06 January 2010

06 January 2010

Page View Per Visit | Studi Kasus dan Cara Meningkatkannya

Dalam artikel saya tentang 7 cara meningkatkan page view blog, salah satu poin yang saya rekomendasikan adalah memperbanyak menulis postingan untuk satu jenis topik. Artinya, lebih baik blog anda cuma punya 1-3 topik utama, tapi untuk setiap topiknya anda punya banyak stok artikel, daripada topiknya beraneka-ragam, namun ternyata untuk setiap topik cuma berisi satu artikel

Blog ini sendiri (menurut data sitemeter) punya average page views per visit sebesar 2.0 (ini berdasarkan data sitemeter pada 5 Januari 2010, pukul 23.42 Wib). Coba simak screenshoot berikut ini yang saya ambil tadi malam.



>> KLIK DI SINI untuk melihat data terbaru.

Artinya, 100 % pengunjung blog ini membuka 2 halaman setiap kali berkunjung. Untuk ukuran saya sudah lumayan sih. Ini kabar gembira buat saya. Sebab sebelumnya page view per visit blog ini cuma berkisar 1.7 – 1.9 saja. Sedangkan average length per visit-nya cuma 3 menitan. Jadi sekarang ada sedikit peningkatan.

Apa yang telah saya lakukan untuk meningkatkan page view per visit blog ini?


  • Saya berusaha fokus memposting artikel sesuai dengan niche blog ini, yaitu topik seputar dunia entertain dan blogging. Itu saya lakukan secara berselang-seling, walaupun tidak selalu teratur urutannya.

  • Saya berusaha memposting sebanyak mungkin artikel numbering, artikel yang berupa penjabaran poin-poin sesuai judul. Buktinya, artikel model begini cukup banyak mengundang klik dari para pengunjung.

  • Saya memasang menu Recommended Post yang berisi daftar postingan pilar blog ini (pada menu Artikel Musik dan Selebriti serta Tips Blogging Pilihan). Dua menu tersebut saya tempatkan pada sidebar blog ini. Keberadaannya pun saya kira cukup mudah untuk ditemukan pengunjung. Isinya pun banyak berupa artikel numbering.

  • Saya berusaha menyelipkan anchor-text berisi link postingan lama saya pada postingan-postingan baru. Dan sebaliknya pula (menyisipkan anchor-text postingan baru pada postingan lama). Dalam hal ini saya usahakan bersifat satu arah.

  • Saya memposting artikel khusus berupa daftar postingan terpopuler blog ini dalam jangka waktu tertentu. Contohnya pada artikel 10 Postingan Terpopuler Blog kafe28 di Bulan Desember 2009. Walaupun cara ini baru saya lakukan, ternyata cukup efektif dalam meningkatkan page view per visit blog ini.




STUDI KASUS dari blog gen22.blogspot.com dalam hal cara meningkatkan page view per visit


Coba simak screenshoot dari blog gen22 berikut ini.



Coba amati data Average Visit Length (11:15) dan Average Page View Per Visit (5.0). Wow… FANTASTIS dan LUAR BIASA bukan?

Average Visit Length = Rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pengunjung dalam setiap kunjungannya ke sebuah blog/website.

Average Page View Per Visit = Rata-rata page view yang terjadi dalam setiap kunjungan ke sebuah blog/website.


Pertanyaannya, mengapa blog gen22.blogspot.com bisa punya daya tarik dan daya ikat yang luar biasa bagi para pengunjungnya?


  • Blog tersebut tergolong niche blog yang kontennya fokus pada CERITA CINTA dan KEHIDUPAN REMAJA. Artikel-artikelnya seputar cerita cinta, cerita remaja, kehidupan remaja, tips-trik seputar percintaan, tips pacaran, survey cinta, puisi cinta, puisi kehidupan, dan dunia remaja secara umum.

