16 January 2010

16 January 2010

Di Balik Kemenangan Saya pada Kontes Motivasi Menulis Blogger Indonesia

kontes-menulisSenang bercampur agak sedikit kaget. Begitulah kira-kira gambaran perasaan saya ketika mengetahui bahwa nama dan judul artikel saya masuk urutan nomor 2 (pada pengumuman pemenang kontes motivasi menulis blogger Indonesia - yang diselenggarakan oleh www.indonesiamenulis.com)

Hadiahnya bagi sebagian rekan-rekan mungkin tidak begitu seberapa, yaitu uang tunai sebesar Rp 150.000 + Domain.Com + hosting 150 MB selama 1 tahun + 1 buah Flash Disk 4 GB. Tapi buat saya lumayanlah untuk mengganti biaya internetan selama sebulanan. Kebetulan pula saya memang sedang butuh flashdisk yang berkapasitas lebih besar. Untung saya belum beli

Lalu yang agak bikin bingung yaitu mau saya apakan nantinya hadiah domain dan hosting gratisnya. Sebab saya sebenarnya masih ingin fokus ngeblog di blogspot ini. Khawatirnya nanti malah membuat blog ini terbengkalai. Bukan apa-apa. Blog ini (walaupun masih gratisan) boleh dibilang dengan susah payah saya bangun dan kembangkan selama setahun.

Harap maklum saja, itu karena saya mengutamakan konten orisinil (yang umumnya dengan perjuangan empat lima untuk menyelesaikannya). Kalaupun ada konten copas di blog ini, persentasenya amat sangat kecil. Itu pun bukan copas secara utuh, melainkan sebagian dan tetap saya cantumkan backlink ke sumber aslinya.

Dari pengunjung harian yang cuma belasan, hingga di atas seratus per hari pada saat ini. Dari yang pageranknya nol, hingga jadi 2 (sebelumnya 3) saat ini. Dari alexa rank jutaan, hingga 100 ribuan sekarang ini. Saya tidak ingin ‘menghancurkannya’ begitu saja dengan beralih ke self-hosting dengan nama domain sendiri.

Ok. Mungkin itu cuma urusan bagaimana mengatur waktu dan membagi fokus ya.

Masalahnya, saya masih bingung mau diisi dengan konten (niche) apa nantinya blog baru saya yang ber-self hosting tersebut. Minat dan penguasaan saya saat ini cuma bertumpu pada niche entertainment dan blogging. Kebetulan sudah saya jadikan satu pada blogspot ini. Tidak mungkin rasanya untuk niche pada blog baru nanti saya mengambil pangsa pasar (niche) blog kafe28 ini.

Mungkin ada masukan dari rekan-rekan?

Ssttt… Tapi saya sebenarnya sudah menyiapkan nama domain untuk blog baru saya kelak. Namanya agak mirip dengan nama subdomain blogspot ini. Bedanya tidak menggunakan angka 28 lagi. Sebab banyak yang menyarankan agar nama domain tidak mengandung angka. Sebenarnya saya masih pengen mempertahankan angka keramat 28 tersebut untuk blog baru nanti

Toh, umur saya di bulan Januari 2010 ini juga genap 28..hehe

Tapi demi pertimbangan kemudahan mengingat bagi visitor dan nilai jualnya di masa depan, saya harus memilih nama domain yang simpel dan mudah dilafalkan. Tentunya tetap bercitarasa Indonesia.

Jadi apa nama domain pilihan saya? Rahasia dulu ya.

Komentar atau masukan rekan-rekan tetap saya harapkan, yaitu mengenai apa sebaiknya niche yang harus saya pilih untuk blog baru nanti.

Source image : www.conceptschools.org

35 comments:

  • selamat ya menang???
    bagi2 donk uangnnya...

    16 January, 2010 10:06

  • masih jadi perdebatan "emosional" mengenai gratisan dan berbayar. tergantung tujuan dan pembentukan image yang ingin di capai sebenarnya.

    saya setuju kalau di katakan 'mengutamakan konten'. semoga hal itu bisa di pertahankan mas!

    16 January, 2010 11:20

  • Buat saja blog lagi mas.Yang blogspot tetap aja jalan.

    16 January, 2010 11:26

  • Menurut saya, coba buat blog Adsense yang berbahasa Inggris Mas.
    Sambil nyari dolar, juga ngetes kemampuan dengan para bule.

    Untuk nichenya, tergantung yang Mas Is sukai. Bila ingin CPC tinggi, bisa memilih topik seperti credit cards, mortgage, web hosting, golf, dan sebagainya.

    16 January, 2010 12:35

  • sebelum membuat situs baru.. utamkan cari dulu tema untuk situs baru-nya nanti apa

    16 January, 2010 12:50

  • Selamat untuk kontesnya.

