07 January 2010

07 January 2010

Pelawak Terbaik dan Terlaris Indonesia 2009 | Sule Layak Dinobatkan

sule-pelawakSetelah menelusuri panggung dunia komedi di sepanjang 2009, akhirnya saya menyimpulkan satu nama yang layak dinobatkan sebagai pelawak terbaik dan terlaris Indonesia 2009. Dialah Sule. Apa alasan saya menobatkan Sule sebagai komedian yang paling laris, sekaligus yang terbaik?

Nanti anda akan mengetahuinya usai menyimak postingan ini secara tuntas.

Sekilas perjalanan karir Sule.


Pertama kali saya mengenal Sule yaitu lewat sebuah acara televisi (reality-show) SuperStar Show yang ditayangkan Indosiar, kira-kira 2 tahun yang lalu. Dalam acara berupa kontes nyanyi secara berpasangan tersebut, Sule akhirnya menjadi juara. Waktu itu dia berduet dengan Jaja.

Karakternya yang unik, multy-talented, dan humoris membuat duet Sule-Jaja dengan mudah disukai dan dikenal para pemirsa acara SuperStar. Saya pun waktu itu (sebagai penonton setia acara SuperStar) punya feeling, bahwa karir Sule usai kelarnya acara tersebut akan menanjak di dunia entertain.

Ternyata terbukti kemudian. Terhitung semenjak usai menjuarai event SuperStar, Sule pun mulai sering tampil di layar kaca (televisi). Dari menjadi presenter (MC), bintang tamu talkshow, pengisi acara musik, hingga menjadi komedian/pelawak seperti saat ini.


Acara tv yang mempopulerkan Sule.


Khusus untuk tahun 2009, saya amati Sule LARIS MANIS. Job yang diterimanya di dunia hiburan Indonesia tergolong cukup banyak. Anda yang sering nonton tv pada malam hari mungkin sudah tidak asing lagi dengan tampang kerennya

Acara tv yang bisa dibilang mempopulerkan Sule (selain SuperStar) yaitu OKB, Opera Van Java, dan Awas Ada Sule. Dua yang pertama tayang di Trans7. Sedangkan yang terakhir (Awas Ada Sule) ditayangkan di Global Tv. Jika anda penggemar acara komedi atau sitkom, anda pasti sudah cukup familiar dengan ketiga acara itu.

Sebelum terjun ke 3 acara komedi tersebut, setahu saya Sule juga menjadi MC di sebuah acara musik dangdut di TPI. Mungkin anda tahu acara tv lainnya yang pernah melibatkan Sule? Silakan ditambahkan di kolom komentar kalau ada.


Kelebihan Sule sebagai seorang komedian/pelawak.


Menurut saya pribadi, Sule memang punya talenta tersendiri yang membuat ia layak disejajarkan dengan Tukul Arwana, Komeng, Eko Patrio, Parto, maupun Olga Syahputra (yang sempat dinobatkan sebagai 5 Pelawak Termahal Indonesia).

Yang patut diapresiasi, Sule juga bukan tergolong pelawak dadakan. Ia sepengetahuan saya memang memulai dari NOL (dalam menapaki karir di dunia entertain). Popularitas yang dicapainya sekarang bukanlah secara instan, namun berkat kegigihan dan perjuangan. Di samping talenta unik yang memang dianugerahkan Yang Maha Kuasa padanya.

Apa sih yang menjadi nilai plus Sule?


  1. Dia punya kemampuan spontanitas lelucon yang tergolong bagus.
  2. Dia punya kemampuan blocking yang lumayan.
  3. Dia punya karakter melucu yang kuat dan unik.

Ketiga poin tersebut sudah cukup untuk membuat Sule mengalami banjir job di sepanjang tahun 2009 kemarin. Ratting acara tv yang melibatkan ia pun tergolong cukup bagus. Itu menyiratkan bahwa ia disukai oleh penonton. Bahkan menurut saya, ia mulai ‘menyingkirkan’ pamor dan dominasi Komeng di kancah komedi televisi.

Nah, bagaimana dengan kesan dan penilaian anda sendiri mengenai Sule?

Silakan dibagi pada kolom komentar.

57 comments:

  • hehe, Sule, tipikal pelawak yang sunda pisan..! Menurut saya dia yang terbaik saat ini. Tengok saja akting lawakannya di O pe Je. Tanpa bermaksud menyepelekan peran pemain lain, tapi dia sudah menjadi ruh dalam acara lawakan tersebut.

