02 February 2010

02 February 2010

Pengumuman : Tema Blogging Blog Ini Pindah ke KafeGue.com

stop-pressSetelah melalui pergulatan batin dan proses perenungan yang cukup intens, akhirnya saya harus mengambil keputusan tegas. Sempat linglung dan bingung juga sekitar semingguan, yaitu dalam hal menentukan niche (tema) yang tepat untuk blog baru saya.

Awalnya saya masih ingin mempertahankan konsep blog lama ini (2 tema besar dalam satu blog). Namun di situlah masalahnya. Blog baru jadi bingung mau diisi dengan konten apa. Gado-gado atau personal blog? Rasanya itu bukan panggilan hati saya.

Yang jelas, blog baru saya nanti (Wordpress self-hosting) harus tetap berlandaskan kapasitas dan minat saya pada bidang tertentu. Banyak juga masukan yang beragam dari rekan-rekan atas kebingungan saya di artikel sebelumnya. Saya cuma bisa mengucapkan ribuan terima kasih atas berbagai masukan yang dilontarkan. Semuanya bagus-bagus dan menarik untuk ditindaklanjuti.

Jika dirangkum, pilihan niche (tema) yang sebaiknya saya pilih yaitu :

blog bahasa Inggris (saran Kang Yudiono dan Hangga Nuarta), entertainment (saran mas Nugroho, mas Khalid Abdullah, dan mas Ibnu), tips SEO (saran mas Ihsan dan mas Juragan seo), tips menulis yang belum banyak dikupas (saran mas Liudin), tips Wordpress yang orisinil (saran mas Dani Iswara), serta topik yang ringan-ringan saja dan tidak terlalu sempit temanya (saran mbak Nunik).


Setelah menimbang, mengingat, memperhatikan, dan sedikit merenungkan, akhirnya saya memutuskan :


  1. Blog kafe28 ini khusus berisi konten seputar dunia entertainment dan lebih saya tujukan buat pengunjung dari mesin pencari.

  2. Blog saya di Wordpress (KafeGue.com) nanti akan saya fokuskan berisi konten seputar blogging, tips ngeblog, tips menulis, tips SEO, dan tips Wordpress. Tak menutup kemungkinan pula info-info hangat non entertain dan opini seputar kehidupan sehari-hari. Pokoknya blog baru nanti akan lebih saya fokuskan untuk mengasah kemampuan menulis di bidang lain yang bukan tergolong dunia hiburan.

Intinya, saya harus lebih berkembang!

Latar belakang keputusan di atas :


  • Segmen pengunjung terbesar blog ini adalah para pencari informasi seputar dunia hiburan (terutama dari search engine google). Ini didukung oleh data dari google analytics, histats, indostats, dan feedjit.

  • Blog ini sudah terlanjur disukai google dengan menampilkan banyak keyword populer seputar dunia entertain di halaman pertama (dengan SERP yang cukup bagus).

  • Trafik harian dan alexa rank blog ini menunjukkan peningkatan bagus dalam sebulan terakhir.

  • Trafik harian sudah di atas 200 per harinya. Sedangkan alexa sudah 150 ribuan.

  • Trafik 2 minggu terakhir (di saat saya hiatus atau vakum) ternyata tetap stabil. Masih berkisar 200-an/hari. Tidak mengalami penurunan yang drastis. Ini berkat kunjungan rutin dari mesin pencari google lewat keyword seputar dunia hiburan.

  • Saya tidak ingin mengganggu penggemar segmen hiburan di blog ini dengan posting seputar blogging.


Pertimbangan lain :


Saya masih melihat cukup banyak celah yang bisa digarap menjadi bahan posting blog, khususnya seputar blogging, dunia jurnalistik, tips menulis, tips SEO, dan tips Wordpress. Mulai dari hal-hal yang sangat sederhana, hingga yang rada njlimet

Jadi, saya SANGAT OPTIMIS dalam mengembangkan blog baru nantinya.

Nah, sekian saja pengumuman kali ini. Ada komentar dari rekan-rekan?

23 comments:

  • Hm... Asal tujuan utamanya bukan untuk making money online, tapi lebih ke berbagi pengetahuan... Saya mendukung sekali Mas! Semangat!

    02 February, 2010 11:30

  • wah keren nich :D

    ada spesifikasinya

    klo saya sembarang aja

    he he he

    02 February, 2010 13:08

  • Tema hiburan itu sepertinya lekat dengan konten yang fresh atau up-to-date. Ala detik atau okezone tapi lebih mendalam.

    Sedangkan niche seputar blogging bisa menjadi konten yang timeless-tak kenal waktu. :)

    02 February, 2010 15:27

  • blog barunya udah saya bookmark mas iskandar :D
    keren bgt isinya..bisa jadi referensi nih buat saya belajar seo..semoga sukses selalu mas iskandar :D btw blog barunya izin dibookmark dulu ya :D

    02 February, 2010 18:29

  • Smoga keptsannya tepat ms. Dan smoga tambah sukses ms Iskandaria.