  • Blog tersebut punya banyak postingan pilar yang mudah ditemukan lewat adanya menu Related Post (pada setiap akhir posting) dan Recommended Post (pada sidebar). Jumlah postingan pilarnya tergolong luar biasa. Semua dikemas dengan judul yang menarik, padat berisi, dan cukup informatif.

Dua poin tersebut saja sudah lebih dari cukup untuk membuat para pengunjung blognya lebih lama mampir dan lebih banyak membuka postingan-postingannya. Semakin banyak artikel yang dibuka/dibaca, maka semakin lama pula waktu berkunjung setiap visitor.

Jadi, Average Page View Per Visit berbanding lurus dengan Average Visit Length.

Nah, bagaimana dengan blog anda sendiri?

23 comments:

  • Weh, saya musti belajar teori2 yg kayak begitu ya...

    06 January, 2010 22:39

  • melihat 2 data diatas, kalau boleh mengambil kesimpulan, besarnya pages/visit juga ditentukan oleh genre target usia dan isi postingan.
    blog gen22, yang isinya cerita seputar remaja tentu menarik minat para remaja demikian pula dengan postingan entertaiment, berbeda dgn posting tentang blogging, mayoritas yg baca adalah blogger dan umumnya sering berkunjung, jadi selalu update akan isi blog.
    oleh karena itu mereka cuma baca 1 artikel dan langsung keluar, ya .. karena artikel lain sudah dibaca ..

    ini cuma analisa sy lho mas, terlepas dari itu semua, ada 2 point diatas yg belum sy lakukan, yaitu membuat artikel numeric dan most popular .. mungkin kedepan sy akan coba 2 hal tersebut, terima kasih sudah share ..

    07 January, 2010 01:16

  • Statistik yang bagus mas..

    Tips diatas sangat berguna bagi pengunjung yang baru saja mampir ke blog kita. JIka kesan kesan pertama langsung tertarik, tentunya mereka yang baru berkunjung merasa penasaran akan isi blog kita dan ujung2nya buka 1 per 1 postingan yang ada.

    (harus rajin cari temen baru neh reng..??)

    hehehehehh....

    07 January, 2010 01:28

  • @ hpnugroho :
    Kesimpulan yang mantap mas. Saya setuju banget. Target pembaca dan tingkat daya tarik topik posting juga turut berpengaruh dalam angka page view per visit suatu blog. Rasanya kita setuju, bahwa mayoritas pengguna internet adalah KAUM REMAJA. Mereka adalah pangsa pasar atau target yang sangat menggiurkan untuk dibidik menjadi lahan trafik natural dari search-engine.

    Namun bukan berarti topik seputar blogging kurang mampu menyedot trafik atau menarik lebih banyak klik. Semua tergantung pada daya tarik judul, jumlah posting yang tersedia, kemudahan menemukan menu daftar posting, dan kebutuhan pengunjung itu sendiri akan daftar posting yang disediakan pemilik blog. Makasih buat tambahan pendapatnya mas.

    @ ireng_ajah :
    Nah, kesan pertama itu yang rada gampang-gampang susah untuk kita munculkan pada para pengunjung. Semua memerlukan KREATIVITAS. Thx ya udah baca sharing saya di atas.

    07 January, 2010 10:02

  • Kalau Blogodolar, pages/visit=2.23 (menurut GA), sementara blog abal-abal saya pages/vist=6.

    Memang benar Mas, blog yang tulisannya ringan dan populer, banyak diminati pengunjung.

    07 January, 2010 11:50

  • @ Kang Yudiono :
    Wah, blog yang punya page per visit 6 itu pasti blogotainmen kan? (blog mirip mas Yep). Saya baru tau kalo Kang Yudiono punya blog kayak itu..hehehe

    07 January, 2010 12:02

  • weleh, jadi malu ini. Ngga tahu musti komen apa...