    Meski pun orang banyak yg memilih Azis gagap, tapi menurut saya, sule lebih punya kecerdasan dalam melontarkan lawakan.
    yg paling saya suka dari sule, pas dia ngomong dlm bahasa ingris versi Sule yg amburadul. sumpah, sampe keluar air mata saya saking kebanyakan ketawa...

    Sule, sule...

    07 January, 2010 14:44

  • Menurut saya SULE seorang pelawak yang memiliki ciri khas tersendiri dan lawakkan si SULE yang spontanitas seperti point di atas.

    07 January, 2010 15:12

  • bisa dibilang si sule merupakan kelanjutan srimulat terdahulu. lawakannya apa adanya dan tidak terkesan mengada-ada

    btw, mohon dukungannya buat aku yang lagi cari dukungan untuk kontes Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo. terimakasih ya

    07 January, 2010 15:20

  • sule emang kocak abis dah...merintis dari awal sampe bisa kayak gitu!!!salut

    07 January, 2010 22:25

  • Sele..., terkenal di acara OPJ..., Dengan bayolan yang lucu..., saya suka dagelanya..., :P

    07 January, 2010 23:11

  • Saya termasuk yang suka dengan Sule tidak hanya dalam hal komedi juga salah satu lagunya "sinyal cinta". Menurut saya sule berbeda dengan para pelawak lainnya dalam menyajika sebuah lawakan yang benar-benar menghibur, bahkan menurut saya eko patrio, olga syahputra [lucu apanya], parto masih kalah dibandingkan dengan sule, mungkin hanya komeng dan tukul bisa menyainginnya.

    Bukan tidak mungkin dalam tahun-tahun kedepan karir sule akan lebih jauh melejit dari pada sekarang. Hidup kang sule [ala] heheheh...

    08 January, 2010 00:21

  • apa saya tidak keliru kalau Sule itu dulu yang main bareng Abah Us Us?

    08 January, 2010 07:40

  • wah emang sule bikin ngakak .....
    tp sptny semenjak muncul di OVJ nama dia makin sering dikenal

    08 January, 2010 10:25

  • sule yach, emang bener2 bagus lawakannya. pa lagi yang di OVJ kalo udah ngumpul ama azis gagap. bener2 mengocok perut dech.

    08 January, 2010 12:01

  • bahkan aku lupa cara lawaknya y kek gimana

    sule gak terlalu familiar dimata telingaku
    hehe :)

    aku lebih suka jeng Kelin

    08 January, 2010 15:53

  • Pertama kali nih ketemu sama blog yg entertainment,Salam kenal ms Iskandar.Utk sule-nya, setuju ms, biasanya talenta tidak bs dimiliki sembarang orang...termasuk sule yg punya kelebihan2 diatas.Apalagi ramuan OVJ dg menemukan sule ama pelawak kocak lainnya, malah jadi tuh konyol,gila dan kocaknya sule.

    09 January, 2010 03:57

  • Setuju deh kalok Sule dinominasikan... Dia cukup hebat ngebuat orang ketawa dengan guyonan2 anehnya... :))

    09 January, 2010 07:07

  • Setuju kang.. SULE emang bersinar sekarang

    09 January, 2010 11:39

  • SULE mulai naik daun, awalnya sekitar tahun 2004, dia khan ikut kontes API (audisi pelawak TPI), dari sana sudah kelihatan bakat lawaknya akan bersinar benderang dibandingkan teman satu grupnya...Apa Benar begitu Mas Isk...? Nah sekarang terbukti khan?
    TERIMAKASIH telah Berkenan Berbagi Kata Bersama

    09 January, 2010 16:17

  • @ buat semuanya :
    Makasih banyak atas komentar yang telah diberikan. Semua komentar ternyata memang benar-benar mencerminkan, bahwa popularitas dan kualitas SULE saat ini tak diragukan lagi sebagai seorang komedian. Ada lagi yang mau berkomentar?

    09 January, 2010 16:23

  • @ TuSuda :
    Wah, saya baru tau loh kalo Sule pernah ikutan API di TPI. Makasih banyak ya buat tambahan informasinya mas. Kirain saya Sule baru mulai ngetop pas ikutan acara SUPERSTAR di Indosiar.

    09 January, 2010 16:26

  • setuju mas. Saya sudah suka Sule seja dia ikutan API

    10 January, 2010 10:31

  • tahun 2009 sule memang sering tampil, dna memang lawakannya mantap, mengocok perut. semoga tetap terus bertahan ya.

