15 January 2010

15 January 2010

Fenomena Menjamurnya Blog Bisnis Online

blog-bisnisDua tahun belakangan ini boleh saya katakan sebagai era bangkitnya internet marketing di dunia online Indonesia. Tren ke depan sepertinya masih akan tetap cerah dan bergairah. Fenomena ini pun diikuti dengan semakin menjamurnya blog yang ‘menamakan dirinya’ sebagai blog bisnis online.

Ya, blog bisnis online ! Saya rasa sebagian pembaca sudah sangat familiar dengan 3 kata itu. Di tengah maraknya kemunculan blog yang konon isinya fokus membahas segala hal tentang bisnis di dunia maya itu, ternyata lebih banyak yang dikelola dengan konsep seadanya. Lagi-lagi seleksi alam yang akhirnya berbicara (menentukan).

Saya yakin, motivasi utama sebagian blogger yang membuat blog tersebut ialah demi memperoleh keuntungan dari berbagai link affiliasi yang diselipkan. Termasuk (mungkin) dari banner-banner yang dipasang. Hasilnya? Sepertinya lebih banyak yang gagal!

Bagaimana mau sukses jika kredibilitas si pemilik blog belum terbangun dengan kuat. Bagaimana mau sukses kalau ilmu bisnis online yang didapat cuma hasil membaca ebook yang mereka beli. Bagaimana mau sukses pula jika tips-tips yang diberikan ternyata cuma hasil pemikiran penulis ebook yang mereka baca. Tidak ada atau sangat minim unsur pengalaman pribadi dan hasil pendalaman fenomena yang dilakukan oleh diri sendiri.

Hasil yang diperoleh adalah TULISAN KERING TANPA RUH. Tanpa pengayaan pengalaman pribadi. Dan seringkali cuma berupa tulisan penuh retorika atau wacana yang mengambang (kurang konkret dan kurang membumi). Atau bisa jadi malah cuma berupa promo melulu (tanpa pernah memberikan tips-tips praktis yang dibutuhkan pengunjung)

Itu pula yang dulu tidak saya sadari. Akhirnya sebuah blog bisnis online yang saya buat pun tidak bertahan lama. Tumbang dan harus mengakui kenyataan bahwa tidak ada yang instan di dalam bisnis online. Semua harus dibangun lewat kredibilitas dan branding image yang konsisten. Dan itu butuh waktu yang tidak singkat.

Saya tidak ingin mengecilkan harapan rekan-rekan yang saat ini masih tetap bersemangat membangun dan mengembangkan blog bisnis onlinenya.

Namun pesan saya, tidak perlu memaksakan diri untuk memilih niche blog tentang bisnis online atau internet marketing. Terutama jika pengalaman anda di bidang tersebut masih sangat minim. Kalau pun masih tetap ingin membangun dan mengembangkan blog tentang bisnis online, anda harus punya konsep/perencanaan yang matang dan kuat.

Saran praktis


Blog bisnis online anda tersebut harus punya sesuatu yang UNIK. Jika tidak, bersiaplah untuk mengalami kekecewaan. Jika anda belum punya nama atau masih bau kencur dalam dunia marketing online, lebih baik optimalkan teknik SEO pada berbagai konten blog anda. Jika belum mampu, konsistenlah untuk terus MEMBERI dan MEMBERI. Terus berikan konten yang memang benar-benar bermanfaat atau dibutuhkan pengunjung pada niche yang anda targetkan tersebut.

Atau mungkin akan lebih baik lagi jika anda mulai dulu ngeblog dengan niche atau topik-topik yang memang anda minati (plus kuasai dengan baik). Setelah brand dan kredibilitas anda mulai terbentuk dengan kuat, barulah anda melebarkan sayap ke niche bisnis online.

Itu lebih bijak ketimbang langsung memaksakan diri pada niche yang belum begitu anda kuasai.

Semoga ulasan ini sedikit bermanfaat dan memberikan inspirasi.
Silakan berkomentar jika ada pendapat yang hendak dilontarkan.

24 comments:

  • yup
    setuju

    dan aku sama sekali gak maksa untuk masuk ke dunia itu

    aku masih blog ngeblog yg lebih pada latihan menulis

    hehe
    :)

    15 January, 2010 14:05

  • Haha, daripada bikin blog tentang bisnis online, mendingan pasang iklan aja... Hasilnya lumayan buat nambah uang makan. Pendapatan sebulan bisa cukup untuk makan sehari... hihihi...

    ulasannya mantap Mas Is.. Salut deh..!

    15 January, 2010 16:26

  • Bener mas, dalam bisnis online memang tidak ada yang instan, perlu mendalami dan merasakan pengalaman dalam bisnis online.

    15 January, 2010 16:53

  • Akur deh dengan penjelasan Mas Iskandaria..

    15 January, 2010 21:57

  • wah aku baru sadar alias baru tau..
    buat aku sih nge blog cuma buat tempat curhat, dan kadang ada masukan buat aku ontropeksi.. blog jadi bisnis? aku ngga ngerti caranya.. hehe
    mendingan nulis biasa aja deh.

