24 January 2010

24 January 2010

Ternyata Belajar Wordpress Agak Ribet Juga

belajar-wordpressAkhirnya aktivasi domain dan hosting blog baru Wordpress saya kelar juga. Sebenarnya sih sudah sejak seminggu yang lalu beresnya. Semua berkat Mas Khairuddin Syach (salah satu sponsor kontes motivasi menulis blogger Indonesia, dimana saya menjadi pemenang keduanya).

Mau tak mau saya pun harus belajar Wordpress. Untuk menu dashboard WP sebenarnya saya sudah tidak begitu asing lagi. Sebab sebelum ini saya pernah bergabung dengan salah satu komunitas berplatform WP yang memungkinkan membernya mensubmite artikel.

Bedanya, kali ini saya sudah punya hosting sendiri. Yang terasa agak asing yaitu menu Spanel hostingan saya. Sebagian rekan-rekan mungkin lebih mengenalnya dengan istilah Cpanel. Sama saja sih.

Lalu, apa sih ribetnya belajar Wordpress kalo gitu?


Pertama : dalam hal mengganti theme wordpress dengan yang baru.

Setelah mengupload theme yang sudah didownload ke Spanel hostingan (ke menu wp-content-theme), saya harus mengekstraknya. Setelah sukses, saya harus ke menu dashboard WP untuk memastikan kesuksesan proses upload. Lalu mengklik active agar bisa diaktifkan.

Nah, kalau di blogspot, setelah mendownload template dan mengubahnya dalam bentuk notepad/wordpad, kita bisa langsung menguploadnya ke menu edit html. Lalu tekan save/simpan. Selesai. Lebih simpel dan lebih pendek prosesnya.


Kedua : dalam hal mengedit theme yang sudah berhasil diupload.

Di wordpress ternyata nggak bisa langsung diedit theme-nya. Sebab harus mengubah settingan pada file permission (di menu spanel hostingan kita). Ini harus bolak-balik dilakukan setiap ganti theme. Semuanya agar theme yang baru diupload bisa diedit lewat menu dashboard WP. Biar tulisan UPDATE FILE-nya muncul di bawah kolom edit theme.

Nah, kalau di blogspot/blogger kita bisa langsung mengedit kode CSS template lewat menu edit html. Tinggal cari bagian yang mau diedit, sebab semuanya sudah tergabung dalam satu file CSS. Baik itu bagian head maupun body.

Sedangkan pada theme wordpress ternyata terdiri dari banyak sub folder (terpisah-pisah). Ada bagian khusus header, sidebar, footer, style css, dan beberapa lagi. Untuk mengeditnya kita harus membuka satu sub folder khusus (bagian yang akan diedit). Dan sebelum bisa diedit, bagian sub folder tersebut harus diubah terlebih dahulu angka/nominal CHMOD-nya (lewat menu Spanel hostingan).


Ketiga : dalam hal setting (customisasi) permalink.

Awalnya saya sempat dibuat bingung karena efeknya mengakibatkan terjadinya error not found 404 pada postingan yang diklik. Ternyata harus di-redirect agar tidak error. Nah, proses redirect-nya ternyata juga rada ribet karena harus bolak-balik ke Spanel dan menu dashboard WP. Harus simpan script di notepad dalam ekstensi .htaccess, lalu ditambahkan kode khusus. Semuanya dilakukan di hostingan.


Keempat : tampilan coding CSS, PHP, dan html.

Agak berbeda dengan blogspot menurut saya. Terutama dari sisi struktur. Yang masih agak asing bagi saya yaitu kode-kode bahasa PHP. Maklum, di blogspot tidak menggunakan coding PHP. Untuk saat ini, saya baru menguasai bahasa HTML dan CSS.

***

Anyway, walaupun awalnya rada ribet, saya tetap enjoy belajar WP. Mungkin karena belum terbiasa saja. Untungnya saya cukup terbantu dengan ebook belajar WP yang barusan saya beli dari Mbak Dini Shanti. Harganya relatif murah (cuma 35 ribu rupiah). Maklum, lagi promo diskon 50 % sampai 31 Januari 2010.