    10 January, 2010 18:04

  • bukannya sule pertama kali, muncul lewat acara kontes pelawak yang di TPI itu khan mas ??? yang API kalau gak salah dech...


    ya khan ya khan ???

    11 January, 2010 02:05

  • @ Khalid Abdullah :
    Kayaknya emang iya mas. Mungkin karena saya waktu itu nggak nonton API yach. Makasih buat informasinya. Kirain saya Sule baru ngetop pas ikutan acara SUPERSTAR di Indosiar.

    11 January, 2010 12:48

  • setuju sekali memang tahun 2009 adalah milik sule, atau entis sutisna. penampilannya selalu menghibur kita semua. sukses buat sule.

    12 January, 2010 12:36

  • saya suka awas ada Sule...^_^

    Tambahan mas, dia bakalan berkibar cukup lama cuz punya kata unik, Prikitiew yang menguatkan brand dia sebagai pelawak^_^

    21 January, 2010 09:56

  • @ alfred :
    Setuju bro ^_^ Itu jadi trade-mark barunya Sule yach..

    24 January, 2010 18:41

  • menurut sya kang sule muggh TOP BGT dech ,,sLain pnter ng'lawak bisa nyanyi lg,, tp juga sya ska smua plawak ,,trmsuk aziz gagap,andre,mbak nunung, n smua ya dha di OVJ zza

    28 January, 2010 16:58

  • prikitiewwwwwww

    04 February, 2010 14:23

  • betul om..sule mulai tampil di TV semenjak ikut acar API di TPI

    23 March, 2010 13:17

  • sule pertamakali muncul di TV bukan di API, tapi di TV lokal bdg klo g salah, acara lawak longser klo saya tidak salah

    27 March, 2010 02:14

  • Hahaha.. saya paling suka sama Sule apalg klo dia pake kostum wanita jawa yg lugu dan suka mewek-2 di depan nunung (acara OVJ).. gwe sampe terkencing-2 ketawa klo pas adegan gtu..
    Tapi herannya kenapa hrs Olga yg terpilih sbg pelawak populer.. yang notabenenya ga ada apa-2nya jika dibanding ma sule dan ajis. hahaha.. jgn2 ada spekulasi salah satu pihak TV swasta nech...

    06 May, 2010 09:14

  • @ herry : wah, opini yang sangat bagus dan menarik Bung. Makasih banyak sudah meluangkan pendapatnya tentang Sule di sini.

    07 May, 2010 10:32

  • qw sk bgt ma sule,,,,sule tuch lucu banget,,,,bkn qw ngakak tyzz.....pokokx gokil abizzzzzz...dech buat sule...

    21 June, 2010 12:50

  • Menurut gw mank ada mæn"...
    Krna NTIS mantabh...
    Mas punya lagu SUSIS g? Dmn download na?

    01 July, 2010 22:49

  • setau saya sbg org sunda sule bukana udah lama terkenal barengan abah us-us, pohang dll tp emg booming nya stlh acara superstar indosiar itu.......waktu acara superstar itu emg dikonsepkan buat menggali bakat "bintang kurang terkenal" spt kiki parel, dll

    10 August, 2010 12:15

  • what can i going to do
    but i can't do anything

    ahhhhh lucu prikitiew

    viva mr bean indonesia

    27 August, 2010 20:04

  • sule emang is the best,ovj ga ada sule ga rame

    30 September, 2010 17:10

  • sule is still the best joker. saya suka sama bang sule bahkan saya ingin seperti bang sule. tolong doain saya ya, ma kasih.

    13 October, 2010 09:36

  • prikitiwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww.........

    30 October, 2010 11:31

  • wah telat komenx neh..stau ane pertama x ane nonton sule d TPI lewat program API (Akademi Plawak TPI) angkatan pertama dgn nama Grup Lawakx SOS yg angotax sule,oni n ogi..dalam program tsb SOS juara 1 d susul grup BAJAJ..pantes menang soalx paling lucu trutama sule bahkan grup laenx kalah telak pi yg bwat sule makin d kenal org lewat acara musik d indosiar ane gk tau nama programx dia jadi juara 1 bareng jaja tmenx..dari situ lah banyak tawaran manggung n mledak d OVJ..dari awal karir mpe skarang lawakanx bikin ktawa trus n gk bikin garing wlo sering lawakanx banyak yg d ulang pi dgn cara dia membawakanx berbeda" jadi gk bosenin beda dgn plawak laen trutama azis yg lawakanx gtu" ja bahkan banyak yg ktebak arah lawakanx jadix bikin bosen

    20 December, 2010 19:59

  • wkwkwwk ....
    susah diungkapkan sangkig lucunya ....