    15 January, 2010 23:34

  • This comment has been removed by the author.

    This comment has been removed by the author.
  • Terima kasih atas kunjungannya Mas Iskandaria, ternyata di sini enak juga buat nongkrong. Ya gitu lah, blogging juga UUD mas, Ujung2nya Duit. Karena blogging sendiri butuh duit...Btw, nice post!

    16 January, 2010 00:52

  • Yap bener sekali bos, karena dunia bisnis online syarat dengan persaingan, mending kita belajar ngeblog dulu yang benar untuk mempersiapkan segala sesuatunya terutama mental kita dalam menghadapi persaingan bisnis di dunia maya

    16 January, 2010 08:58

  • Salut buat postingannya mas.Bagaiamana harus bertempur kalau medan perang saja belum diketahui

    16 January, 2010 11:21

  • Sepakat dengan tulisan di atas.
    Sekadar menambahkan, kata Darren Rowse, Yaro Starak, Daniel Scocco, dan DoshDosh, mencari uang lewat blogging jauh lebih mudah jika si blogger bersangkutan sudah memiliki kredibilitas dan otoritas di nichenya.

    Meminjam istilah Tung Desem Waringin, pada kondisi ini, uang yang mengejar kita, bukan kita yang mengejar uang.

    16 January, 2010 12:45

  • @ Kang Yudiono :
    Kesimpulannya pas banget Kang. Oleh sebab itulah kita perlu membangun dan membentuk kredibilitas dahulu. JIka sudah terbangun dan terbentuk dengan kuat, maka langkah untuk selanjutnya akan lebih mudah.

    16 January, 2010 20:42

  • Saya setuju dengan yang disampaikan disini... Sip! Sebaiknya jangan memaksakan diri jika tidak (paling tidak) menyukai niche yang bersangkutan. Coz akibatnya bisa fatal. :D

    17 January, 2010 04:46

  • memberi dan memberi sampai mendapatkan kredibilitas bisa disebut sebagai inti dari aktivitas ngeblog, mendapatkan sesuatu adalah efek sampingnya ...
    hanya ada sebagian yg lupa hal ini (termasuk saya ...hehehe ) jadi memaksakan diri masuk kedalam bisnis tanpa punya pegangan yang jelas ..

    17 January, 2010 13:48

  • wedewwwww..... bisa dimarahin dengan blog bisnis online yang baru bangkit nich...

    tapi emang bener sich... terutama yang baru-baru... kebanyakan nawarin bisnis afiliasinya

    17 January, 2010 19:19

  • SEPAKAT...

    Makanya saya hanya ngeblog biasa..
    Blogging for hobby..hehe

    17 January, 2010 19:36

  • wew...
    saya termasuk nih...masih kurang pengalaman, jadi yah isi blognya gado-gado, ga melulu tentang bisnis online, walaupun judulnya belajar bisnis online...yang penting NGEBLOG FOR SHARE and ENJOY AJA ^_^
    salam mas isk

    21 January, 2010 09:40

  • Amat sangat setuju kredibilitas dan branding image yang konsisten memang sangat menentukan dalam dunia bisnis, meski mungkin diantara kita ada yang "lucky" namun itu mungkin 1 dari 1000 orang.

    21 January, 2010 11:23

  • memang banyak sih, situs bisnis online sekarang. tapi yang mengkhawatirkan adalah, blog bisnis spamming yang masih banyak berkeliaran...

    23 January, 2010 15:36

  • nambah semangat mas tulisannya..
    banyak sekali ternyata hal teknis yang harus dikuasai sebelum terjun di bisnis online ya mas
    makasih sharingnya

    18 May, 2010 22:44

  • tulisan yang cerdas mas. Makanya saya lebih memilih untuk menulis wisdom bisnis online, dibandingkan promosi. Sebab itu justru yang memotivasi kita senantiasa untuk konsisten berbisnis.

    21 May, 2010 10:29

  • sukses adalah pemberian. berilah yang dibutuhkan orang lewat blog kita, maka orang akan memberi kesuksesan untuk kita :)

    01 November, 2010 20:55

  • ya, munkin itu juga yang saya rasakan saat ini,mohon bimbingnnya,,kepengen buat bisnis Ol, tai kunjungan blog belum maksimal, apalagi masih mengginakan domain free,seperti Wp, masih perlu proses ya mas,

    29 May, 2011 13:05

  • gagal dengan blog bisnis online karena pada umumnya bog diciptakan dg dasar banyaknya permintaan atas topik tertentu dan bukan berkaca dari bidang apa yang dikuasai. jadi kontennya pun juga tidak bermutu karena tidak memberikan solusi bagi usernya, akibatnya sepi pengunjung dan tujuan tidak tercapai.

    26 October, 2011 16:46

  • Memang sekarang cari kerjaan juga makin susah, bisnis online adalah solusi untuk mendapatkan uang tapi ya harus kerja keras juga.

    06 December, 2015 12:19

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top