Buat yang mau beli ebooknya lewat referensi saya, silakan KLIK DI SINI. Tapi kalau mau beli langsung tanpa referral, silakan langsung meluncur ke sini.

Menurut saya, isi ebook tersebut sangat padat berisi dan cocok banget buat anda yang baru ngeblog dengan Wordpress. Kekurangannya mungkin terletak pada tidak adanya pembahasan/tutorial cara mengedit theme Wordpress. Walau demikian, tetap sangat bagus buat para pemula yang baru mau belajar Wordpress.

Akhirnya, terima kasih banyak saya ucapkan buat rekan-rekan yang sudah sudi menyimak isi postingan nggak penting ini Maklum, saya lagi kehabisan ide menulis. Akhirnya cuma bisa curhat dan sedikit promo..hehehe

50 comments:

  • selamat belajar wordpress ... saya masih cinta blogspot

    24 January, 2010 14:32

  • wah bener tuh..
    saya juga lagi pusing ama WP, theme-ku kacau, widget ga mo nongol..makanya tampilan sekarang masih polos gitu..

    tapi kok ya masih saja penasaran kalo ga kelar2..
    :p

    Betewe untuk yang poin pertama bukannya dari dashboard langsung bisa upload tanpa ekstrak dulu?
    syaa pake WP 2.8.6, untuk upload ga perlu masuk ke CPanel, langsung dari dashboard saja..

    24 January, 2010 14:52

  • kalau gue mah untuk instal theme ma plugin2nya mending pake cute ftp aja, jadi diekstrak dari komputer aja,, baru diupload..

    24 January, 2010 14:56

  • say dulu pernah bikin blog di wordpress, tapi ngga betah karena sudah merasa nyaman dengan blogger.

    jadi langsung ta' cerai saja mas..! :D

    24 January, 2010 16:26

  • selamat dech, semoga makin sukses aja dan tentunya terus termotivasi untuk belajar Wordpress....

    24 January, 2010 17:31

  • Saya juga lagi belajar wp mas, meskipun tetep yg gratisan he...he... Katanya kalau berbayar bagusan wp makanya saya belajar dulu. Cuma serem juga yah denger uraian di atas. Apalagi otak dah karatan gini.

    24 January, 2010 18:51

  • Awalnya memang terasa agak ribet Mas Iskandar, tetapi ntar kalau sudah agak lama pasti menarik.
    Saran saya sebaiknya mas Iskandar membuat server lokalan dulu dengan aplikasi XAMPP. Sehingga edit templatenya dilakukan diserver local, setelah dirasakan bagus baru diupload ke server blog yang sebenarnya.

    24 January, 2010 19:38

  • selamat mencoba wordpress mas isk...^_^
    wadoh ga beli lewat linkku ebooknya hix...hix...^_^

    24 January, 2010 20:53

  • Selamat belajar wordpress mas is.
    dan ditunggu blog wp nya.

    25 January, 2010 00:35

  • sumpah kang, saya juga bingung

    25 January, 2010 09:44

  • Dulu pertama kali saya juga bingung ... sekarang tambah bingung hee hee hee

    25 January, 2010 12:39

  • tambah seru nih. apalagi seperti mas iskandar, yang doyan berers-beresin daleman web. selamat bereksperimen mas iskandar :)

    25 January, 2010 18:43

  • Bukannya justru enakan kalo masing-masing dipisah seperti di WP, Mas?

    Mau ganti header ya di tempatnya, footer ya beda lagi, komentar begitu juga. Lebih cepet.

    Dulu waktu masih di blogspot, saya harus print semua kodenya, lalu baca satu per satu deretannya, baru diedit.

    25 January, 2010 20:09

  • selamat belajar ya.., tapi wordpress juga gak kalah keren kok, sama blogspot.

    nanti kalo dah dipelajarin terus, pasti bakal bikin ketagihan mas..., jangan menyerah dan terus mencoba..,,

    saya salah satu pecandu wp... he..he..he..