    Domain barunya dipakai aja. Yang ini tetap jalan. Yang baru bisa untuk wordpress dan pelbagai trik blog orisinil lain terkait wordpress sesuai niche. Pasti beda rasanya di wordpress. :)

    16 January, 2010 13:11

  • Waw, Selamat ya Mas.., Tulisan Mas Is memang layak mendapatkan penghargaan menurut saya.

    Mengenai hadiah Domain dan Hostingnya saya ngga bisa bantu, Soalnya bingung juga nih..! hehe

    Usulan Kang Yudiono mungkin bisa dipertimbangkan..!

    16 January, 2010 14:08

  • bauat blog dengan niche SEO atu apalah ayng alin, bukan entertainment bos

    sekalian nyelam ke ilmu yang lain

    blog baru saya juga saya khususkan ke bisnis dan SEO he he he kebanyakan ikut kontes malah domain terlantar

    16 January, 2010 16:10

  • yap..bener bgt ktanya om ihsan..,kalo usulan buat mas iskandaria bikin blog niche seo aja..apalagi blog-blog seo kini lagi banyak peminatnya..cuma usulan sih..tapi semuanya kembali ke kata hati :D

    16 January, 2010 17:59

  • 1. selamat ya mas Iskandaria

    2. ntar hostingnya di wordpress aja

    3. hususkan aja entertainment mas, soalnya terlalu jauh kalo entertainmentnya dikelompokkan dengan tips bloging.

    gimana kalo ntar loncingnya barengan dengan blog niche film aku mas...

    soalnya liburan semester ini mau garap blog baru dengan niche film

    16 January, 2010 18:17

  • @ fadly muin :
    Wah, saya dapet masukan berharga nih dari Mas Fadly. Bener juga pendapat Mas. Semua tergantung pada image yang ingin dibentuk. Hosting berbayar dan gratisan juga punya kelebihan plus kelemahan masing-masing. Thx ya buat masukannya.

    @ Kang Yudiono :
    Sarannya mungkin masih agak berat untuk saya realisasikan Kang. Saya jujur saja masih lebih suka menulis konten berbahasa INdonesia. Di samping lebih nyaman, kemampuan menulis bahasa Inggris saya juga masih sangat lemah (alasan klasik yach)..hehe

    @ rio2000 :
    Setuju Sob. Ini yang masih membingungkan saya.

    @ Dani :
    Masukannya bagus Pak. Saya tampung yach. Makasih banyak.

    @ Gen :
    Makasih buat apresiasinya Mas. Agak berat rasanya kalo saya harus mengikuti saran Kang Yudiono :)

    @ IHSAN :
    Wah, ide bagus tuh Sob! Saya rasanya belakangan ini sangat tertarik dengan SEO. Pengalaman juga udah ada sih, jadi bisa dijadikan bahan posting tentang SEO untuk pembaca. Thx ya buat idenya. Masih ditampung dulu sih ^_^

    @ Belajar SEO Blogspot :
    Idenya saya sambut dengan baik Gan. Blog SEO emang punya banyak peminat karena ilmu SEO wajib dipelajari oleh semua blogger yang ingin mengembangkan blognya. Lahan bagus juga tuh.

    @ Rusa Bawean :
    Wah, mau launching blog khusus review film yach. Bagus banget tuh. Saya dukung deh Mas, sebab Mas Ibnu memang sangat berbakat untuk menjadi kritikus film yang baik. Sarannya saya tampung dulu yach. Thx berat aja deh. Liat perkembangan nanti.

    16 January, 2010 20:21

  • wah selamat yah 1 kerja keras yang membuahkan hasil

    16 January, 2010 22:00

  • Selamat mas, oya kebetulan link blog mas aku temukan di blog sobatku di kutak-ketik, hehehe.
    saya juga pernah koq ngalamin hal sama kyk mas, tp antra domain blogspot dan co.cc(yg gratisan), tpi saya bingung, kalo pake co.cc, postingn lama bru diindex oleh google, jadi saya beralih lgi ke domain blogspot . kan intinya disini, gmn blog bisa banyak pengunjung dalam hal ini, postingn kita di baca oleh banyak orng. seterusnya saya juga masih kurang paham masalah domain2 gitu, kan bisanya kalo ganti domain PR ato semacamnya langsung drop. trus apa yahh?? pokoknya kalo mas sanggup kelola 22nya yach ga masalah. sukses yach. oya, mas pernah comment kan mengenai lihat pr per posting, silahkan kunjungi ini http://icalcell.blogspot.com/2010/01/add-ons-mozilla-search-status-pagerank.html
    mungkin bisa membantu. Lam kenal

    17 January, 2010 03:33

  • Ngeblog in English aja Mas... Kan lumayan tuh buat making money... Hehehe...

    17 January, 2010 04:43

  • niche nya tentang menulis saja tentang tips dan bagaimana mencari hal-hal baru dalam tulis menulis yang jarang diungkapkan oleh para blogger

    17 January, 2010 05:28

  • Aha! Congrats mr. Is :)) ga heran si akang menang.. tulisannya emang MaknYusss

    17 January, 2010 10:24

  • selamat mas ...
    kalau saya sependapat dengan 'Rusa Bawean' , lebih dikhususkan ke entertaint.
    sy yakin dengan niche seputar entertaint akan terasa mudah buat mas Is, karena sudah terbukti di blog ini ...