    02 February, 2010 21:55

  • wah, keputusan yg bagus menurut saya. Apalagi kalau melihat beberapa pertimbangan di atas.

    Lagipula, nama kafe28 saya pikir cukup "entertain..." hehe

    sukses selalu, mas..!

    03 February, 2010 00:27

  • hmmmm

    bukannya kafe lebih dekat dengan entertainment mas??? harusnya buat entertaint aja mass
    :)

    tapi gak papa koq mas
    tetep bagus
    :)

    03 February, 2010 01:02

  • yang penting fokus ajah... ^_^

    03 February, 2010 19:49

  • Blog yg menyajikan informasi bermanfaat, biasanya bakalan rame sich

    03 February, 2010 22:34

  • Wah, kalau begitu saya juga mau mengumumkan kalo sejak ini saya mending berkunjung yg ke KafeGue.com aja. :D

    Btw, selamat menempuh blog baru, Mas. Hehehe...

    04 February, 2010 09:16

  • @ Hangga Nuarta :
    Thx ya buat dukungannya. Blog baru nanti juga bakalan saya monetize kok kalo udah layak ^_^

    @ Ihsan :
    Nggak jaman lagi sembarangan bikin konsep blog..hehehe

    @ dani :
    Unsur up to date memang sepatutnya diperhatikan dalam mengemas posting seputar dunia hiburan. Namun tingkat up to date-nya juga bervariasi kok. Kalo tema blogging ada kalanya juga harus up to date, tergantung topiknya juga sih.

    @ Belajar SEO Blogspot :
    Thx ya udah dibooking..eh dibookmark.

    @ arkum :
    Makasih buat doanya mas.

    @ gen22 :
    Kafe emang identik dengan hiburan kayaknya yach ^_^

    @ nonton film :
    Iya sih. Awalnya saya emang berniat menjadikan blog kafegue sebagai blog khusus entertainment. Malah udah sempet saya kasih nama blog entertainment Indonesia. Tapi ada beberapa pertimbangan lain yg membuat saya lebih memilih blog ini sebagai blog entertainment.

    @ eric :
    Betul mas. Intinya blog tersebut menyajikan atau menyediakan apa yang dibutuhkan para pencari.

    @ Bung Eko :
    Kurang tertarik dengan tema entertain ya kayaknya Mas? Kalo blog baru nanti kan lebih ke topik blogging. Setau saya, Mas Eko sepertinya sudah kurang tertarik dengan dunia blogging. Buktinya bikin blog baru dengan konsep dan topik yg berbeda dari blog ekonurhuda dot com ^_^

    04 February, 2010 11:38

  • wow..wow...
    mengupas kegelisahan seputar tema blog memang selalu menarik. beruntunglah mas iskandar. mampu menyaring semua ide dan melahirkan kafegaul.com

    saya lebih cenderung akan sering main di kafegaul daripada disini mas. karena tema disana sepertinya lebih luas. tapi dengan gaya menulis mas iskandar yang menurut saya yahud, maka blog ini akan terus berjaya.. amin!

    04 February, 2010 20:15

  • @ Fadly Muin :
    Bukan kafegaul mas, tapi kafegue..hehehe. Kalo kafegaul udah ada situsnya. Itu situs portal entertain dan life-style.

    Iya nih, blog satunya emang pengen lebih saya luaskan temanya. Jadi tambah semangat nih kalo Mas Fadly bakalan sering nongkrong di sana.

    04 February, 2010 20:29

  • Semoga sukses dengan blog barunya sobat..

    04 February, 2010 20:57

  • kesalahan terbesar yang pernah saya lakukan dalam ngeblog adalah karena tidak menentukan niche blogging. ya maklum, sebagai newbie tentu inginnya semuanya dimasukkan ke dalam blog. sampai kemudian menyadari bahwa aktifitas blogging ternyata seperti piramida, semakin mengerucut semakin ada di puncak.

    semoga dengan niche yang baru, kafegue.com bisa dibidik oleh search engine dan visitor dari sluruh dunia sehingga geo targettingnya perlu diperluas, bukan hanya Indonesia

    06 February, 2010 09:42

  • @ MUnawar AM :
    Terima kasih buat dukungan dan pesannya Kang. Target saya sementara ini cuma pengunjung domestik saja kok. Belum punya kapasitas untuk menjaring seluruh dunia.

    06 February, 2010 11:07

  • apapun keputusannya kita dukung mas ...
    maaf juga baru bisa mulai jalan-jalan, byk problem yg menyita waktu ..

    06 February, 2010 11:10

  • hpnugroho :
    Gak papa kok mas. Makasih banyak ya buat dukungannya.

    06 February, 2010 11:58

  • blognya keren sobat salam kenal ya

    13 February, 2010 09:20

  • tapi pengunjung setianya jangan ditinggalin ya?

    30 September, 2011 16:24

  • tapi pengunjung setianya jangan ditinggalin ya?

    30 September, 2011 16:25

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top