    25 January, 2010 20:13

  • lah, bukannya lebih ribed blogspot yak??

    25 January, 2010 20:22

  • Biasa lah mas kl baru "kenal", namanya jg PDKT, hehehe.. selamat ber WP ria..

    25 January, 2010 23:26

  • masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, begitu juga tiap orang ada yg suka wp dan ada yg suka blogspot. sy pribadi lebih prefer ke wp, entah karena dari awal pakenya wp jadi lebih enjoy...
    tapi sy malah jarang masuk cpanel/spanel, semua sy lakukan lewat dashboard dan ftp, install theme dan plugins lewat dashboard tdk perlu ekstrak lagi mas, file zip langsung otomatis di ekstrak.
    untuk edit theme lebih enak kalau di local host dulu, setelah rampung baru di upload ...

    terlepas dari itu semua, selamat belajar mas ..

    26 January, 2010 01:21

  • aku skrg mulai belajar blogspot, ternyata ribet juga :)

    26 January, 2010 04:50

  • wah, mas iskandar mulai ngutak ngatik wordpressnya nih..ntar kalo udah master, jgn lupa kasi ilmu wordpressnya jga ya mas :D

    26 January, 2010 17:49

  • nanti kalau udah lancar bagi-bagi ilmunya ya Mas?

    26 January, 2010 19:04

  • Saya mau menginformasikan kalo doanya Mas Is di komentar blog saya ternyata sangat mustajab. Doanya langsung dikabul, mas..!

    Setelah Mas Is ngasih saran untuk merubah background blog, sy langsung praktekin itu sarannya. Tiba2 hari ini sy kebanjiran pengunjung. Hampir 2x lipat dari biasanya....

    Terima kasih atas saran dan doanya Mas..
    Salam hangat selalu...

    26 January, 2010 22:56

  • "Maklum, saya lagi kehabisan ide menulis. Akhirnya cuma bisa curhat dan sedikit promo..hehehe"

    Kirain saya ini tutorial wordpress, besok2 postingin tutorial wp biar saya bisa belajar disini hihihi...

    27 January, 2010 00:30

  • kalo saya bisa tapi cuma yang ringan2 aja :D

    27 January, 2010 13:38

  • Semoga belajar WP nambah kualitas cafe28 ms, sy sndri skrg ini ya sama msh ada bbrp kesulitan gunain WP.

    Smoga tetep sukses ms Iskandaria.

    27 January, 2010 14:05

  • Upload theme di WP versi 2.7 ke atas sebenarnya bisa dilakukan melalui dashboard.
    Add New Theme > upload > Browse > Isntall > Active.

    Oleh karena itu, kalau menurut saya, wordpress lebih mudah dan lebih banyak fiturnya.

    27 January, 2010 16:14

  • im here…
    its the first time im here
    your blog is so nice…

    27 January, 2010 16:22

  • Selamat melahirkan web baru. saya juga pernah membuat blog dari wp. Namun karena cukup ribet, maka saya beralih ke blogspot.

    27 January, 2010 19:35

  • @ semua yang sudah komentar :
    Thx berat ya. Sorry nih nggak bisa bales satu per satu komentar rekan-rekan. Tapi mayoritas komentar ternyata banyak ngasih masukan tentang edit theme WP. Saya baru tau kalo bisa langsung diupload lewat menu dashboard. Begitu pula soal edit theme. Thx berat nih buat semua komentar.

    Sorry kalo belum sempat berkunjung balik. Beberapa hari terakhir saya lagi sibuk berat soalnya ^_^

    27 January, 2010 22:22

  • mampir, salam kenal
    http://sejuta-mp3.com

    28 January, 2010 16:39

  • Sepertinya sulit pakai wordpress ya mas? Kalau nggak salah kita harus update terus wordpressnya.

    btw, nice inpo mas :)

    28 January, 2010 17:09

  • gampang kok pake wordpress,
    utak atiknya cukup di wp-admin ajah,
    ga perlu ke spanel atau cpanel bro..