    22 December, 2010 17:16

  • Indonesia bangga mempunyai sorang bapak sule karna sorang bapak sule mempunya kata buat seluruh indonesia dngan kata OWH TIDAK BISA

    09 January, 2011 05:52

  • BRuakakakakak...Sule...Sule...Sule lagi..Sule Lagi.Apa g da lg yg melebihi Sule DKK,o0oW..TIDAK BISA...Cuma Kamu...(Song Rhoma & CS ),pokok'e SUle mang bagus ngebaca lawan,sikon...g tau lg kl dia kondisi kurang enak bdn (bkn ngedo'in ya om sule hehehe),tapi memangorang ntu sedheng,gelo,pokok'e mantab mental baja hahahahah..,HIDUP OM SULEEEEEEEEEEEE DKK DLL CS DSB..BRUAKAKAKAKAKAKA

    07 February, 2011 08:32

  • Sukses buat sule, lawakannya segar, spontan dan natural. Bisa aza sule menjawab ejekan dari lawan mainnya, mungkin ini juga yang menjadi nilai lebih dari seorag sule. Suleeeeee.... Prikitiew...

    01 March, 2011 12:24

  • sule kamu is the best dech

    01 March, 2011 15:31

  • sule iLovvvvvvvvvvvvvvvvve youuuuuuuuuuuuuuu q ng vanzz bgd 5 amu

    01 March, 2011 15:37

  • suleee lam bwt rzky ea...........
    Q tyap mlm nOnton tyuz ovj loch........
    lam mniezzz

    01 March, 2011 15:41

  • dddduhhh sayang bangetttsssss knapa baru sekarang aku tahu suleeeee......
    coba ja dari awall ia muncui d tv pasti aku bakal tahu lebih jauh tentang sule,,,,,,
    oh yaaa lw da info tentang sule lagi tulisin yeah,,,,,,,pengen bangets dech tahu sule lebih jauh lagi!!!!!
    aku suka acara-acara yang ada suleeenyaaa,,,,,,
    pokoknyyy aku suka bangets ma suleeeee....

    SULEeeee prikitiewwww,,,,,,abiezzzzZZZ dechhhh

    26 April, 2011 17:51

  • pantas sule dapet penghargaan tuh,,
    hehe

    abiz lucu banget...

    sule sule pipipipipiwww

    23 June, 2011 09:33

  • Om suuullle...please.. Buka handphone nya...! Ommm...sullle hobinya ngoleksi alat musik daerah ya..and om sule nama istrinya tante lina ya...cuiit...cuiiiittt...('O') and too... Om sulle nama aslinya Entis Sutisna kaya cewek...mmmaaapp c bercanda... I love you om suleeee.....!!!!prikitew.... AKu 6emar b((erat you lllllllll lllllooooovvvvEeee yyyoooouuu sullllleeeeee

    11 July, 2011 20:04

  • HADECH" OM SUE MAH BKIN URANG KETAWA TERUS ADA ZA GUYONAN NA' ..............
    GMN ATUH CRA NA' KOGH BZA LUCU PISAN EUY?????
    KASIH TIPS NA' YA .......

    25 August, 2011 11:33

  • sempet Liyat didepan lyar kca TV wktu suLe ngmong pke b.jawa (engeh, monggo, melebet) ,. .
    Haha sULe emg bsa bwt smua org ktawa,
    SULE NGOCAK.

    19 March, 2012 22:48

  • sule itu mang ga da matinya deh palgi aq knal dia dri nol smpe skrang .....
    siapa seh yng bisa nndingin sule yng kreatif,inisiatif,pa lgi low niruin sseorng psti mirrriiipp bnget dehh.....!
    n aq rsa dia lch plawak yng ter handal di indonesia...
    dri pda olga bcndanya nykitin badan ...!!

    21 May, 2012 14:00

  • sule itu mang ga da matinya deh palgi aq knal dia dri nol smpe skrang .....
    siapa seh yng bisa nndingin sule yng kreatif,inisiatif,pa lgi low niruin sseorng psti mirrriiipp bnget dehh.....!
    n aq rsa dia lch plawak yng ter handal di indonesia...
    dri pda olga bcndanya nykitin badan ...!!

    21 May, 2012 14:02

  • pilih sule, singkirkan banci olga dari dunia hiburan

    29 June, 2012 09:39

  • wow keren..
    kang sule is the best :D
    salut ama kang sule..

    02 February, 2013 09:26

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top