    17 January, 2010 11:07

  • Sebelumnya selamat ms Iskandaria atas kemenangannya, semoga tetep menang dikontes1 lainnya.

    17 January, 2010 13:17

  • Usul ms, memang kalo mnrt ilmu SEO yg sy pelajari, mencantumkan angka dinama domain kita tidak bagus. Bahkan kalo usul pake nama domain 2 atau 3 kata. Pernah ada riset google, searching 2 kata 35% dan 3 kata 30%. Selebihnya dibawah angka diatas.

    17 January, 2010 13:22

  • Bener Mas, cobain di WP, domain barunya. Trus, jadi penasaran juga angka 28, tanggal lahirkah?


    Soal mengatur dan membagi waktu, saya sarankan sih, untuk domain yang satunya lagi, nichenya nggak terlalu sempit, dan lebih ringan. Artinya, meski harus nulis artikel sendiri, otak tidak terlalu dipusingkan dengan segala hal terkait bahan dan referensi.


    Selamat ya...

    17 January, 2010 16:41

  • sekarang pakai wordpress aja hehe kan udah bisa bikin konten orisinil dan menarik pasti dengan wordpress pengunjung mudah didapat :)

    17 January, 2010 18:19

  • Kenapa gak bangun blog baru dengan di redirect aja mas...alamt blog gratisan ininya... tapi sayang juga sich PR nya...

    tapi demi branding dan profesionalitas...pindah aja mas...

    khan gak selamanya mau gratisan khan mas??


    temanya tetep yang ini aja mas... entertainment... SUdah bagus dan enak dibaca kok mas...

    17 January, 2010 19:21

  • Waa keren..selamat ya...
    Ternyata blog ini penuh perjuangan ya, beda banget dengan blog saya yang mungkin 50 persen lebih copas(Tapi tetap nyantumin sumber..hehe)..

    Untuk blog barunya sepertinya sudah banyak saran diatas...
    Sukses terus ngeblognya..

    17 January, 2010 19:33

  • selamet sobat. sekarang lg ada kontes seo ikutan gak neh??

    Oya, untuk Google Site, sobat bisa lihat di postingan ini

    17 January, 2010 23:25

  • @ semuanya :
    Makasih banyak ya buat masukan-masukannya. Semua masukan sangat bagus but saya. Tapi jujur aja, saya masih BINGUNG BANGET menentukan topik blog baru nanti ^_^ Padahal blognya udah jadi.

    Buat MBak Isnuansa, angka 28 itu angka keberuntungan saya. Bukan angka lahir sih. Saya lahirnya tanggal 7 kok.

    18 January, 2010 12:50

  • Mas Iskandar, kalau saya sih berpendapat kafe28 sudah menjadi trademark Mas Iskandar, dan saya sependapat dengan mas Dhani. Dan kalau kontent pertimbangan, kenapa tidak migrasi data saja Mas ? dengan domain kafe28.com ?

    19 January, 2010 23:58

  • @ aldy :
    Migrasi data maksudnya memindahkan semua konten blog ini ke blog WP nanti ya mas? Boleh juga sih idenya. Tapi rada makan waktu dan energi kayaknya. Soal nama domain, saya milih kafegue.com aja mas. Lebih simpel dan mudah dilafalkan. Nggak papa deh ninggalin trade-mark.

    20 January, 2010 20:21

  • SELAMAT MAS ISK^_^

    sedikit saran, kalo pake wordpress, bisa koq blog ini diimport seutuhnya full,artikel dari kafe28 blogspot ini plus komen2nya...
    dashboard wp menyediakan fasilitas itu mas...

    mantab^_^

    21 January, 2010 10:12

  • oia, seandainya, dah pindah...kalau perlu bantuan, pasti tak tolongin deh^_^
    ingat selamatannya mas hihi
    salam mas isk

    21 January, 2010 10:15

  • Wah, jadi salah satu pemenang ya, Kang?
    Selamat deh. Hadiah uang tunai sebesar Rp 150.000 + Domain.Com + hosting 150 MB selama 1 tahun + 1 buah Flash Disk 4 GB kok dibilang tidak seberapa sih? Itu banyak banget lho... :D

    21 January, 2010 10:29

  • @ alfred :
    Wah, ternyata bisa dimigrasi gitu ya mas. Akan saya pertimbangkan deh kalo gitu. Nanti saya kabarin kalo butuh bantuan Mas Alfred. Thx berat ya mas buat tawarannya.

    @ Bung Eko :
    Iya Mas, pemenang kedua tepatnya. Iya juga sih kalo ditotal nominalnya. Jadi gede juga ya..hehehe

    21 January, 2010 11:30

  • selamat..!! sukses selalu ya, dengan blognya...

    23 January, 2010 15:30

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top