    28 January, 2010 17:14

  • Wah da punya blog berbasis wp nie, tapi saya kok gak ngeliat linknya..?? hehehe

    Jujur saja untuk point-point ribet yang mas jelaskan perasaan saya gak terlalu ribet ya. dan setahu saya spanel dan cpanel lumayan berbeda jauh dalam konfigurasi. Menurut saya sendiri spanel jauh lebih susah dari cpanel untuk orang yang baru mengenal hal-hal teknis hostingan. Mungkin ribet yang muncul berkenaan dengan penggunaan spanel pada hostingan mas, kalo cpanel gak sampai segitu khususnya di file file permisson.

    contoh pada point 1 dan 2, sebenarnya saya gak pernah mengalami kejadian seperti itu, termasuk blog teman-teman yang saya bantu juga tidak pernah seperti itu karena setahu saya defautnya wp memperbolehkan secara langsung upload dan edit langsung di dashboard. tapi hampir semuanya memang berbasis cpanel bukan spanel.

    pada point 3, setahu saya juga httacces langsung digenerate oleh cpanel jadi gak susah-susah lagi harus membuatnya. nah kalo point 4, kalo dibilang ribet wajar, saya juga da pusing banget kalo da berhubungan dengan code css, php dkk seperjuangannya.

    Kesimpulan saya sich ribet yang mas alami bukan karena wordpressnya tapi karena penggunaan spanel. Just My Opinion [cuma pendapat saya aja mas]

    30 January, 2010 04:18

  • @ Deka :
    Wah, thx berat nih buat masukannya. Kayaknya Spanel emang beda ya ama C-Panel. Kalau ditelusuri, ribetnya emang pada penggunaan Spanel. Mungkin karena saya masih asing. Tapi sekarang udah terbiasa dan ngerasa enak kok ^_^

    Oya, link blognya emang belum saya kasih tau karena blog launching (masih beres-beres tampilan dan sibuk nambahin plugin). Ntar saya kasih tau kalo udah resmi ^_^

    30 January, 2010 11:29

  • idem mang rada ribet..ini aj masih belajar..

    30 January, 2010 19:20

  • saya terkadung cinta sama blogger

    30 January, 2010 20:50

  • Saya pemakai WP, tapi belum begitu familiar dengan assesories seperti widget dll, makanya tampilan blog saya masih semenjana.
    Salam

    31 January, 2010 15:15

  • tapi menurut saya wp di banding blogspot lebih gampangan wp ga ribet, secara dah ada plugin2 :D :D

    nice info sob

    01 February, 2010 01:57

  • selamat belajar mass

    saya dulunya juga gitu
    :)

    03 February, 2010 01:00

  • Haha, dulu saya juga pernah niat belajar WP, pake beli paket hosting +nama domain segala. Tapi setelah tahu cara ganti theme dan ubah struktur permalink, sudah deh saya tinggal karena keburu ditinggal magang di koran. :D

    04 February, 2010 09:13

  • @ Bung Eko :
    Weh, udah pernah nyobain Wordpress ternyata yach mas. Untuk urusan upload template dan permalink sekarang saya udah terbiasa kok. Asyik juga sih. Puas aja kalo udah berhasil ^_^

    04 February, 2010 11:45

  • seperti apa sieh utak atik bloggger/blogspot?
    ah.... memangsudah kadung Sinta sama wordpress saya-nya. selamat bergabung dengan murid-murid matt mullenweg

    06 February, 2010 09:35

  • @ munawar am :
    Nggak jauh beda sih sebenernya. Intinya tetep main coding juga Kang ^_^

    06 February, 2010 11:09

  • saya punya situs platform wordpress malah kosong gak diisi apa2, pdhl domainnya beli & sewa hosting. Abis keasyikan sama blogspot yg bisa dibongkar pasang.

    30 September, 2011 16:27

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top