi dia tdk perna menerima cinta sy,mungkin karna sy
    kurang cantik dan miskin,org tua sy hanya seorang petani,sedangkan org tuanya seorang pedagang,
    malah dia pernah bilang bahwa kamu tdk pantas jd istriku,kamu hanya nak petani,miskin,jelek.
    suatu hari teman sy nelihat di internet,ada seseorang bisa membntu dgn jampi-jampi peletnya,
    namanya MBAH SUGEL,sy mencoba telp.beliau minta pertolongan beliaupun bersedia menolong sy
    setelah 3 hari beliau lakukan,Allhamdulillah dia mualai mencari sy.saat itu sy suruh teman
    bilang ke dia bahwa SAHRANI mau ke surabaya cari kerjaan.setelah dia dengar langsung datangi
    sy di rumah minta maaf sm sy dan org tua sy.sat itu sy akan melihat keampuhan jampi pelet
    MBAH SUGEL,sy pura2 tetap mau pergi dia menangis dan berlutut di depanku dan berjanji akan
    melamar secepatnya.akhirnya kami menikah dgn baik.sekarang sy sudah hamil 2 bulan....bua
    tema2 yg ada msalah dalam bercinta,cowok atau cewek,suami selingku,kawin lagi,istri selingku,
    segera hub.MBAH SUGEL.di nmr;085 340 790 799.beliau pasti membantu.jampi pelet beliau betul2
    ampuh,sy sudah melihat buktinya...terima kasih,semoga bermampaat.

    16 March, 2014 07:07

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top