    Yang jelas, sebelum menjadi seorang blogger, saya lebih dulu menjadi konsumen blog (suka mencari cari artikel di internet). Nah, sewaktu membaca sebuah blog dan saya merasa tertarik dengan isi sebuah blog, maka saya akan berusaha untuk membaca artikel lainnya. Kemudahan untuk mencari artikel lain sangat saya harapkan tentunya (sebagai pengunjung).

    Nah, itulah yg saya terapkan saat membuat blog. Siapa tahu ada pengunjung yg tertarik dengan isi blog saya dan ingin membaca artikel lainnya, Maka saya permudah.

    Menempatkan banyak artikel punya keuntungan lain, Orang2 yg belum tentu tertarik dengan satu postingan bisa tertarik dengan postingan lainnya. Hanya dengan membaca judul artikel, makanya judul artikel saya buat semenarik mungkin...

    Thanx atas study kasusnya terhadap blog saya, dan juga atas sarannya. Salam hangat selalu

    07 January, 2010 14:11

  • Terkadang itu yang bisa menjadi 'penghambat' bagi blogger untuk berkreasi menuangkan ide dan informasi yang dikuasainya... Jika kita sudah mengejar kwantitas, biasanya kwalitas akan menurun. Mnrt-ku lebih baik tulis aja apa yg kita suka dan pahami... Biasanya akan menghasilkan postingan yg berkualitas... dan pastinya suatu saat kwantitas (jumlah visitor) akan mengikuti.

    07 January, 2010 22:08

  • saya belum mampu menemubus pageview sebanyak itu; untuk blog barunya

    08 January, 2010 07:43

  • @ gen :
    Thx juga ya buat sharingnya. Semoga ngeblognya makin semangat ya. Saya cuma mengambil contoh blog yang memang layak dijadikan bahan pelajaran.

    @ Eric :
    Betul mas. Memang sebaiknya lebih fokus menulis topik yang memang benar-benar kita sukai. Nggak masalah kalo blog kita beraneka ragam topiknya. Yang penting kita enjoy dan menguasai topik yang akan kita tulis. Itu akan memberikan energi bagus pada postingan tsb. Thx.

    08 January, 2010 21:01

  • Satu lagi mas, mungkin perlu ditambahkan related post untuk setiap postingan blog.

    10 January, 2010 04:56

  • statistik yg fantastis...terimakasih tipsx

    10 January, 2010 14:32

  • waduh gak pernah check yang begituan tuch mas....

    ah check ahhhh


    makasih mas infonya

    11 January, 2010 02:10

  • @ Khalid Abdullah :
    Silakan dicek ya mas :-D

    11 January, 2010 12:46

  • waw..sejak saya pake cara ini pageview saya meningkat mas dari rata2 1.8 jadi 2.3..mantap ! btw cara bikin widget seperti punya bang is ini "Artikel Musik dan Selebriti"..pake tambahin manual atau ada script otomatisnya ? thx :D

    13 January, 2010 16:45

  • @ Belajar SEO Blogspot :
    Pake cara MANUAL Gan. Tinggal manfaatin menu daftar link pada tambah gadget. Kalo pake script biasanya bikin loading jadi berat :)

    14 January, 2010 11:29

  • statistik blognya keren mas
    perlu saya tiru nih

    14 January, 2010 19:26

  • bagus nih atudi kasusnya. memang page view saya masih perlu banyak ditingkatkan

    02 February, 2010 07:58

  • bagus mas pengamatannya. pantas saja blog aku masih sedikit page viewnya. karena sidebar saya semrawut masih banyak widget yang g penting.
    Tanks info.....

    13 June, 2010 16:18

  • wahh.. boleh nihh jadi guru saya' maklum saya blogger pemula lagi cari inspirasi :D tnkz infonya ya...

    24 December, 2011 09:48

  • Artikel dan saran yang bagus gan,. memang benar. dengan banyak artikel yang se tema dalam blog akan membuat pengunjung selalu penasaran dengan artikel lainnya yang sejenis. intinya pembaca selalu akan dibuat lapar dengan topik yang dibacanya. thank's

    27 January, 2014 21:35

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top